Cara Melancarkan Haid Setelah Melahirkan Supaya Teratur


Vemala
20 May 2018

Mempunyai anak adalah idaman setiap wanita, biasanya seorang wanita yang sudah menikah maka ia menginginkan

Mempunyai anak adalah idaman setiap wanita, biasanya seorang wanita yang sudah menikah maka ia menginginkan hamil dan mempunyai anak. namun setelah seorang wanita melahirkan, maka tentu ia akan mendapati datang bulan kembali. Sebagian wanita tentu akan senang jika mendapati haid yang teratur, namun tidak banyak juga wanita yang mengalami siklus haid tidak lancar pasca melahirkan. Hal ini sebenarnya biasa dialami oleh kebanyakan wanita. Sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhi siklus datang bulan kita tidak lancar. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab hal ini bisa diatasi dengan beberapa hal. Ada cara untuk melancarkan haid setelah melahirkan, yaitu antara lain adalah :

  1. Melakukan Olahraga

Salah satu cara melahirkan haid setelah melahirkan adalah dengan melakukan oleharaga rutin. Olahraga yang dilakukan tidak perelu yang berat-berat, namun Anda dapat melakukan secara ringan-ringan saja seperti misalnya yaitu jalan-jalan, lari-lari kecil, senan atau sejenis olahraga ringan lainnya. olahraga harus rutin dilakukan tiap minggunya. Setidaknya lakukan olahraga 3 atau 4 kali seminggu. Sebab jika Anda melakukan olahraga, maka peredaran darah Anda akan lancar dan normal. Sehingga siklus menstruasi Anda akan lancar ketika melahirkan.

  1. Makan makanan yang bergizi

Selain melakukan olahraga, maka hal lain yang perlu dilakukan agar bisa lancar dalam haid ketika melahirkan adalah makan makanan yang bergizi. Sebab jika Anda makan makanan yang bergizi maka Anda akan mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. sehingga tubuh akan sehat dan melancarkan peredaran darah ketika haid. Oleh sebab itu kebanyakan wanita yang sudah melahirkan, ia sangat dianjurkan untuk makan sayur dan buah. Sebab makanan tersebut sangatlah bagus, namun jangan dengan porsi yang berlebihan. Sesuaikan makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

  1. Banyak minum air putih

Ketika seorang wanita melahirkan, maka ia akan kehilangan cairan tubuh. Sebab ketika ingin melahirkan seorang wanita berusaha untuk mengeluarkan janin yang ada dalam perutnya. Tentu untuk dapat mengeluarkan bayi tersebut seorang ibu sangat berusaha keras untuk bekerja. Dengan hal ini pula ibu yang melahirkan akan kehilangan cairan didalam tubuh. Hilangnya cairan tubuh tersebut mengakibatkan tidak lancarnya seorang wanita ketika haid setelah melahirkan. Untuk memperlancar kembali haid yang terjadi, maka seorang wanita yang telah melahirkan dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. agar cairan tubuh yang hilang dapat digantikan dengan cairan baru. Sehingga banyaklah minum air putih ketika haid sebab akan melancarkan haid yang terjadi.

  1. Makan buah dan sayur

Cara lain untuk bisa melancarkan haid ketika melahirkan adalah dengan makan buah dan sayur. jika seorang wanita yang melahirkan makan buah dan sayur, maka ketika haid maka akan lancar dan teratur. Oleh sebab itu pula, seorang wanita yang  melahirkan dianjurkan untuk banyak makan buah dan sayur. Sebab banyak kandungan vitamin dan juga nutrisi yang terkandung didalam sayur dan buah tersebut.

  1. Istirahat yang cukup

Dan cara melancarkan haid lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika melahirkan maka seorang ibu akan merasa capek. Jika seorang wanita yang melahirkan mengalami kelelahan itu dapat membuat haid seorang wanita tidak akan lancar. Untuk menghindari hal yang demikian, maka seorang wanita harus istirahat dengan cukup. Agar siklus haid yang terjadi bisa lancar dan teratur. Hal ini juga diimbangi untuk jangan terlalu banyak fikiran dan stress. Sebab ini juga dapat menganggu siklus haid yang terjadi ketika melahirkan.

images : pixabay 



Leave a Reply