Cara Memanjangkan Rambut Dengan Alami Dan Cepat


Vemala
17 May 2018

Bagi wanita, rambut adalah aset paling berharga. Karena itu, memiliki rambut yang sehat adalah dambaan

Bagi wanita, rambut adalah aset paling berharga. Karena itu, memiliki rambut yang sehat adalah dambaan semua wanita dan juga pria. Meskipun ada banyak tren rambut pendek, namun rambut panjang dan tebal masih dianggap paling mempercantik penampilan. Tapi sayangnya, pertumbuhan rambut tidak secepat kuku. Dalam sebulan, rambut hanya tumbuh sekitar 2 cm.

Tapi tenang, Anda masih dapat memilliki rambut panjang dan tebal tanpa perlu melakukan perawatan yang mahal. Anda dapat melakukannya secara sederhana dan murah. Namun tetap dijamin efektif untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Tanpa biaya mahal dan bahan kimia yang dapat merusak tekstur rambut Anda.

Memanjangkan Rambut Dengan Mudah Dan Sehat

Ada banyak cara memanjangkan rambut secara sehat dan minim risiko. Bahkan Anda dapat melakukannya di rumah sendiri. Anda perlu melakukan perawatan dari dalam dan juga dari luar. Sehingga rambut menjadi panjang secara sehat. Berikut ini adalah beberapa cara memanjangkan rambut yang alami dan sehat:

 

  1. Menjaga Asupan Vitamin dan Nutrisi

Memperhatikan pola asupan gizi yang masuk dalam tubuh perlu dilakukan. Menjaga asupan vitamin dan mineral pada rambut bukan semata-mata memberikan suplemen penumbuh rambut. Akan tetapi, langkah ini berguna untuk keseimbangan tubuh yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut Anda.

Terapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Anda dapat melakukannya dengan sering mengkonsumsi sayur dan buah. Tambahan suplemen lain juga perlu dikonsumsi seperti zinc, vitamin B6, vitamin B12, niasin, biotin dan sebagainya. Fungsinya untuk menunjang pertumbuhan rambut agar selalu sehat. Atau , untuk informasi lengkapnya bisa membaca panduan sebelumnya tentang vitamin untuk rambut .

  1. Oleskan Minyak Esensial

Nutrisi yang tepat tidak hanya peting untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga penting bagi kesehatan rambut. Salah satu cara untuk menumbuhkan rambut secara alami adalah mengaplikasikan minyak esential pada rambut. Tidak hanya menguatkan akar rambut, namun juga membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat.

Namun perlu diingat, hindari mengoleskan minyak ke rambut atau kulit kapala secara langsung. Anda cukup mencampurkan beberapa tetes minyak esensial ke sampo yang biasa Anda gunakan.

  1. Potong Rambut

Mungkin Anda merasa aneh saat ingin memanjangkan rambut untuk memotong rambut. Nyatanya memotong rambut secara rutin membantu rambut agar tetap sehat. Memotong rambut pada bagian ujungnya secara rutin dapat membuat rambut tidak mudah patah dan bercabang. Anda tidak perlu memotongnya sampai pendek, cukup 1-3 cm setiap minggu.

  1. Jangan Keramas setiap Hari

Kebiasaan yang perlu Anda lakukan untuk memanjangkan rambut adalah hindari melakukan keramas setiap hari. Pada umumnya, sampo berguna untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran ataupun bahan kimia dari produk penataan rambut. Namun sampo juga dapat menghilangkan kandungan minyak alami rambut.

Kandungan minyak alami pada rambut berfungsi menjaga rambut tumbuh dengan sehat dan berkilau. Jika Anda benar-benar memerlukan sampo untuk keramas, cukup usapkan sedikit pada kulit kepala. Kemudian biarkan busa mengalir sampai ke ujung rambut. Lalu segera bilas dengan air.

  1. Gunakan Kondisioner saat Keramas

Gunakan kondisioner minimalsatu kali seminggu untuk mengganti protein dan lipid yang berangsur menurun dari dalam batang rambut Anda. Kondisioner ini dapat mencegah kerusakan pada lapisan pelindung rambut atau kutikula, sehingga rambut dapat tetap tumbuh dengan baik dan sehat.

Kondisioner juga mampu menjaga kelembaban rambut, memperbaiki kekusaman dan menghilangkan kekusaman. Gunakan kondisioner pada ujung rambut saja. Jangan gunakan kondisioner pada bagian kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut Anda mudah rontok.

  1. Keringkan Rambut dengan Benar

Saat ingin mengeringkan rambut, hindari memakai hairdryer karena dapat menyebabkan rambut Anda rusak, kering, patah-patah dan mudah rontok. Anda cukup angin-anginkan saja di udara bebas atau dengan menggunakan kipas angin. Jika terpaksa Anda dapat menggunakan hairdryer dalam jarak yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu panas.

  1. Jangan Menyisir Rambut saat Basah

Anda perlu mengingat untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. Sisirlah rambut saat rambut sudah kering. Rambut cenderung lebih lemah dan mudah rusak saat basah dibandingkan dalam keadaan kering.

Sisirlah rambut Anda dua kali sehari, terutama sebelum tidur. Gunakanlah sisir yang bergigi jarang atau sikat berbulu halus agar tercegah dari rambut rontok. Anda juga dapat menggunakan jari-jari tangan untuk mengurai rambut secara perlahan.

Jadi, pastikanlah untuk tidak menarik rambut terlalu kencang agar tidak menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Hindari Membungkus Rambut Basah dengan Handuk

Banyak orang membungkus rambut kepalanya dengan handuk dan memelintirnya ke atas setelah selesai keramas. Tapi tahukah Anda kalau kebiasaan ini sebenarnya dapat memicu kerusakan pada rambut?

Mengeringkan rambut dengan cara membungkusnya dengan handuk dapat membuat rambut menjadi kusut dan merusak batang rambut Anda. Kebiasaan ini berbahaya khususnya bagi mereka yang memiliki rambut kering dan sulit diatur.kaena itu, mulai sekarang berhentilah untuk tidak melakukan kebiasaan ini agar merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

      9.  Sumber Makanan untuk rambut

Bukan hanya melakukan perawatan dari luar saja, asupan makanan memiliki peranan penting dalam membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Maka dari itu cukupi nutirisi dari asupan makanan yang di konsumsi.dan anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang memilih asupan makanan untuk rambut.

Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami

sselain melakukan berbagai macam teknik dala memperpanjang rambut, maka di perlukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami agar bukan hanya terlihat panjang saja, akan tetapi terlihat hitam tebal dan berkilau.

  • Menggunakan Lidah Buaya

lidah buaya dipercaya memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan rambut, terutama untuk membuatnya menjadi lurus. selain itu, masih banyak lagi manfaat lainnya dari lidah buaya, seperti yang telah saya sampaikan dari artikel lainnya tentang manfaat lidah buaya untuk rambut .

  • Menggunakan Bawang Merah

jika anda sudah membaca artikel sebelum tentang manfaat bawang merah untuk rambut, mungkin sakarang sudah tau betapa pentingnnya penggunaan bawang merah ini untuk kesehatan. setidaknya dapat membantu dalam mengatasi ketombe dan juga mengatasi gatal di rambut.

  • Menggunakan Minyak zaitun

siapa sih yang tidak tau manfaat dari mminyak Zaitun ini ? Nah, bagi anda yang memilih untuk menggunakan minyak Zaitun untuk memperpanjang rambut dan membuatnya terlihat hitam lebat dan mengkilau, bisa dengan melakukan tips cara memanjangkan rambut dengan minyak Zaitun dari artikel tersebut.

 

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memanjangkan Rambut

 

Selain melakukan perawatan rambut secara rutin dan mengkonsumsi nutrisi yang tepat, Anda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan agar dapat memanjangkan rambut yang sehat. Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar rambut cepat panjang:

  1. Mengubah Gaya Rambut

Setiap hari Anda bisa saja berganti gaya rambut agar tampak lebih segar. Kadang Anda ingin rambut yang lurus, kadang juga bergelombang. Namun kebiasaan yang sering menggunakan bahan kimia dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi, cobalah untuk menghindari kebiasaan ini.

  1. Mewarnai Rambut

Sebagian besar dari produk pewarna rambut mengandung amonia yang dapat membahayakan rambut Anda. Pewarna ini akan menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan rusak. Penggunaan produk pewarna rambut yang berlebihan dapat membuat rambut rontok dan merusak folikel rambut.

  1. Menggunakan Air Panas

Anda juga perlumenghindari menggunakan air panas atau hangat saat membilas rambut. Kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut Anda kering dan rapuh. Lebih baik bagi Anda untuk menggunakan air dingin untuk membilas rambut agar tumbuh lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

  1. Terlalu Kuat saat Mengikat Rambut

Terkadang rambut yang panjang juga bisa mengganggu aktivitas Anda, karenanya seringkali Anda mengikatnya. Namun ikatan yang terlalu kuat dapat membuat rambut terlepas dari akarnya dan rentan terhadap keusakan. Jadi jika ingin mengikatnya, hindari mengikat dengan ikatan yang terlalu kuat.

  1. Rokok dan Alkohol

Ini sangat penting dilakukan. Hindari kontak langsung dengan rokok dan alkohol. Di dalam rokok dan alkohol terkandung zat kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi asupan nutrisi ke rambut. Selain itu, rokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Stres

Nah, ini adalah yang sering terjadi pada semua orang, stres. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok, kusam dan kekurangan gizi. Akibatnya, pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Jika Anda ingin rambut tumbuh dengan cepat dan sehat, maka pastikan agar bisa terhindar dari stres. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan yoga, meditasi atau aktivitas favorit Anda.



Leave a Reply