Cara Memilih Produk Bayi Yang Aman Untuk Kesehatan Tubuhnya

  • Whatsapp
cara memilih produk bayi

Kulit bayi terkenal sangat lembut dan sensitif, tidak sembarang produk dapat masuk di sana. Harus benar-benar selektif ketika menggunakannya. Jangan tergiur pada barang yang terlihat bagus dan bernilai mahal, tetapi tidak cocok dik kulit bayi. Berhati-hati dan teliti harus dilakukan oleh semua ibu, bila tak ingin kulit bayi rusak atau melepuh, sebab kesalahan memakai.

Di pasaran beredar macam merk produk bayi yang menjanjikan keistimewaan. Namun pastikan Anda memerhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk itu. Berikut tips ringan bagaimana cara memilih produk bayi yang aman.

  1. Perhatikan Ingredient / Bahan Yang Terkandung

Produk yang baik mencantumkan semua bahan pembuatannya pada label kemasan, tidak ditutupi dan bisa dibuktikan uji klinis. Di mana kandungan zatnya berbeda dengan produk sabun muka orang dewasa. Bersifat hypoalergenik dengan PH sekitar 5,5 – 6,5. Baca komposisinya, jangan sampai mengandung bahan kimia berbahaya seperti : peppermint, citrus, ammmonia, formaldehyde, glycols dan phenol. Lihat pula tanggal kedauwarsanya.

  1. Mengandung Bahan Alami

Usahakan memilih produk yang banyak mengandung olive oil atau minyak zaitun, karena minyak esensial ini dipercaya dapat melembutkan kulit, terutama pada bayi. Jadi pastikan ketika berbelanja dan akan membeli, membaca satu persatu kandungan zat itu, pada setiap merk yang Anda pegang. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan membeli produk sabun bayi :

  • Memiliki PH yang mendekati PH normal kulit
  • Kalau bisa, tidak mengandung bahan kimia berbahaya meskipun hanya sedikit sekali bahan yang dicampurkan ke dalam sabun.
  • Bisa membantu menghaluskan kulit sebab komposisinya yang sebagian besar merupakan bahan alami.

Adapun bahan-bahan alami tersebut adalah : olive oil/minyak zaitun, coconut & palm oil, aloevera, beberapa ektrak vitamin E, C dan B5.

  1. Tidak Menimbulkan Iritasi

Produk bayi jika dipakai akan menunjukkan reaksi berbeda untuk kulit. Bisa diperhatikan setelah pemakaian, apakah kulit bayi gatal dan kemerahahan atau tidak. Jika bayi rewel dan mengaruk wajah, itu tandanya produk bayi tidak cocok dipakai, jadi segera hentikan, sebelum terjadi masalah serius dengan kesehatan kulitnya.

  1. Jangan tergiur Harga Mahal Pasti Bagus

Produk mahal belum tentu bagus dan yang murah juga tak mesti buruk, semua tergantung jenis kulit yang menerima produk tersebut. Oleh karena itu pahami ungkapan tersebut dan jangan langsung membeli dan mengusapkan pada bayi. Sebab sekali lagi, kulit bayi itu sangat lembut dan sensitif sekali.

  1. Dapat Menghaluskan Kulit

Idealnya sabun muka khusus bayi bila dikenakan di wajahnya, membuat kulit wajah sang bayi semakin halus dan lembut, bukan justru semakin bertambah kering dan menimbulkan rasa gatal. Akibatnya bayi menjadi sering rewel oleh keadaan demikian itu.

  1. Berguna Bagi Kulit Orang Dewasa

Ciri lain dari sabun muka bayi,dapat pula dipakai bagi kulit orang dewasa, memiliki kelebihan lain seperti berikut ini. Jadi pastikan Anda merasakan manfaatnya buat kulit terlebih dahulu, baru kemudian digunakan.

  • Dipercaya mampu menghindari kulit wajah dari jerawat dan komedo yang diakibatkan dari muka berminyak, polusi serta sinar UV.
  • Karena mengandung PH seimbang, sabun bayi juga diyakini dapat merawat kulit yang rentan berminyak. Dengan catatan tidak berlebihan dalam menggunakan.
  • Juga mempunyai fungsi dapat melembabkan kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Nah, dengan melihat penjelasan di atas, sebaiknya jangan memilih secara sembarangan untuk bayi kesayangan anda, dengan memperhatikan dan membaca penjelasan di atas dan mempraktekannya sekarang juga untuk kesehatan bayi.

Related posts