Cara Mencegah Jerawat Pada Ibu Hamil Dan Cara Menghilangkannya

  • Whatsapp
cara mencegah jerawat pada ibu hamil

Ibu hamil memang sangat rentan terserang jerawat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang sedang terjadi di dalam tubuh mereka. Apalagi bila sedari awal sudah memiliki kulit berminyak, di mana rentan memicu terjangkiti jerawat mudah datang, bisa dipastikan jerawat mudah menyerang.

Tapi tak perlu cemas, Dengan memerhatikan faktor penyebabnya, dapat diantisipasi dengan cara :

  1. Rajin membersihkan muka

Membersihkan muka secara rajin sudah menjadi sebuah keharusan semua orang, begitu juga ibu hamil. Tapi yang harus dingat jangan terlalu keseringan, sebab mengakibatkan kulit muka menjadi kering. Produksi minyak berlebih, jerawat mudah datang.

  1. Rajin mencuci rambut

Keringat di rambut yang bercampur kotoran bila mengalir ke wajah yang sudah berjerawat, dapat memperparah keadaan. Kulit semakin merah dan meradang.

  1. Minum air putih

Minumlah air putih sebanyak mungkin yang diperlukan, untuk menghindari kekeringan kulit serta melembabkan wajah secara alami.

Baca Juga : cara menghilangkan Jerawat Secara alami

  1. Rajin makan buah dan sayuran segar

Sama fungsinya dengan air putih, buah dan sayuran justru lebih lengkap lagi. Konsumsilah setiap hari, agar kulit tetap sehat dan nutrisi penting lainnya bagi tubuh juga tercukupi.

  1. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang mengandung lemak bila mungkin harus dihindari. Seperti produk kacang-kacangan, susu, mentega, telur, daging dan sebagainya. Jikapun harus memakan, untuk tidak digoreng dengan minyak lemak jenuh. Cukup dengan : Dikukus, direbus, dibakar atau dioven,

  1. Hindari makanan mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula, juga tidak bagus bagi kesehatan terutama bagi kulit yang berjerawat. Gula pemicu tejadinya insulin dan lemak dalam tubuh, yang secara bersamaan berdampak buruk pada kulit wajah.

  1. Jauhi minuman kefein

Untuk sebagian orang kafein mungkin diperlukan supaya bisa tetap terjaga, ketika harus berkerja di malam hari, namun tidak untuk ibu hamil. Mereka yang membutuhkan ketenangan pikiran demi kesehatan dan perkembangan janinnya di perut, tidak diperbolehkan menyentuh minuman yang banyak mengandung kafein, misalnya kopi.

  1. Jauhi alkohol

Bukan pada ibu hamil saja, alkohol sesungguhnya tidak baik pula bagi kesehatan manusia.  Tidak memberikan efek apapun, justru yang ada fisik rusak karenanya.

  1. Jauhi minuman bersoda

Minuman bersoda mungkin terlihat menarik dan segar, tapi ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya. Selain menimbulkan rasa panas pada janin yang dikandung, juga secara keseluruhan tak baik bagi kesehatan kulit.

  1. Rutin olahraga

Olahraga yang dikerjakan pasti akan menghasilkan keringat di tubuh, dan keringat di tubuh inilah yang secara otomatis membantu menjaga kesehatan kulit di wajah.

  1. Istirahat cukup

Ibu hamil sangat membutuhkan waktu banyak untuk istirahat, sebab selain penting untuk janin, juga bisa membantu proses regenerasi kulit yang terjadi pada malam hari.

  1. Hindari stres

Stres punya pengaruh buruk pada ibu hamil, khususnya pada janin yang di kandung juga bagi kesehatan kulit. Menjadi kusam dan tak bercahaya, malas mandi dan merawat wajah.

  1. Konsultasikan ke dokter bila ingin memakai produk kecantikan

Mungkin ibu hamil terbetik ingin memakai produk kosmetik. Jangan sembarangan mengggunakan bila tak mau berakibat fatal. Konsultasikanlah dulu pada dokter agar semuanya aman.

  1. Tidak Merokok

Tidak lazim ibu hamil merokok! Jadi sebaiknya jangan melakukan ini. Selain berbahaya bagi janin, kulit juga tidak sehat untuknya.

Pada penjlasan di atas yang sudah kamu baca, dna jika ada bebrapa kebiasaan yang masih anda lakukan, maka sebaiknya untuk mnghindarinya sekarang untuk mencegah jerawat pada kulit.

Related posts