Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami Pada Pria dan Wanita

  • Whatsapp
cara mencegah timbulnya jerawat

Pepatah bijak mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati!’’ dan memang kenyataannya demikian bila serius dipratikkan. Penyakit apapun jika dilakukan pembiaran secara terus menerus bisa menimbulkan hal serius.Begitu pula yang terjadi pada jerawat.

 

Read More

Jika Anda menjadi orang pemalas, tidak merawat kesehatan terutama wajah. Jerawat bisa muncul sewaktu-waktu. Apalagi bila kulit cenderung berminyak, jerawat mudah sekali menyerang.

 

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Hati-hati bila memiliki kulit yang cenderung berminyak dan berpori-pori lebar, malas membersihkan bisa dipastikan jerawat langsung ada, tidak perlu menunggu lama. Cara yang benar melakukan perawatan wajah yang benar adalah : Dengan mencuci muka secara teratur pagi dan sore, serta menjelang tidur malam. Termasuk juga bila sering melakukan aktifitas di luar ruangan, debu dan kotoran bercampur keringat, lahan empuk berkembangnya bakteri penyebab terjadinya jerawat.

 

  1. Rajin Keramas

Biasanya kulit wajah yang berminyak juga berpengaruh pada kulit kepala, menjadi sama berminyaknya. Meski ini tidak selalu terjadi, untuk orang yang mempunyai tipe kulit kombinasi, di mana keadaan demikian tidak menyebar merata ke tubuh. Keringat dari rambut yang jatuh ke wajah, yang pada dasarnya sudah berjerawat dapat memperparah keadaan. Cuci rambut teratur atau bila beraktifitas di luar ruangan lebih ditingkatkan lagi, membersihkannya.

 

  1. Pilih Kosmetik Yang Aman Bagi Kulit

Dewasa ini banyak kosmetik yang menawarkan berbagai kemudahan mempercantik wajah. Berhati-hatilah jangan sembarangan memakai, jika tidak ingin menimbulkan masalah kelak di kemudian hari. Kosmetik yang baik itu berasa ringan, lembut dan tidak menimbulkan iritasi di kulit saat digunakan di wajah.

  1. Selektiflah Memilih Makanan

Ada banyak jenis makanan yang hanya nikmat dimakan, akan tetapi pengaruhnya bagi kesehatan perlu dipertanyakan. Sebagai contoh : junkfood, makanan dan minuman instan, banyak mengandung lemak dan kacang-kacangan. Sebaiknya semua jenis makanan yang disebutkan tadi, tidak dikonsumsi atau kalau bisa dihindari. Sebab jenis-jenis makanan seperti itu ditengarai pemicu terjadinya jerawat.

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Kurang mengonsumsi air putih, menyebabkan kulit kering dan wajah jadi kusam. Air putih terbukti menjaga elastisitas kulit terutama wajah. Karenanya minumlah air putih yang banyak agar kulit tetap sehat dan kencang. Jangan lupa sayuran segar dan berwarna hijau serta buah, harus ada dalam daftar makanan sehari-hari.

  1. Jangan Stres

Stres atau pikiran tidak tenang mempengaruhi penampilan wajah, menjadi layu dan tak bercahaya. Stres menyebabkan orang malas dan putus asa. Wajah dibiarkan kotor, makan sembarangan dan begadang di malam hari. Itu semua beberapa faktor pemicu jerawat bisa timbul di wajah. Hindari stres dengan gaya hidup sehat dan selalu berpikir positif.

 

  1. Olahraga Teratur

Olahraga itu sangat berguna sekali bagi kesehatan tubuh. Dapat melemaskan otot-otot yang kaku, memperlancar peredaran darah, fisik senantiasa segar dan kuat. Jika semua didapatkan tubuh, maka akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Jadi lakukan olahraga teratur agar tubuh dan wajah selalu sehat dan terhindar dari jerawat.

  1. Sediakan Obat Jerawat

Jika telah mengetahui kulit cenderung mudah dihinggapi jerawat, walaupun sudah berhati-hati menjaga, kita tidak pernah tahu kapan terserang jerawat, sebab dari dalam kulit sendiri sudah menjadi pencetusnya. Karena itu penting kiranya selalu menyediakan obat jerawat dan masker pelindung, ketika berada di luar ruangan untuk menghindari asap dan debu jalanan.

Demikianlah cara mencegah timbulnya jerawat yang bisa kamu coba untuk di terapkan dirumah dengan cara yang udah denan menerapkan gaya hidup yang sehat yang seperti pada pnjelasan di atas.

Related posts