Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami Dan Cepat


Vemala
11 June 2018

Hampir semua orang mengatakan bahwa hal yang paling menyebalkan adalah ketika ia sedang mengalami masalah

Hampir semua orang mengatakan bahwa hal yang paling menyebalkan adalah ketika ia sedang mengalami masalah pada sistem pernafasannya seperti sedang mengalami masalah hidung tersumbat. Ya, ketika ia sedang mengalami masalah hidung tersumbat ini maka ia akan kesulitan untuk bernafas sehingga ia memilih untuk bernafas dengan menggunakan mulut. Ole karena itu, banyak orang yang sedang mengalami masalah hidung tersumbat ini akan mudah marah, hidung tampak merah, mudah mengeluarkan air mata, hingga sering bersin bersin.

Maka dari itu, agar Anda tidak tersiksa dan merasa jengke terlalu lama, Anda perlu untuk menyimak artikel kami kali ini yang akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi masalah hidung tersumbat ini.

Namun, sebelum membahas tentang cara mengatasi masalah hidung tersumbat ini, maka kami akan membahas terlebih dahulu beberapa penyebab penyebab timbulnya penyakit hidung tersumbat ini yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah :

Penyebab Terjadinya Hidung Tersumbat

  • Infeksi Batuk Pilek

Salah satu penyebab dari hidung tersumbat ini adalah ketika Anda sedang terjangkit virus yang menyebabkan penyakit batuk pilek. Ya, memang infeksi atau peradangan akibat penyakit batuk pilek ini tentunya juga berimbas pada terjadinya masalah pada sistem pernafasan Anda berupa hidung tersumbat. Butuh waktu cukup lama yakni sekitar 7 hingga 10 hari agar penyakit batuk pilek ini dapat sembuh dengan proses alamiah.

 

  • Influenza

Flu ini merupakan salah satu gejala penyakit yang diakibatkan oleh virus influenza. Ya, virus tersebut memang menyebabkan Anda mengalami bersin bersin yang tentunya juga dapat menyebabkan hidung Anda tersumbat. Sebab lendr yang dikeluarkan ketika Anda bersin bersin ini justru tertahan di area sistem pernafasan sehingga Anda akan mengalami masalah hidung tersumbat.

 

  • Sinusitis Akut

Sinusitis ini merupakan suatu penyakit hidung yang disebabkan oleh meningkatnya lendir atau cairan ingus yang ada di dalam hidung. Akibatnya, sinusitis ini tentu sangat mengganggu sistem pernafasan yang tentunya dalam menyumbat dan menyulitkan Anda ketika Anda akan bernafas. Biasanya, sinusitis ini hanya berlangsung sekitar 10 hari dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, bagi Anda yang mengalami sinusitis akut, Anda tidak hanya akan mengalami masalah hidung tersumbat saja, namun juga dapat menyebabkan hidung Anda membengkak dan juga rongga hidung menyempit.

  • Alergi

Nah, alergi ini pun juga dapat menjadikan hidung Anda tersumbat. Mengapa ? Ya, karena alergi pada hidung ini pun juga menyerang sistem pernafasan sehingga dapat berakibat pada sulitnya Anda untuk bernafas. Alergi ini juga menimbulkan reaksi bersin bersin dan juga batuk pilek yang cukup kompleks sehingga Anda juga akan merasakan kesulitan bernafas.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami Dan Cepat

Oleh karena itu, Anda butuh sebuah cara atau langkah untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti infeksi batuk pilek, influenza, sinusitis akut, hingga alergi. Untuk itu, Anda butuh sebuah obat yang berkhasiat dan mujarab untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami.

Mengapa harus menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami ? Ya, dengan menggunakan menggunakan bahan alami sebagai obat ini tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda karena kaya akan manfaat serta tidak memiliki efek samping yang sangat berbahaya. Selain itu, beberapa bahan alami ini sangat mudah di dapatkan serta juga harga belinya pun cukup murah dan mudah untuk diolah menjadi obat.

Maka dari itu, inilah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi Teh Hijau Atau Teh Herbal

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teh herbal atau teh hijau ini mengandung zat polifenol yang tinggi sehingga sangat pas untuk Anda minum guna meredakan stress. Namun, tahukah Anda bahwa dengan meminum teh hijau atau teh herbal ini juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ? Ya, karena zat polifenol ini juga dapat membantu Anda pada sistem pernafasannya. Bagaimana caranya ? Anda cukup sediakan teh hijau atau teh herbal dalam kondisi panas dan beruap. Lalu, hirup kuat kuat uap dari teh hijau tersebut dan kemudian minumlah teh hijau atau teh herbal dalam kondisi hangat.

  • Minyak Kayu Putih

Selain menghirup uap panas dari teh hijau atau teh herbal, Anda juga dapat        mengoleskan minyak kayu putih pada hidung bagian luar. Hal ini pun dipercaya dapat melegakan sekaligus meluruhkan ingus yang tengah menyumbat hidung Anda. Selain itu, dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian hidung luar ini juga dipercaya tidak memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Jadi, minyak kayu putih ini sangat aman ketika Anda gunakan untuk mengobati hidung Anda yang tengah tersumbat.

  • Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah ini juga dapat dijadikan sebagai bahan alami yang juga berkhasiat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Ya, bawang merah ini memilliki karakteristik yang “panas” ketika dipegang atau dioleskan ke bagian tubuh. Maka dari itu, bawang merah seringkali dimanfaatkan sebagai obat pereda hidung tersumbat. Bagaimana caranya ? Siapkan terlebih dahulu bawang merah secukupnya. Kemudian parut hingga halus, setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon dan kemudian aduk hingga merata. Setelah semua siap maka langkah selanjutnya adalah oleskan secara merata di bagian ubun ubun. Yang perlu Anda cermati adalah jangan sampai mengoleskan ramuan tradisional ini di bibir ataupun mata karena dapat berakibat fatal.

  • Berkumur Dengan Menggunakan Air Garam

Siapa yang tahu jikalau garam ini menjadi salah satu bahan alami yang mampu mengatasi masalah pada hidung tersumbat. Ya, ternyata garam ini memiliki zat yang mampu meluruhkan ingus yang menyumbat hidung Anda. Bagaimana caranya ? Caranya pun juga sangat mudah. Siapkan air dan garam. Campurkan keduanya hingga larut. Kemudian berkumurlah dengan menggunakan air garam tersebut hingga pada bagian pangkal tenggorokan. Setelah itu, buang sisa air kumur. lakukanlah hal ini secara rutin agar masalah hidung tersumbat dapat segera teratasi.

  • Memperbanyak Mengkonsumsi Jeruk Nipis Hangat

Jeruk nipis ini juga dapat Anda jadikan sebagai obat mujarab untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang sedang Anda alami. Ya, kandungan vitamin C yang sangat tinggi inilah yang membuat jeruk nipis sering kali dijadikan sebagai obat untuk mengatasi hidung tersumbat yang sangat menyiksa. Bagaimana caranya ? Caranya juga sama mudahnya dengan bahan bahan alami lainnya. Jadi, siapkan jeruk nipis dan kemudia peras hingga mengeluarkan sari sarinya. Tambahkan dengan menggunakan air mendidih secukupnya. Maka Anda dapat langsung mengkonsumsi air jeruk nipis hangat ini.

Nah, itulah beberapa penyebab sekaligus dengan cara mengatasi masalah hidung tersumbat yang sering kali menyiksa Anda dalam melakukan berbagai aktifitas sehari hari.

 



Leave a Reply