Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Kecil


Vemala
20 June 2018

Bagi Anda yang memiliki anak yang masih berusia di bawah 3 tahun, tentu Anda akan

Bagi Anda yang memiliki anak yang masih berusia di bawah 3 tahun, tentu Anda akan sangat khawatir bilamana anak Anda terserang penyakit pilek atau influenza bukan. Ya, masalah hidung tersumbat pada anak ini tentunya di sebabkan oleh virus pilek dan flu yang menyerang anak Anda karena memang sistem kekebalan tubuh atau imunitas dari anak yang berusia di bawah 3 tahun ini memang masih terlalu lemah.

Maka dari itu, tak heran jika anak usia di bawah 3 tahun ini acap kali terserag penyakit pilek hingga hidung tersumbat yang mengakibatkan susahnya untuk bernafas karena hidungnya tersumbat oleh lendir atau kotoran. Untuk itu, kali ini kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak usia di bawah 3 tahun.

Memang, cara penanganan masalah hidung tersumbat pada anak ini akan berbeda dengan mengatasi masalah hidung tersumbat pada orang dewasa. Sebab, masalah hidung tersumbat pada anak ini memang lebih konteks cara penanganannya sehingga Anda tidak boleh terlalu gegabah untuk menangani masalah hidung tersumbat pada anak.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak KECIL

Untuk itu, bagi Anda para orang tua yang telah memiliki seorang anak yang masih berusia di bawah 3 tahun dan juga sedang mengalami masalah hidung tersumbat, maka Anda dapat membaca artikel yang kami sajikan. Kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang berusia di bawah 3 tahun. Diantaranya adalah :

  1. Membantu Menghangatkan Tubuh Anak

Salah satu penyebab terjangkitnya anak oleh virus pilek yang dapat menyebabkan hidungnya tersumbat adalah perubahan suhu yang cukup ekstrim. Ya, bagi Anda yang memasang pendingin ruangan atau AC pada kamar anak maka virus pilek ini dapat dengan mudah menjangkit tubuh anak Anda. Maka dari itu, guna mengatasi masalah hidung tersumbat pada anak, maka langkah yang perlu Anda ambil adalah dengan cara menghangatkan tubuh anak Anda dengan pelukan atau dengan memberinya selimut tebal.

 

  1. Membantu Mengarahkan Posisi Tidur

Nah, masalah hidung tersumbat ini juga sangat menyiksa bagi anak terutama ketika ia akan beristirahat atau tidur. Sebab, ketika akan tidur ini lah anak akan merasa kesulitan saat bernafas. Untuk itu, sebagai orang tua Anda wajib untuk membantu mengarahkan posisi tidur anak Anda agar ia nyaman dan tetap bisa bernafas ketika tertidur. Posisi tidur yang pas ketika anak Anda sedang mengalami masalah pada sistem pernafasan ini adalah dengan memposisikan kepala anak lebih tinggi daripada biasanya. Sebab, hal tersebut dapat membantu memudahkan anak Anda untuk bernafas ketika akan tertidur. Selain itu juga Anda dapat memiringkan tubuh anak Anda jikalau ia merasakan hidung tersumbat pada salah satu bagian saja.

 

  1. Memberi Pijatan Lembut Pada Bagian Hidung

Jikalau beberapa cara tersebut masih kurang efektif, maka Anda dapat menggunakan cara selanjutya yakni memberikan pijatan lembut pada bagian hidung anak Anda. Sebab, ketika Anda memijat bagian hidung yang tersumbat ini dipercaya mampu meluruhkan lendir lendir yang menyebabkan hidung anak Anda tersumbat sehingga sistem pernafasan anak Anda dapat normal kembali seperti sedia kala.

Nah, itulah beberapa langkah langkah ataupun cara cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi

Masalah masalah hidung tersumbat pada anak Anda yang masih berusia di bawah 3 tahun. Periksakan ke dokter ahli bilamana masalah hidung tersumbat anak Anda semakin parah.



Leave a Reply