Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Mudah Dan Cepat


Vemala
16 June 2018

Ketika Anda memiliki anak yang masih berusia balita, tentu Anda akan sangat khawatir terkait kesehatan

Ketika Anda memiliki anak yang masih berusia balita, tentu Anda akan sangat khawatir terkait kesehatan buah hati Anda bukan. Sebab, ketika anak Anda tengah memasuki masa balita, ia akan lebih aktif dan tentu bahaya kesehatan mulai mengancamnya. Salah satunya adalah bahaya akan hidung tersumbat pada anak.

Ya, penyebab dari hidung tersumbat pada anak bayi ini disebabkan oleh banyaknya debu atau polusi yang ada di dalam rumah dan ketika ia hirup, semua kotoran tersebut menempel pada bagian hidung bayi sehingga secara tidak langsung akan menyebabkan menumpuknya kotoran hidung yang dapat mengakibatkan tersumbatnya hidung anak Anda.

Selain itu juga, hidung tersumbat yang sedang dialami oleh bayi Anda ini juga terkadang diakibatkan oleh terserangnya virus penyebab penyakit pilek atau flu yang juga memberikan dampak pada tersumbatnya hidung anak bayi Anda. Hal ini tentu menjadikan bayi Anda menangis dan juga sangat rewel karena tentu ia kesulitan bernafas karena salah satu lubang hidungnya ini tersumbat kotoran ataupun lendir.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Untuk itu, Anda perlu beberapa langkah langkah guna mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi Anda. Ya, memang sebagai orang tua Anda wajib mengerti dan mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi Anda agar Anda tahu langkah yang bagaimanakah yang perlu diambil ketika anak Anda mengalami hidung tersumbat serta juga mengetahui beberapa cara atau langkah pencegahan agar anak Anda tidak mengalami masalah hidung tersumbat yang tentunya dapat membahayakan ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi Anda secara efektif dan terbukt manjur. Diantaranya adalah :

  1. Meletakkan Kepala Bayi Dengan Posisi Yang Lebih Tinggi

Cara pertama bilamana bayi Anda sedang mengalami masalah pernafasan seperti hidung tersumbat ini adalah mencoba memposisikan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan badannya. Tujuannya adalah guna lendir yang terdapat pada saluran pernafasan ini tidak menumpuk pada hidung bayi Anda sehingga bayi Anda dapat bernafas secara normal.

Baca Juga :

  • cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur
  • Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil
  • Penyebab Hidung Tersumbat
  1. Menjemur Bayi Dengan Menggunakan Sinar Matahari di Pagi Hari

Memang, salah satu penyebab dari hidung tersumbat pada seorang bayi ini dikarenakan oleh virus pilek atau flu yang menyerang tubuh bayi Anda. Memang, bayi ini memiliki daya imunitas yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda dapat melakukan menjemur anak bayi Anda di bawah sinar matahari di pagi hari yang memang sangat dianjurkan karena dipercaya dapat mengurangi lendir yang terdapat pada bagian hidungnya.

 

  1. Mengusap Hidung Bayi Dengan Menggunakan Air Hangat

Cara selanjutnya adalah mengusap hidung anak Anda dengan menggunakan air hangat. Ya, ketika Anda sedang memandikan bayi dengan menggunakan air hangat, maka sesekali Anda usap usap hidung anak Anda dengan menggunakan air hangat agar lendir yang menggumpal pada hidungnya dapat melebur dan keluar sehingga masalah hidung tersumbat pada anak Anda dapat terselesaikan.

  1. Jaga Kebersihan Kamar Anak

Selain upaya menanggulangi masalah hidung tersumbat pada anak Anda, maka Anda juga diwajibkan untuk melakukan upaya pencegahan agar anak Anda tidak terinfeksi virus pilek kembal. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan kamar anak Anda dari bahaya debu, kotoran, serta virus pilek. Maka dari itu, usahakan bersihkan kamar anak Anda secara rutin agar udara yang di hirup anak Anda tersebut merupakan udara sehat dan bukan udara kotor yang menyebabkan hidungnya tersumbat.

 

Nah, itulah beberapa langkah langkah atau cara mengatasi masalah hidung tersumbat yang sedang dialami oleh anak bayi Anda.

 



Leave a Reply