Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Saat Hamil Yang Aman


Vemala
4 July 2018

images : motherandbaby.co.uk Bagi kebanyakan orang, masalah hidung tersumbat ini cukup menganggu dan sering membuat

images : motherandbaby.co.uk

Bagi kebanyakan orang, masalah hidung tersumbat ini cukup menganggu dan sering membuat kita tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktifitas bukan. Oleh sebab itu, banyak orang yang bertanya tanya bagaimanakah cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini. Apalahi bagi Anda yang sedang berada pada masa kehamilan dan kemudian juga mengalami masalah hidung tersumbat akibat virus yang menyebabkan penyakit pilek atau influenza.

Tentu hal tersebut sangat menyiksa bagi para ibu hamil bukan. Ya, pada saat memasuki masa kehamilan, Anda perlu menghirup oksigen yang cukup banyak karena kekurangan oksigen dapat mempengaruhi pola perkembangan tubuh janin yang Anda kandung. Akan tetapi, jikalau Anda mengalami masalah pada sistem pernafasan yakni hidung tersumbat maka secara tidak langsung juga akan mengganggu proses perkembangan janin yang Anda kandung.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Saat Hamil

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengerti dan mengetahui tentang beberapa cara mengatasi  hidung tersumbat ketika Anda tengah memasuki masa kehamilan ini. Diantaranya adalah :

  1. Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Bagi Anda para ibu hamil, wajib hukumnya untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Sebab, air putih ini menjadi salah satu “obat mujarab” yang dapat meringankan sekaligus mengatasi masalah hidung tersumbat bagi para ibu hamil. Selain itu, dengan mengkonsumsi banyak air putih juga menghindarkan Anda dari bahaya dehidrasi akut yang juga mengancam pertumbuhan janin Anda.

Baca juga :

 

  1. Menghirup Uap Panas

Banyak yang bertanya bagaimana langkah untuk mengatasi masalah sistem penafasan yakni hidung tersumbat oleh lendir yang disebabkan oleh virus pilek atau influenza ini. Nah, salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah tersumbatnya sistem pernafasan Anda ini dengan cara menghirup uap panas. Ya, uap panas yang berasal dari air yang mendidih ini ternyata juga memberikan khasiat ampuh untuk mengatasi masalah tersumbatnya sistem pernafasan yang tengah dipenuhi oleh lendir. Maka dari itu, bagi Anda para ibu hamil yang sedang mengalami masalah pernafasan, maka Anda dapat menghirup uap panas dari air mendidih.

 

  1. Mandi Dengan Air Hangat

Salah satu penyebab mengapa ibu hamil sering kali mudah terserang virus yang menyebabkan pilek, influenza hingga masalah hidung tersumbat ? jawabannya adalah suhu tubuh yang tengah mengalam perubahan yang sangat ekstrim ini lah yang membuat daya imunitas tubuh ibu hamil menjadi sangat lemah sehingga virus tersebut mudah menghinggapinya. Maka dari itu, salah satu langkah konkret untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang dialami oleh para ibu hamil yakni dengan cara mandi dengan menggunakan air hangat. Ya, mandi dengan air hangat ini dipercaya mampu menstabilkan kembali suhu tubuh Anda sehingga daya imunitas dapat kembali normal serta tubuh Anda kembali segar dan lebih fresh.

 

  1. Mengompres Hidung Dengan Menggunakan Air Hangat

Nah, ketika Anda sedang mandi dengan menggunakan air hangat maka sempatkanlah mengompres sekaligus memijat hidung Anda yang sedang mengalami penyumbatan akibat lendir virus pilek ini dengan menggunakan air hangat. Ya, cara ini memang terbilang sangat ampuh untuk mengatasi masalah hidung tersumbat karena dengan mengomres hidung dengan menggunakan air hangat ini dipercaya dapat meluruhkan lendir yang ada di dalam hidung Anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang sedang Anda alami ketika Anda tengah memasuki masa kehamilan. Sebaiknya, Anda juga menjaga kondisi lingkungan sekitar karena virus tersebut muncul akibat kondisi lingkungan sekitar yang tidak terlalu bersih.



Leave a Reply