Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Malam


Vemala
29 June 2018

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti hidung tersumbat saat Anda akan tidur ? Tentu saat hidung

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti hidung tersumbat saat Anda akan tidur ? Tentu saat hidung tersumbat ketika tidur ini menjadi salah satu masalah yang serius karena tentunya akan mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda nantinya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui sebab dan juga cara mengatasi masalah hidung tersumbat ketika Anda akan beristirahat tidur. Nah, untuk penyebab dari hidung tersumbat saat Anda tertidur ini memang cukup beragam. Ada yang disebabkan oleh virus atau penyakit ada juga yang disebabkan karena faktor keturunan, dan ada juga yang disebabkan oleh kelainan yang memang Anda derita sendiri.

Nah, sala satu kasus penyebab hidung tersumbat saat akan tertidur yang paling banyak ini disebabkan oleh virus pilek dan juga karena gangguan pernafasan pada hidung Anda ketika akan tidur. Nah, kedua penyebab tersebut memang sering kali menjadi penyebab hidung tersumbat terutama gangguan pernagasan ketika tidur atau yang dikenal dengan sleep apnea. Sleep apnea ini merupakan gangguan pernafasan ketika Anda akan beristirahat atau tidur. Gangguan ini masuk dalam kategori gangguan yang cukup parah karena dapat menyebabkan terhambatnya udara yang Anda hirup karena dinding tenggorokan yang mengendur dan juga menyempit. Maka dari itu, Anda akan merasa hidung Anda seperti tersumbat sesuatu dan Anda akan mengalami kesulitan untuk bernafas dikala akan tertidur.

Namun tak hanya itu saja yang menyebabkan Anda mengalami masalah hidung tersumbat ketika Anda sedang tidur. Ternyata, merokok pun juga dapat menyebabkan hidung Anda tersumbat saat tidut. Sebab, merokok ini tentu meningkatkan inflamasi yang menyebabkan penumpukan cairan di saluran pernafasan bagian atas.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Malam

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan tips tips untuk mengatasi masalah hidung tersumbat saat tidur. Diantaranya adalah :

  1. Mengolesi Hidung Anda Dengan Balsam

Hidung tersumbat ini biasanya terjadi akibat dari penumpukan lendir pada bagian hidung Anda. Untuk itu, Anda perlu mengoleskan balsam pada bagian hidung Anda agar lendir pada hidung dapat luruh dan kemudian saluran pernafasan Anda tidak terganggu kembali.

Baca Juga : Penyebab Hidung Tersumbat

 

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Untuk menjaga stamina dan ketahanan daya tubuh, maka Anda diwajibkan untuk memperbanyak minum air putih karena air putih ini mengandung zat yang sangat diperlukan untuk tubuh serta menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih ini juga dapat membantu mengurangi lendir yang menyebabkan hidung Anda tersumbat.

  1. Menempelkan Bawang Merah Pada Hidung

Nah, salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat Anda tidur adalah dengan menempelkan bawang merah pada hidung Anda. Ya, bawang merah ini memiliki karakteristik yang cukup panas sehingga dapat Anda tempelkan pada hidung Anda dan kemudian lendir yang menyumbat hidung Anda akan luruh sehingga sistem pernafasan melalui hidung ini kembali normal.

  1. Mengkonsumsi Air Jeruk Nipis Panas Secara Teratur

Nah, cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air jeruk nipis dalam keadaan hangat atau panas secara teratur. Ya, dengan mengkonsumsi air jeruk nipis dalam kondisi hangat atau panas ini dipercaya mampu melegakan saluran pernafasan dari banyaknya lendir yang menghambat sistem pernafasan ketika Anda sedang tidur.

Nah, itulah beberapa langkah langkah ataupun cara cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ketika Anda akan beristirahat atau tidur yang tentunya sangat mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda.

 

 



Leave a Reply