Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan Dengan Cepat


Vemala
23 May 2018

Haid atau datang bulan adalah keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi setiap bulannya. Seorang

Haid atau datang bulan adalah keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi setiap bulannya. Seorang wanita mengalami haid disebabkan tidak adanya pembuahan yaitu bertemunya antara sel telur dan sperma. Sehingga terjadilah haid atau datang bulan tersebut. sikuls haid ini terjadi setiap bulannya yaitu sekitar 27 atau 30 hari. lama seorang wanita mengalami siklus  haid tersebut yaitu antara 3 sampai 7 hari. siklus tersebut adalah siklus haid yang normal, jika Anda mungkin mengalami haid dengan jumlabh hari yang banyak maka kemungkinan besar siklus Anda sedang terganggu. Mungkin karena faktor hormon atau stress atau juga bisa disebabkan ada sesuatu dengan kesehatan Anda. jika misalnya Anda menemukan hal yang seperti itu, maka lebih baik periksakan ke dokter agar lebih jelas dan juga diketahui dengan pasti.

Seorang wanita yang sudah mengalami haid atau datang bulan berarti ditandai bahwa ia sudah mengalami masa remaja. Sebab haid merupakan salah satu ciri-ciri seorang wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menuju remaja. Jadi jika seorang wanita yang sudah mengalami siklus haid maka ia sudah memasuki masa pubertas. Siklus menstruasi pertama kali terjadi kepada seorang wanita ketika ia sudah memasuki usia antara 12 atau 13 tahun. Jika seorang wanita sudah memasuki usia tersebut maka mungkin saja ia sudah mengalami namanya haid. Mungkin bagi wanita yang pertama kali haid akan kaget dan khawatir. Sebab timbulmnya rasa sakit dan nyeri didalam perut, rasa sakit di punggung dan rasa capek. Hal ini biasa terjadi kepada seorang wanita yang sedang mengalami haid, apalagi yang baru pertama kali. Untuk itu, kita harus bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki masa pubertas tersebut, agar jika kita sudah menemukan masa dimana kita harus datang bulan maka kita tidak kaget maupun khawatir.

 

Siklus haid atau datang bulan terjadi setiap satu bulan sekali. Ketika haid maka kita akan menemukan beberapa hal yang paling sering terjadi ketika haid yaitu antara lain adalah rasa nyeri dan sakit dibawah perut, sakit dipunggung, rasa capek dan lain sebagainya. semua rasa tersebut tentu saja bisa dialami oleh semua wanita yang mengalami haid. Bahkan ketika haid, seorang wanita tidak dapat mengendalikan emosinya sehingga ia akan sering marah dan merasa kesal. Hal ini biasa terjadi kepada wanita yang mengalami haid. Karena hormon mereka sedang terganggu sehingga emosi tidak terkntrol dengan baik. hal ini harus dimaklumi oleh kaum adam ketika mendapati pasangan mereka yang demikian. Namun dari beberapa rasa yang dialami seorang wanita tersebut, ada salah satu rasa yang mungkin tidak bisa wanita tahankan ketika sedang haid yaitu adalah rasa nyeri dibawah perut.rasa nyeri diperut ketika haid itu sudah hal yang biasa, dfan bahkan pasti terjadi setiap wanita. Dan hal ini juga yang menjadi faktor ketakutan seorang wanita ketika mengalami haid.

 

Rasa nyeri yang terjadi ketika haid itu bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu misalnya adanya gangguan pada hormon, stress, atau adanya gangguan pada rahim dll. Masih banyak faktor sebenarnya yang mempengaruhi terjadinya nyeri ketika haid. Bisa saja faktor internal maupun dari faktor eksternal. Namun meskipun begitu, hal ini sebanrnya bisa dicegah maupun diatasi dengan baik dan mudah. Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid yaitu antara lain adalah :

  1. Banyak minum air putih

Ketika Anda sedang mengalami haid dan Anda merasakan nyeri dibawah perut Anda maka untuk mengatasi rasa nyeri tersebut dengan memperbanyak minum air putih. air putih dapat meredamkan rasa nyeri yang kita rasakan ketika haid. Sebab air putih sangatlah bagus untuk tubuh, mampu melancarkan peredaran darah. Sehingga akan membantu menghilangkan rasa sakit yang ada didalam perut selama haid. Normalnya kita minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Jadi minumlah 8 gelas sehari selama haid, agar dapat mengurangi rasa sakit Anda.

      2. Banyak makan buah dan sayur

Cara lain untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid yaitu memperbanyak makan buah dan sayur. Jika Anda banyak makan sayur dan buah, maka Anda tidak akan merasakan nyeri ketika haid. Sebab buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik dalam tubuh. Sehingga tubuh Anda akan mendapatkan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Sehingga ketika haid alangkah baiknya Anda memperbanyak makan buah dan sayur sebab hal tersebut bisa mengatasi segala masalah yang terjadi ketika sedang haid atau datang bulan, misalnya yaitu rasa nyeri dalam perut.

      3. Hindari aktivitas yang melelahkan

Lalu selanjutnya untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid adalah menghindari aktivitas yang melelahkan. Sebab jika kita melakukan aktivitas yang dapat membuat kita sangat lelah, tubuh akan lemah dan cairan dalam tubuh akan mudah cepat berkurang.. sehingga tergannggunya sistem reproduksi yang mengakibatkan rasa nyeri ketika haid. Boleh saja ketika haid kita melakukan aktivitas, namun juga perhatikan kesehatan kita ketika sedang haid. Karena seorang yang sedang haid, ia seperti sama saja dengan mengandung. Harus bisa benar-benar dijaga dengan baik termasuk melakukan aktivitas. Usahakan kita jangan terlalu capek dan lelah, karena itu dapat menggnggu masa haid Anda.

     4. Istirahatlah yang cukup

Istirahat itu juga sangat diperlukan ketika haid, karena ketika haid tubuh kita bekerja untuk mengeluarkan darah akibat tidak adanya pembuahan. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak masalah yang akan kita alami ketika haid. Seperti misalnya rasa sakit diperut, punggung, cepat capek, emosional yang tidak terkontrol, rasa nyeri diperut dan lain sebagainya. beberapa masalah tersebut biasa terjadi kertika haid, namun tidaklah nyaman jika kita mengalami hal yang demikian terutama ketika nyeri diperut, itu sangatlah mengganggu. Untuk menghindari hal yang demikian, maka ketika haid Anda harus istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas. Agar energi dan kekuatan Anda bisa dapat kembali pulih, dan dengan begitu Anda tidak akan merasakan yang namanya nyeri diperut atau masalah lainnya.

Itu tadi beberapa contoh cara dalam mengatasi nyeri perut ketika sedang haid. Sebenarnya masih banyak lagi contoh yang bisa Anda temukan untuk mengatasi rasa nyeri Anda ketika haid. Penjelasan diatas adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut. jika Anda dapat melakukannya dengan baik dan benar, maka Anda tentu bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik juga. Yang terpenting ketika haid adalah Anda harus bisa menjaga kesehatan diri Anda. agar siklus haid Anda bisa lancar dan tidak terjadi masalah. Karena adanya masalah ketika haid, bisa disebabkan karena terganggunya kesehatan kita dan akhirnya timbullah masalah ketika datang bulan. Namun meskipun begitu semua bisa diatasi dengan baik mudah. Sebab cara-cara tersebut sebenarnya dari kebiasaan kita saja.

images : rd.com



Leave a Reply