Rahasia Mudah Cara Mengatasi Rambut Rontok


Vemala
4 May 2018

Rambut rontok memang kadang membuat banyak orang sebal dan pusing saat sulit mengatasinya. Setiap selalu

Rambut rontok memang kadang membuat banyak orang sebal dan pusing saat sulit mengatasinya. Setiap selalu saja ada rambut rontok. Apalagi bagi Anda yang memiliki rambut panjang, saat menyisir rambut selalu akan ada rambut yang terbawa dan terselip di sela gerigi sisir. Belum lagi jika dihitung dengan rambut yang rontok saat merapikan rambut dengan jari.

Banyak cara mengatasi rambut rontok dan menjadikannya lebih kuat, seperti melakukan perawatan yang rutin di salon dengan biaya yang tidak murah tentunya dan orang tetap juga mau melakukannya. agar mendapatkan rambut yang kuat, lebat, hitam dan juga sehat, entah itu seorang pria, wanita hingga anak-anak.

Namun, untuk membuat rambut menjadi sehat, bukan satu-satunya dengan perawatan disalon yang harganya tidak murah. maka tips ini akan membantu mengembalikan dan mendapatkan kualitas terbaik untuk rambut anda.

Cara-cara Mengatasi Rambut yang Rontok

Anda bisa mengatasi masalah rambut rontok dengan beberapa cara. Itu bisa berupa penanganan rambut saat masih basah sampai memberikan nutrisi pada rambut melalui makanan ataupun media yang diramu sendiri untuk dioleskan pada rambut. Berikut ini adalah kebiasaan atau cara mengatasi rambut Anda yang rontok:

  1. Menyisir Rambut dengan Benar

Anda perlu menyisir rambut dengan hati-hati. Pasalnya, menyisir rambut dengan cara yang tidak benar bisa membuat rambut Anda rontok. Anda harus cari sisir yang cocok dan tepat. Gunakan sisir berbahan kayu dengan bentuk gigi yang cukup lebar untuk mengurai rambut dari kekusutan. Setelah menggunakan sisir kayu tadi, Anda bisa menggunakan sisir biasa.

Pemilihan sisir ini akan mengurangi kerusakan dan kerontokan pada rambut Anda saat sedang menariknya. Hindari menyisir rambut saat sedang basah. Rambut Anda paling rentan pada kondisi basah karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan.

Anda perlu membersihkan sisir dan sikat setiap minggu. Lakukan saat Anda ada waktu luang. Membersihkan sisir ini adalah sebuah tindakan pencegahan yang diperlukan agar saat menata rambut lebih mudah dan agar sisir tidak kotor yang bisa menimbulkan bakteri..

  1. Memilih Produk Rambut yang Benar

Cobalah untuk memakai sampo yang bebas dari kandungan parabean, sulfat dan silikon agar terhindar dari timbunan bahan kimia pada rambut dan kulit kepala Anda. Ini karena prosuk berbahan kimia bisa menyebabkan rambut rusak. Rambut Anda nantinya bisa mudah rapuh dan rentan terhadap kerusakan jika memakainya. Maka, pilih produk rambut dengan bijak.

  1. Menata Rambut dengan Benar

Terkadang Anda lupa bahwa karet yang terikat pada rambut terlalu kencang. Hindari pemakaian catok rambut, papan pengeriting atau pengering rambut terlalu sering. Alat-alat tersebut bisa menyebabkan rambut Anda menjadi tipis dan rontok. Salah satu cara merawat rambut rontok agar sehat adalah dengan memperlakukannya dengan baik dan lembut.

  1. Pintar-pintar Mengendalikan Stres

Stres tentu akan selalu dialami oleh semua orang. Rambut rontok bisa saja disebabkan oleh stres. Namun ternyata, rambut yang rontok parah juga bisa menyebabkan Anda stres. Karena itu, pintar-pintarlah dalam mengendalikan stres.

Jika kerontokan rambut mencapai lebih kurang seratus helai sehari, maka itu masih dalam batas normal dan Anda tidak perlu panik. Kelola dengan baik tingkat stres Anda agar terhindar dari rambut rontok.

  1. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Kekurangan nutrisi bisa saja menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Rambut Anda memerlukan beragam nutrisi agar tumbuh lebih kuat dan sehat. Misalnya saja protein. Zat ini bisa untuk meningkatkan kesuburan dan memperkuat akar rambut Anda.

Baca Juga :

 

Anda perlu mencukupi nutrisi ke dalam tubuh. Selain protein juga ada yang lain seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, asam folat, biotin dan sebagainya.

  1. Membuat Masker Rambut di Rumah

Buatlah masker rambut sendiri di rumah. Ini adalah pilihan yang paling tepat dan murah untuk mengatasi rambut rontok tanpa mencemari rambut dengan bahan kimia yang berbahaya. Masker alami akan membantu Anda memperkuat, memberi nutrisi dan mempercantik rambut Anda.

Berikut adalah masker rambut sederhana buatan sendiri untuk mengatasi rambut rontok:

  • Persiapkan bahan berupa 2 sdm teh hijau, 1 kuning telur dan penutup kepala.
  • Selanjutnya memasuki proses meramu bahan. Ambil 1 kuning telur dan masukkan ke dalam wadah bersih. Tambahkan 2 sdm teh hijau ke dalamnya. Aduk bahan dengan merata sampai lembut.
  • Jika masih terlalu kental, Anda bisa menambahkan teh hijau lagi untuk mencairkannya.
  • Oleskan masker rambut pada rambut dan kulit kepala Anda. Tutupi rambut dengan penutup rambut. Biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.
  1. Mengoleskan Minyak pada Rambut

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun, minyak jarak dan sebagainya pada rambut Anda agar terhindar dari kerusakan rambut seperti rambut rontok. Berikut ini adalah cara meramunya:

  • Sediakan 2 sendok makan Carrier oil/ minyak pelarut. Gunakan minyak yang ingin Anda pilih. Anda juga bisa memakai campuran minyak rambut.
  • Tuangkan 2 sendok makan minyak pelarut seperti kelapa, jarak, zaitun atau minyak almond ke dalam wadah.
  • Celupkan jari Anda ke dalam wadah yang tadi sudah terisi minyak. Lalu pijatlah kulit kepala Anda. Pijat kulit kepala sekitar 15 menit sampai seluruh permukaan kulit kepala Anda terlapisi dengan minyak.
  • Biarkan minyak dalam waktu semalaman lalu cucilah rambut Anda dengan sampo keesokan harinya.
  • Lakukan perawatan rambut ini 2-3 kali seminggu.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Obat

Perawatan rambut rontok juga bergantung apa penyebabnya. Jika penyebabnya adalah karena penyakit, maka Anda harus mengobatinya dahulu. Di samping itu, jika kerontokan rambut dialami karena pemakaian obat tertentu, maka dokter mungkin akan meminta Anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut sekitar selama 3 bulan.

Ada beberapa obat yang boleh dikonsumsi untuk mengatasi permasalah rambut rontok ataupun hampir botak pada Anda. Obat tersebut adalah meliputi:

  1. Finasteride

Finasteride juga disebut propecia. Obat ini berbentuk pil dan hanya direkomendasikan untuk digunakan oleh pria dengan resep dokter. Pemakaian obat ini akan memperlambat terjadinya kerontokan pada rambut Anda. Sebagian orang setelah mengkonsumsi obat ini akan muncul rambut baru.

Tetapi pemakaian obat ini akan memiliki efek samping seperti fungsi normal seksual Anda menurun, gairah seks berkurang dan tingkat risiko penyakit kanker prostat tinggi. Untuk mengkonsumsi obat ini, konsultasikan dahulu kepada dokter untuk mencari penyebab rambut rontok yang dialami.

Konsultasikan pada dokter apakah kerontokan terjadi karena adanya faktor keturunan, hormon yang tidak seimbang, kondisi kesehatan khusus atau karena kesalahan dalam perwatan rambut. Dokter nanti akan menentukan perawatan yang tepat untuk Anda sesuai gejalanya.

  1. Minoxidil

Minoxidil disebut juga rogaine. Obat ini berisi cairan yang diaplikasikan dengan cara menggosokkannya ke kulit kepala sebanyak 2 kali sehari. Fungsi obat ini adalah untuk mencegah timbulnya rambut rontok dan menumbuhkan rambut Anda.

Dengan pemakaian yang teratur, secara berangsur-angsur rambut Anda akan mengalami pertumbuhan rambut kembali dan mengurangi terjadinya kerontokan pada rambut. Efek obat ini akan memuncak pada minggu ke-16. Obat ini bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita.

Sayangnya akan ada efek samping dari pemakaian obat perawatan rambut rontok ini. Adapun efek sampingnya yaitu memungkinkan terjadinya iritasi pada kulit kepala, munculnya rambut di tempat-tempat yang tidak diinginkan yang dekat dengan wajah dan mengalami detak jantung yang lebih cepat daripada biasanya.



Leave a Reply