√ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Pada wajah

  • Whatsapp
cara menghilangkan bekas jerawat

Bagi kamu yang memiliki bekas jerawat dan juga flek hitam pastinya merasa kurang percaya diri. Apalagi untuk kaum hawa, pastinya kedua masalah tersebut membuat merasa kurang cantik.

Pada dasarnya bekas jerawat akan nampak setelah jerawat mengempis walaupun tanpa menimbulkan luka sekalipun. Dan untuk flek hitam, masalah tersebut yaitu berasal dari bakteri yang berkembang pada daerah kulit kemudian menumpuk dan menonjol dan menjadi sebuah pigmentasi yang tidak merata pada kulit. Tentunya kedua hal tersebut biasanya akan banyak ditutupi menggunakan make up tebal dan pastinya tidak akan memberi kesan natural dan bersih.

Read More

Dibanding  hanya menutupinya ada baiknya jika kamu melakukan perawatan untuk mengembalikannya lagi seperti sedia kala. Tentunya banyak orang yang ingin menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam secara instan namun hal tersebut belum tentu cocok untuk kesehatan kulit  dan beberapa diantaranya juga memerlukan modal yang tidak sedikit.

Nah perlu ketahui beberapa penyebab yang mengakibatkan bekas jerawat dan juga flek hitam bersinggah di wajah kita. Berikut ini beberapa penyebab dari flek hitam dan juga bekas jerawat membandel :

Penyebab Munculnya Flek Hitam dan Bekas Jerawat

cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

  1. Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang

Hormon dalam tubuh merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh untuk kondisi tubuh. Dimana jika keadaan hormone sendiri tidak seimbang maka hal tersebut mengakibatkan yang namanya hiperpigmentasi atau pigmentasi secara berlebih pada kulit. Maka dari itu terdapat bercak pigmen yang biasanya lebih gelap pada kulit.

  1. Kondisi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi sendiri merupakan sebuah kondisi dimana kulit pada penderita mengalami peningkatan melanin yaitu zat yang bekerja untuk mengatur warna dalam tubuh (pigmen) seperti pada kulit, mata, dan rambut. Pada kondisi ini penderita akan mengalami perubahan struktur warna kulit yang berbeda dari sebelumnya yaitu dimana area yang telah rusak akan berwarna lebih gelap dibandingkan yang lain.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat

  1. Terpapar sinar matahari dalam waktu lama

Sinar matahari akan mengenai kulit secara langsung jika beraktivitas di luar ruangan. Dimana hal tersebut yang merangsang kulit untuk memproduksi zat melanin lebih banyak dan akibatnya kulit kita menjadi lebih gelap. Dimana hal tersebut juga dapat memicu timbulnya flek hitam pada kulit.

  1. Jarang mencuci wajah

Tentunya untuk kamu yang sedang berjerawat lalu malas untuk mencuci wajah secara teratur akan memperparah proses penyembuhan jerawat itu sendiri dan akhirnya akan meninggalkan bekas di wajah. Dimana walaupun jerawat sudah mengempis tetapi kotoran yang tadinya berada di dalam jerawat dan harus dikeluarkan tidak terangkat secara maksimal.

  1. Perawatan jerawat yang tidak sesuai

Perawatan untuk mengobati jerawat sendiri sekarang ini telah ada banyak jenis. Mulai obat dalam, sabun wajah, bedak, dan lain sebagainya. Tetapi treatment yang kurang sesuai dapat memberikan dampak buruk jangka panjang untuk wajah itu sendiri. Dimana yang sering terjadi yaitu jerawat terkena obat keras dan akhirya meninggalkan bekas yang sulit hilang.

  1. Menggunakan terlalu banyak make up saat berjerawat

bagi kamu yang pernah menutupi jerawat dengan make up yang tebal dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya bekas jerawat yang susah hilang. Terlebih jika menutupi jerawat yang parah dengan bedak yang cukup banyak. Dimana bedak tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan mengendap setelah itu dapat membuat jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas.

Baca Juga : Cara Menghilangkan komedo wajah

Itu merupakan beberapa hal yang mungkin tanpa disadari dapat menjadi penyebab timbulnya bekas jerawat dan juga flek hitam pada kulit. Tetapi jangan khawatir di sini kita akan memberikan solusi bagi yang ingin menghilangkan flek hitam dan juga bekas jerawat yang sulit hilang pada kulit.

Dan tentunya cara-cara ini akan sangat aman untuk menjadi obat bagi kulit dan sangat mudah untuk jadikan treatment sehari-hari di rumah. Berikut ulasannya :

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Pada wajah

  1. Menggunakan perawatan bawang bombay

cara menghilangkan bekas jerawat dengan bawang merah dan bawang bombay

Bawang besar yang satu ini mungkin sering kalian temui untuk memperlezat berbagai masakan. Selain itu bawang Bombay juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin A dan juga E yang baik untuk kesehatan mata dan juga kulit.

Tak hanya digunakan sebagai bahan penyedap ternyata dari zaman dahulu bawang bombay juga telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit yang menyerang kulit. Maka dari itu bawang ini dirasa sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam yang membandel.

Cara melakukan perawatan ini yaitu sediakan bawang bombay secukupnya lalu haluskan. Setelah itu cukup oleskan dibagian kulit yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat. Setelah itu diamkan 8 hingga 10 menit. Terakhir bilas kulit menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk.

Selain bawang Bombay, cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam bisa dengan menggunakan bawang merah. Jika di tempat kamu sulit mendapatkan bawang Bombay, maka bisa dengan menggunakan bawang merah. Dan untuk melakukan perawatannya, tidak terlalu berbeda , dengan melakukan tips di atas.


  1. Menggunakan perawatan cuka apel

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel

cara menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel

Nah perawatan menggunakan cuka apel akhir-akhir ini sangatlah booming. Karena banyak testimony yang menyatakan cuka apel yang memiliki khasiat besar bagi kecantikan kulit dan juga tubuh. Maka dari itu akan sangat mudah menemukan penjual cuka apel yang beredar di banyak media social dan harganya pun tidak akan menguras kantung.

Memang benar adanya jika cuka apel dapat merawat kesehatan kulit jika gunakan sebagai perawatan. Karena di dalam cuka apel sendiri memiliki kandungan asam bernama hidroksi yang dapat memaksimalkan pengangkatan sel sel kulit mati yang tertumpuk.

Cara menggunakannya yaitu dapat mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu gelas air hangat dan digunakan untuk toner kulit. Jika ingin hasil yang lebih dapat mengaplikasikan sisa air cuka pada bagian yang bermasalah. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan.


  1. Menggunakan air lemon

cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi di dalamnya yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam. Bahkan telah banyak orang membuktikan bahwa metode ini sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam yang mungkin sulit dihilangkan.

Selain mengandung vitamin c yang tinggi, lemon juga memiliki kandungan asam sitrat yang dapat bersifat sebagai pembersih alami kulit dari kotoran dan juga sel sel kulit mati yang menumpuk.

kamu dapat menggunakan perasan air lemon untuk  digunakan sebagai perawatan pembasmi bekas jerawat setiap harinya. Nah dapat menggunakannya sebagai toner setelah mencuci wajah, cukup tunggu 15 menit sampai kandungan lemon menyerap ke dalam kulit.

Tetapi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif lebih disarankan untuk mencampurkan madu ke dalam perasan lemon saat melakukan perawatan. Lebih baik melakukan perawatan rutin setiap hari setelah mandi sebanyak 2 kali. Setelah air lemon meresap lalu bersihkan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan juga kotoran dan sel-sel mati mudah terangkat. Pastikan setelah melakukan perawatan kulit  keringkan dengan handuk.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Selain bisa menggunakan lemon, akan tetapi kalian juga bisa dengan menggunakan perasan air dari jeruk nipis. Dan untuk menggunkannya, tidak beda dengan menggunakan lemon.

Lihat Juga : cara mengecilkan pori-pori Secara Alami


  1. Menggunakan baking soda jenis food grade

cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda

Baking soda mungkin sering digunakan banyak orang untuk bahan memasak kue atau roti. Tetapi untuk baking soda yang kalian gunakan saat ini adalah jenis baking soda food grade dimana baking soda tersebut masih alami. Dimana jenis baking soda tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel sekalipun.

Baking soda ini  biasanya dijual dalam bentuk kiloan dan terpisah. Dan yang terpenting dari metode ini yaitu jangan sampai salah memilih jenis baking soda karena jika salah maka tidak akan bisa menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam.

kamu pasti tau jika baking soda sangat reaktif jadi dalam metode ini  perlu mencampurnya dengan air jeruk nipis, madu, dan minyak zaitu (optional).

Kalian dapat membuat ramuan tersebut dengan mencampurkan semua ramuan tersebut. Cukup aduk hingga tercampur rata menyerupai pasta atau masker kental. Setelah itu cukup mengoleskan baking soda pada area yang bermasalah saja. Setelah itu tunggu 10 hingga 15 menit agar khasiat bekerja. Selesai bilas air hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Untuk metode menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam menggunakan ramuan baking soda cukup menggunakannya 3 kali dalam seminggu. Jika mengalami iritasi hentikan pemakaian dan gunakan obat pereda iritasi.


  1. Menggunakan minyak zaitun

cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat. Pada dasarnya minyak ini telah dijadikan sebagai berbagai obat dari zaman dahulu oleh orang timur tengah. Selain digunakan sebagai obat, minyak zaitun juga banyak digunakan untuk media perawatan kecantikan.

Banyak sekali khasiat minyak ini untuk kecantikan seperti melembabkan kulit, mencerahkan wajah, merawat rambut, dan lain sebagainya.

Pada minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang pastinya dapat membantuuntuk menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam dari wajah kita. Dimana vitamin E sendiri dapat membantu memperbaiki sel sel kulit yang rusak akibat jerawat dan dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

Dan untuk antioksidan sendiri akan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas dari luar yang dapat memperparah kondisi flek dan juga bekas jerawat.

Cara menggunakan minyak zaitun sendiri sangatlah mudah. cukup sediakan minyak zaitun, lebih baik jika yang masih murni karena belum tercampur bahan-bahan yang lain. Setelah itu gunakan pada area bekas jerawat dan juga flek hitam. setelah itu tunggu 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Namun selain itu juga dapat mengaplikasikannya di seluruh bagian wajah karena minyak zaitun juga dapat membantu melembabkan dan mencerahkan wajah. Untuk  yang memiliki jenis kulit kering dan bekas jerawat  dapat menggunakan metode ini saat sebelum tidur dan membersihkannya saat pagi hari.

Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakannya rutin setiap hari.


  1. Menggunakan kentang sebagai masker

cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang rebus

Nah kalian pastinya sudah sering memakan kentang bukan. Dimana kentang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi ataupun cemilan seperti kripik.

Tetapi ternyata zat tepung yang ada di dalam kentang sendiri karena memiliki manfaat yang dapat menyehatkan sel kulit yang telah rusah termasuk yang berflek hitam karena dapat meredakan hiperpigmentasi dan memiliki bekas luka jerawat.

Selain itu kentang yang pastinya tumbuh di dalam tanah memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Kentang dapat digunakan dengan banyak cara. Nah di sini kami akan memberikan beberapa cara yang dapat lakukan untuk menggunakan kentang sebagai perawatan. Yang pertama yaitu dengan menggunakannya secara langsung.

Kamu cukup menyediakan 1 atau 2 buah kentang lalu kupas dan cuci bersih. Setelah itu potong tipis-tipis. Kamu dapat menempelkan potongan kentang tersebut pada daerah berflek hitam dan juga bekas jerawat. Tunggu hingga 20 menit dan bersihkan dengan air lalu keringkan.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan sari kentang sebagai masker. Pertama cukup menghaluskan 1 buah kentang lalu saring dan ambil sarinya. Lalu cukup mencampur sari tersebut dengan air lemon dimana juga dapat membantu menghilangkan flek dan juga bekas jerawat.

Kemudian campuran terebut oleskan merata pada wajah dan tunggu hingga 15 menit agar nutrisi dari kentang dan juga lemon meresap. Setelasi bilas wajah dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk agar sisa-sisa masker terangkat.

Dan cara terakhir untuk menggunakan kentang yaitu dengan mencampurkannya dengan madu. Dimana madu sendiri memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit karena kaya nutrisi.

Selain itu jika mengalami gejala iritasi maka ramuan ini akan membantu meredakannya. Pertama kupas dan cuci bersih 1 buah kentang kemudian haluskan hingga menjadi bubur. Kemudian campurkan kentang dengan 1 sendok madu murni setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit. Selesai lalu bersihka hingga benar-benar bersih.


  1. Menggunakan lidah buaya

cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya dan jeruk nipis

Kalian pastinya sudah tahu bahwa kandungan nutrisi dari lidah buaya yang terdapat pada lendirnya dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk rambut dan juga kulit. Dan di sini kita akan menggunakannya sebagai penghilang bekas jerawat dan juga flek hitam secara alami. Dimana dalam lendirnya, lidah buaya memiliki kandungan polisakarida yang dapat memicu pertumbuhan sel kulit baru yang dapat menggantikan sel kulit yang telah rusak akibat bekas jerawat.

Selain itu lidah buaya dapat mengurangi efek sinar matahari yang dapat mengakibatkan hiperpigmentasi.

Lidah buaya yang memiliki sensasi menyegarkan tentunya akan sangat nyaman untuk dijadikan treatment sehari-hari. Dan tentunya bahan-bahan yang dibutuhkan tidak akan menguras kantong jika kamu gunakan perawatan ini dengan sering.

Sebelum melakukan perawatan pastikan sudah mencuci bersih wajah agar kotoran tidak menghalangi proses penyerapan nutrisi. Pertama cukup sediakan batang lidah buaya yang bersih kemudian potong untuk mempermudah penggunaan. Kemudian bekah menjadi 2 dan oleskan kebagian wajah agar lendir menempel.

Setelah merata dapat memijatnya perlahan atau diamkan hingga meresap selama 15 menit. Setelah Selesai  bersihkan lendir yang menempel dengan air hangat dan keringkan dengan handuk hingga bersih.

Nah untuk pemakain lidah buaya sendiri dapat menggunakannya sebanyak 2 kali atau 3 kali dalam seminggu. Mungkin selama pemakaian akan merasakan sedikit sensasi gatal tetapi hal tersebut wajar.

Untuk meredakan rasa gatal jika berlebih akan dapat mencampurkan madu selama perawatan  menggunakan lidah buaya.

Tetapi jika kalian merasakan alergi berlebih maka hentikan pemakaian dan gunakan teh atau minyak zaitun untuk meredakannya. Dan untuk semua perawatan ini pastikan menjaga kebersihan dan juga hindari terpapar sinar matahari secara langsung selama perawatan.


Nah, Demikianlan cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang bisa menyerang siapa saja, entah itu pria dan juga wanita yang bisa terdapat pada wajah, punggung dengan menggunakan bahan alami dan mendapatkan hasil yang efektif untuk mengembalikan kesehatan kulit tubuh.

Related posts