cara menghilangkan jerawat secara alami

√ Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Untuk Pria dan Wanita

14 views

Sebagian dari kita pastinya pernah dengar atau pun mengalami jerawat pada wajah atau bagian tubuh yang lainnya. Mungkin jerawat merupakan masalah yang kecil tapi disadari atau tidak, jerawat merupakan masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan bagi kamu  yang sangat merasa terganggu jerawat mungkin mengurangi tingkat kepercayaan diri. Maka dari itu masalah yang satu ini sangat penting untuk beri perhatian khusus dan segera mengobatinya.

Karena jerawat yang mungkin kita sepelekan dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat dan juga dapat mengganggu kesehatan kulit kita. Jerawat umumnya berbentuk benjolan kecil yang tumbuh pada kulit. Namun, jika hal tersebut di biarkan dan di tambah dengan memencet jerawat yang tidak tepat, maka akan membuat kulit mulus seseorang akan terlihat tidak rata dan bahkan bisa membuat wajah terliat bopeng.

Tentunya, hal tersebut merupakan hal yang tidak di Inginkan oleh setiap orang, dan mungkin anda salah satunya ? .

Untuk mengatasinya permasalahan jerawat maka bisa menggunakan produk kencantikan atau juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang akan kita bahas kali ini.

Penyebab Munculnya Jerawat

Kenapa sih ada jerawat ?

Mungkin sebagian dari pembaca pernah mempertanyakan munculnya jerawat di wajah dan juga di tubuh.

Banyak juga faktor yang menjadi penyebab masalah yang satu ini. Tetapi kita juga sangat perlu untuk berhati-hati dalam membasmi jerawat.

Banyak orang yang telah menjadi korban akibat cara mengatasi jerawat yang kurang tepat. Selain kandungan obat yang kurang sesuai, tingkat kensensitifan kulit seseorang juga menjadi faktor khusus untuk mengatasi masalah satu ini.

Kurangnya memperhatikan kebersihan tubuh menjadi salah satu hal yang mungkin banyak orang lakukan yang dapat mendatangkan banyak jerawat. Namun , jika ingin mengetahui penyebab lainnya, bisa membacanya DISINI .

Jenis Jenis Jerawat

Jerawat biasanya muncul di berbagai macam tempat, namun setiap munculnya jerawat bisa di sebabkan oleh hal yang berbeda-beda, meskipun secara umum ketika seseorang kurang memperhatikan gaya hidup sehat memiliki peluang yang besar munculnya jerawat itu sendiri.

Lihat Juga : Jenis Jenis Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Dari banyaknya penyebab munculnya jerawat, maka untuk mengembalikan kulit bersih bisa dengan menggunkan bahan-bahan alami  dan juga mencegahnya.

Nah berikut ini akan kami paparkan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan juga alami tentunya. Berikut ini ulasannya.


  1. Masker Bawang Putih

gambar bawang putih

Gambar : Pixabay

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang wajib ada di dapur setiap rumah. Jadi karena dari itu tidak sulit bukan untuk menemukan bahan yang satu ini. Kandungan di dalam bawang putih juga dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit bahkan untuk jerawat yang membandel sekalipun. Cara membuat masker bawang putih pun juga sangat mudah.

Pertama cuci bersih beberapa siung bawang putih yang telah dikupas lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu cukup oleskan pada bagian yang berjerawat saja. Disarankan tidak mengenai jerawat yang memiliki luka terbuka. Setelah itu diamkan dalam beberapa menit lalu bilas bagian tersebut menggunakan air hangat. Untuk manfaat yang lebih disarankan untuk mencampur masker tersebut dengan beberapa tetes cairan cuka apel.

Bawang sangat baik untuk menghilangkan jerawat pada kulit. Bawang putih memiliki senyawa yang disebut thuacremonon sulfur yang berfungsi mengeringkan bagian jerawat, dan juga satu lagi senyawa bernama allicin yang bersifat sebagai antiseptic alami yang berfungsi melindungi dan menangkal bakteri yang masuk kedalam kulit kita.

Baca Juga : cara menghilangkan bekas jerawat


  1. Scrub Gula

gambar scrube gula

Gambar : Pixabay

Pastinya jika ingin meminum teh manis kamu sering mencampurkan gula pasir di dalamnya bukan. Nah ternyata gula pasir yang memiliki cita rasa manis tersebut dapat membantu kita untuk menghilangkan jerawat secara alami dan juga cepat.

Tak hanya jerawat sebenarnya, gula juga dapat menjadi bahan perawat kecantikan yang sangat berpengaruh untuk kulit.

Srub gula dapat kamu buat dengan perbandingan gula dan air yaitu 2:1. Sangat simple bukan, cukup campurkan kedua bahan dengan perbadingan takaran tersebut hingga merata.

Setelah itu oleskan scrub tersebut ke seluruh bagian wajah hingga merata termasuk bagian wajah yang tidak terinfeksi sekalipun. Selesai kemudian tunggu hingga 15 menit. Dan bersihkan wajah menggunakan air hangat hingga bersih sempurna.

Dalam hal ini tidak hanya tekstur gula saja yang membantu perbaikan pada kulit jerawat. Karena gula murni sebernarnya memiliki kandungan senyawa yang dinamakan AHA atau Alpha Hydroxy Acids dan juga asam bernama glikolat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit dan juga jika jerawar telah hilang kandungan ini dapat membantu menghilangkan luka bekas jerawat sekalipun.


  1. Es batu

gambar es batu

Gambar : Pixabay

Jika menginginkan minuman atau jus dingin tak jarang menambahkan es batu bukan. Dimana es batu terbuat dari air putih yang berubah wujud karena suhu yang sangat rendah.

Cara membuatnya juga tak perlu sulit, hanya masukan air dalam wadah atau cetakan lalu masukan dalam freezer maupun kulkas.

Es batu sebenarnya memberikan manfaat yang banyak ketika kita gunakan pada wajah. Dimana es batu dapat menghilangkan minyak yang diproduksi pada kulit kita dan juga kotoran yang ada pada wajah.

Selain itu pada bagian kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat yang muncul es batu dapat membantu mengurangi gejala dan juga menetralkannya.

Kamu dapat menggunakannya dengan cara membungkusnya menggunakan kain atau handuk lalu usapkan mengitari bagian yang bermasalah. Kalian dapat melakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat menghilang.

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, ES batu juga memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah, sehingga kulit terlihat lembut dan tidak kasar.


  1. Masker kulit jeruk

gambar kulit jeruk

Gambar : Pixabay

Jika kamu memakan buah jeruk pastinya akan mengupas kulitnya terlebih dahulu lalu membuang kulit tersebut. Tetapi jika memiliki masalah kulit yang berjerawat sebaiknya tidak melakukan hal tersebut. Karena ternyata kulit jeruk dapat menjadi bahan penghilang jerawat secara alami.

Kamu dapat memanfaatkannya sebagai masker dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu hingga kulit jeruk benar-benar mengering. Setelah itu tumbuk hingga kulit jeruk menjadi bubuk yang benar-benar halus. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker dengan mencampurkannya dengan air hingga  menyerupai pasta. Lalu oleskan seperti salep untuk jerawat. Tunggu dalam beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Mungkin kamu masih heran kenapa kulit jeruk dapat menyembuhkan kulit yang berjerawat. Hal ini karena pada kulit jeruk memiliki kandungan asam alpha dan juga vitamin c yang sangat tinggi.

Dimana kedua kandungan pada kulit jeruk tersebut dapat membantu membersihkan kotoran yang berada dalam pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Baik untuk menggunakan masker tersebut 3 kali dalam seminggu. Selain itu bubuk kulit jeruk tersebut akan awet dan juga bertahan lama jika  disimpan dalam tempat yang kering.


  1. Pasta Gigi 

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Gambar cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi Via Pixabay

Kandungan yang terdapat dari pasta gigi tentunya memiliki manfaat yang dapat dalam menghilangkan jerawat dengan cara mempercepat dalam mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan yang mungkin akan terjadi.

Antara lain kandungan tersebut yang terdapat dari pasta gigi, seperti fluoride, Kandungan triclosan dan hidrogen peroksida.

Untuk menggunakannya cukup mudah. Oleskan odol atau pasta gigi tersebut ke wajah dan diamkan hingga 1 sampai 2 jam dan setelah itu bersihkan dengan air bersih.

  1. Masker mentimun

gambar mentimun

Gambar : Pixabay

Kamu pastinya sudah pernah bahkan sering melihat orang mengunakan mentimun untuk perawatan kulit. Mentimun mungkin kita sering konsumsi sebagai pendamping untuk makan daging dan juga dijadikan sebagai minuman.

Tapi ternyata buah segar yang satu ini dapat sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang tumbuh pada kulit kita. Dengan menggunakannya sebagai masker merupakan cara terbaik untuk membantu menghilangkan jerawat.

BUkan hanya untuk jerawat, timun memiliki manfaat untuk kulit kering. dan bagi anda yang memiliki kulit kering, maka bisa membaca artikel lainnya terkait , manfaat timun untuk wajah .

Cara menggunakan masker mentimun yaitu pertama cuci mentimun dengan bersih lalu potong tipis-tipis. Setelah itu tempelkan pada kulit wajah secara merata. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk.

Selain menghilangkan jerawat mentimun juga dapat menjaga kelembapan pada kulit dan juga mencerahkan kulit. Karena itu maka tak heran lagi jika mentimun juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar banyak produk kecantikan.

Namun tanpa perlu banyak mengeluarkan uang, kalian dapat memanfaatkan mentimun ini secara langsung. Kenapa mentimun bisa sangat bermanfaat untuk kulit ?

Hal ini karena mentimun memiliki asam amino, vitamin c, dan juga mengandung banyak mineral di dalamnya. Selain itu mentimun juga mentimun juga dapat besifat sebagai antioksidan alami yang dapat membantu mengeluarkan berbagai zat kimia dan juga racun dalam tubuh. Maka dari itu zat kimia atau kotoran pemicu jerawat pun akan terhindarkan.


Demikianlah tips cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang bisa dilakukan sekarang juga dan menjadikan kulit cantik pada tubuh menjadi bebas dari jerawat dan terjaga kebersihannya.

Referensi : https://review.bukalapak.com/c/beauty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *