cara menghilangkan ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat ( 100% Terbukti )

11 views

Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut yang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Dan yang membuatnya lebih terlihat mengganggu yaitu ketika kita memakai baju berwarna hitam, pastinya kita akan malu ketika orang lain melihat rambut kita ternyata berketombe.

Banyak orang yang menganggap bahwa ketombe berasal dari kurangnya seseorang menjaga kebersihan rambut. Selain itu ketombe banyak dianggap dipicu oleh masalah pada kulit kepala.

Banyak survey juga telah mengatakan bahwa ketombe adalah masalah umum yang dialami manusia dewasa. Karena menurut penelitian National Institute of Health mengatakan bahwa 5 dari 10 orang dewasa mengalami masalah ketombe di kepalanya.

 

Namun apakah kalian tahu bahwa ketombe berasal dari proses pengelupasan sel kulit yang tidak maksimal dan akhirnya sel kulit mati tersebut menumpuk dan akhirnya terbentuklah masalah ketombe pada kepala. Selain itu ketombe termasuk dalam penyakit kulit dengan nama lain dermatitis seboroik yang dimana rasa gatal yang muncul juga berasal dari jamur yang muncul pada area kulit dengan minyak berlebih.

Jamur tersebut sebenarnya tidak hanya muncul pada bagian kepala saja namun juga dapat muncul di daerah kuit berminyak lainnya. Dimana jamur ini mendapatkan makanan dari minyak menggunakan enzim yang nantinya menghasilkan asam oleic dan meresap kedalam kulit. Dan efeknya kulit yang terinfeksi akan memerah dan terasa gatal.

Ketombe juga bukan hanya membuat kulit kepala menjadi gatal, akan tetapi dapat membuat rambut rontok, karena kulit kepala menjadi tidak sehat dan juga akan mudah untuk patah. dan jika di biarkan terlalu lama maka ketontokan tersebut akan semakin parah.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Nah tapi kalian tak perlu khawatir jika masih sulit untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Berikut ini akan kami paparkan beberapa cara alami dan cepat untuk menghilangkan ketombe dari kepala kalian. Tentunya karena ini alami pastinya akan sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Berikut penjelasannya.

  1. Menggunakan air cuka

Air cuka biasanya dapat kalian temui di dapur untuk memasak makanan tentunya. Namun tahukah kalian jika cuka juga dapat menjadi penghilang ketombe alami. Seperti yang kalian tahu cuka merupakan bahan yang bersifat abrasif. Maka dari itu akan sangat mudah untuk kulit kepala yang berketombe terkelupas dan menjadi bersih. Gunakan cuka dengan takaran yang cukup kalian bisa gunakan dengan mencampurkannya dengan air hangat. Cukup gunakan 2 kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Manfaat Minyak zaitun untuk rambut atau olive ini pastinya sudah menjadi rahasia umum memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita. Dan berbagai produk pun telah menjadikannya sebagai bahan dasar. Walaupun di Indonesia jarang yang memproduksi minyak zaitun kalian tak usah khawatir karena minyak ini telah tersedia di berbagai tempat dan minimarket sekalipun. Dan minyak zaitun juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe dari kepala kita.

Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskannya di kulit kepala kalian lalu pijat lembut selama kurang lebih 5 menit. Lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk mempermudahnya perawatan ini dapat kalian lakukan sebelum kalian mandi.

  1. Menggunakan campuran jeruk nipis dan santan

Kalian pastinya sudah sering menemui produk perawatan rambut dengan bahan dasar kedua bahan ini. Dan hal tersebut memang benar jika jeruk nipis dan santan dapat menjaga kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Dimana santan yang juga memiliki kandungan minyak dan protein di dalamnya dapat membantu keseimbangan produksi minyak pada kulit kepala. Dimana salah satu penyebab ketombe adalah produksi minyak di kulit kepala yang terlalu banyak atau pun terlalu sedikit.

 

Nah perpaduan dari jeruk nipis dan santan akan sangat tepat untuk masalah ketombe kalian. Cara penggunaanya akan sangat mudah yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis dan santan lalu oleskan pada rambut, pastikan mengenai bagian kulit kepala. Lalu setelah dipijat dengan halus maka diamkan selama 20 menit agar meresap kedalam kulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air mengalir.

  1. Menggunakan baking soda

Kalian yang suka membuat kue pastinya tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Tetapi ternyata bahan yang satu ini dapat membantu kita menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Baking soda akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan akan menekan pertumbuhan jamur yang akan memicu gatal dan ketombe pada kulit kepala.

 

Cara penggunaanya juga sangatlah mudah. Cukup campurkan baking soda secukupnya dengan air hangat lalu aplikasikan pada kulit kepala. Dalam penggunaan baking soda jangan terlalu banyak atau pun terlalu sering karena baking soda akan sangat bersifat reaktif. Gunakan secukupnya secara rutin.

  1. Menggunakan jeruk lemon

Lemon memiliki manfaat yang hampir sama dengan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Lemon juga dapat membantu untuk menekan produksi minyak berlebih pada kepala dengan sangat efektif. Selain itu lemon juga tidak akan memberikan efek samping jika digunakan dalam ukuran yang banyak.

 

Ada dua cara untuk menggunakan lemon sebagai obat penghilang ketombe. Yang pertama yaitu dengan memotongnya menjadi bagian kecil lalu gosok pada kulit kepala. Lalu cara  berikutnya yaitu dengan memeras lemon hingga keluar sarinya lalu gunakan seperti shampo. Setelah itu diamkan selama 25 menit lalu bilas hingga bersih ketika mandi. Gunakan cara ini secara rutin hingga ketombe hilang.

  1. Menggunakan daun pandan

Kalian pastinya sudah tak asing lagi dengan tanaman hijau yang satu ini. Wanginya yang sangat khas biasanya kita menggunakannya untuk campuran masakan dan juga minuman. Tanaman ini juga sangat mudah kita temui bahkan untuk kita tanam di halaman rumah. Selain harumnya kandungan dalam daun pandan ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala kita. Maka dari itu daun pandan dapat menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menggunakan daun pandan untuk menghilangkan ketombe sangatlah mudah dan murah.  Cukup ambil beberapa lembar daun pandan lalu cuci hingga bersih. Setelah itu tumbuh halus hingga keluar sarinya. Ingat tumbuk, jangan menggunakan blender karena dengan blender sari dari daun andan tidak akan keluar maksimal. Lalu aplikasikan pada rambut dan pijat perlahan hingga terserap di kulit kepala. Setelah itu basuh kepala dengan air hangat hingga semua ampas daun hilang.

  1. Menggunakan lidah buaya

Pastinya kalian tidak asing lagi jika lidah buaya sering digunakan menjadi bahan perawat rambut dan juga kulit. Ternyata tidak hanya melebatkan rambut dan juga bisa membantu dalam pertumbuhan menjadi rambut panjang, nutrisi pada lidah buaya juga dapat membantun untuk menghilangkan ketombe pada kepala.

Caranya yaitu bersihkan sebatang lidah buaya sedang lalu kupas atau potong menjadi dua. Gosokan bagian daging yang berlendir pada bagian kulit kepala kalian. Diamkan kurang lebih 20 menit agar nutrisi terserap sempurna. Dimana nutrisi tersebut akan membantu memaksimalkan pergantian sel kulit mati agar tidak menumpuk dan menjadi ketombe. Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Gunakan cara tersebut secara rutin dan teratur. Namun selama penggunaan pastikan lidah buaya yang kalian gunakan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *