Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami dan Cepat

  • Whatsapp
cara menghilangkan kutu rambut dengan telurnya

Pada hakikatnya rambut merupakan mahkota bagi manusia. Pastinya banyak hal yang biasa kita lakukan untuk merawat serta menjaga kebersihannya bukan. Namun bagaimana jika rambut kalian ternyata menjadi sarang kutu. Pastinya sangat mengganggu dan juga mengurangi kenyamanan kita selama beraktivitas. Selain itu hal tersebut pastinya menjadikan kepercayaan diri kita menurun terlebih jika orang lain tahu bahwa rambut kita terdapat kutu yang hidup dan juga berkembang biak. Pastinya banyak orang yang menjadi enggan untuk mendekat.

Bagi kalian yang sebelumnya tidak memiliki  kutu lalu tiba-tiba terinfeksi kutu maka ada banyak hal yang kalian tanpa sadari menjadi penular kutu dari orang lain. Seperti berdekatan dengan orang yang memiliki kutu, meminjamkan barang pribadi kalian seperti sisir, dan penyebab-penyebab yang lain. Maka hindarilah hal-hal tersebut jika kalian tidak ingin tertular. Namun jika sudah terlanjur kalian tak usah khawatir.

Mungkin kalian sudah banyak obat pembasmi kutu yang dapat kalian beli dari apotek. Dan pastinya obat tersebut dapat dikatakan seperti pembasmi hama. Maka dikhawatirkan jika obat tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut kita karena pastinya obat tersebut sangat reaktif dan juga keras karena dapat membunuh kutu yang dikenal dapat hidup membandel.

Tetapi jangan khawati kali ini akan kami paparkan beberapa cara bagi kalian yang ingin terbebas kutu dengan cara yang alami dan juga cepat. Pastinya sangat efektif untuk membasmi kutu tak kalah denga obat yang banyak dijual. Berikut ini ulasannya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

  1. Sisir rambut dalam keadaan basah menggunakan sisir serit

Bagi kalian yang telah memiliki kutu wajib hukumnya untuk memiliki sisir yang satu ini. Pastinya sisi ini sejak jaman dahulu dikenal efektif untuk menghilangkan kutu pada rambut. Nah agar kutu yang hilang maksimal maka lakukan kegiatan menyisir ketika rambut kalian basah atau ketika setelah keramas. Hal tersebut karena ketika rambut kalian basah aktivitas dan juga keagresifan kutu akan menurun maka dari itu kecil kemungkinan kutu yang telah disisir akan kembali kerambut kalian.

Baca Juga : Cara mengatasi rambut Rontok

Selain itu keadaan rambut kalian yang basah akan mempermudah gerigi sisir yang sempit untuk bergerak membersihkan telur kutu yang menempel. Maka dari itu selama proses menyisir walaupun dengan menggunakan sisir serit rambut tidak akan terasa sakit.

Tetapi agar menyisir dapat dilakukan dengan nyaman dan juga lebih lama kalian juga dapat menggunakan conditioner untuk rambut setelah keramas.

Selain melembutkan conditioner juga dapat  menutrisi rambut yang sedang disisir. Walaupun tidak langsung membasmi seluruh kutu, kalian dapat menggunakan metode ini untuk menekan jumlah perkembangan kutu. Maka dari itu kalian dapat menggunakan cara ini diselingi dengan perawatan pembasmi kutu alami yang lainnya.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal masyarakat luas memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Banyak obat dan juga produk kecantikan dibuat dengan memanfaatkan minyak zaitun. Namun selain baik bagi tubuh minyak zaitun juga ternyata sangat efektif untuk memanjangkan rambut dan terutama untuk membasmi kutu yang bersarang pada rambut.

Cara kerjanya dimana yaitu karakteristik minyak yang kental akan mempersulit kutu untuk bernafas dan juga bergerak. Maka dari itu kutu akan mati dan juga berkurang dari rambut kita. Selama proses ini dilakukan minyak zaitun juga akan menutrisi rambut dan juga kulit kita setelah menjadi sarang kutu.

Maka dari itu selain membasmi kutu dan telurnya, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga akan membantu memulihkan kondisi rambut kita kembali. Tetapi karena kutu memang membandel kalian harus menggunakan metode ini dalam jangka waktu yang panjang seperti kalian ketika tidur di malam hari. Kalian dapat mengoleskan minyak zaitun secara merata lalu untuk kalian yang berambut panjang ikat lalu tutup rambut seperti membungkusnya selama kalian tidur.

Lalu pada pagi harinya kalian bersihkan rambut dengan keramas hingga bersih lalu sisir rambut dengan sisir serit agar kutu dan telurnya terangkat hingga rambut kalian bersih. Jika dirasa masih ada kutu yang tertinggal kalian dapat menggunakan metode ini beberapa kali karena cara ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

  1. Menggunakan mayones untuk masker rambut

Nah mungkin cara yang satu ini dirasa cukup unik. Karena biasanya saus mayones kalian makan namun kali ini kalian gunakan sebagai masker rambut kalian untuk mengilangkan kutu. Cara satu inilah yang sangat efektif untuk membasmi kutu terlebih telur-telurnya yang menempel pada tiap helai rambut. Pastinya jika kalian membasmi kutu tetapi tidak membasmi telurnya tentu akan sangat percuma.

Dimana pada dasarnya mayones adalah bahan yang memiliki kandungan dasar lemak alami maka hal tersebut yang dapat memberikan efektifitas membasmi kutu dan juga telurnya.

Cara pemakaiannya juga sama seperti minyak zaitun yaitu dengan menggunakannya sepanjang malam agar kutu dan telur mati. Lalu saat kalian bangun kalian bersihkan rambut dengan keramas menggunakan sampo tentunya setelah itu sisir hingga kutu dan juga telur bersih dari rambut kalian.

Jika dirasa masih terdapat kutu dan telur yang tertinggal kalian dapat mengulang metode ini setiap sekali seminggu. Tetapi perlu diperhatikan ketika kalian keramas bersihkan mayones pada kepala hingga benar-benar bersih.

  1. Menggunakan minyak piretrin

Mungkin ada beberapa dari kalian yang asing bahkan belum pernah mendengar jenis minyak yang satu ini. Minyak piretrin atau juga piretrin merupakan sejenis senyawa yang dihasilkan dengan melakukan proses ekstraksi pada bunga krisan.

Jika biasanya bunga ini mungkin dijadikan untuk mempercantik tempat atau dekorasi, ternyata bunga ini dapat membasmi kutu secara alami. Dimana kandungan dalam minyak yang satu ini tidak hanya menghambat pergerakan kutu tetapi juga bersifat sebagai insektisida alami atau pembasmi serangga alami. Maka dari itu minyak yang satu ini dirasa sesuai untuk membasmi kutu secara alami.

  1. Menggunakan pengering rambut atau hair dryer

Mungkin sudah tidak sedikit orang yang memiliki alat bantu yang satu ini. Terlebih untuk kalian yang tidak punya banyak waktu untuk sekedar mengeringkan rambut kalian setelah keramas. Pastinya alat ini bekerja mengeringkan air sisa keramas pada rambut dengan mengeluarkan udara panas.

Nah hal tersebut sangat efektif untuk membunuh kutu dan telurnya yang bergelantungan pada rambut. Dimana kutu dan juga telurnya akan mengering dengan sendirinya jika tepapar udara panas dari hair dryer. Tentunya cara ini harus kalian lakukan setelah keramas atau ketika rambut basah agar rambut tidak ikut mengering atau rusak.

Tetapi jika kalian habis menggunakan obat pembasmi kutu kimia maka hindari cara yang satu ini. Karena bukan tidak mungkin jika obat yang kalian oleskan itu menggunakan atau mengandung zat kimia yang mudah terbakar. Selain itu hawa panas pada hair dryer juga akan membuat kulit wajah yang terpapar menjadi kering maka disarankan setiap kalian menggunakan hair dryer kalian menggunakan pelembab kulit terlebih dahulu agar kulit kalian tidak rusak.

Related posts