Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Alami

  • Whatsapp
cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat

Mungkin kalian pernah merasakan betapanya sakitnya saat sakit gigi. Sakit gigi pastinya akan sangat mengganggu aktivitas orang yang mengalaminya. Banyak juga faktor yang menyebabkan orang sakit gigi. Gigi yang memiliki berbagai struktur dan tugasnya masing-masing pasti akan sangat terganggu ketika salah satu bagiannya mengalami rasa sakit. Karena rasa sakit gigi juga akan sulit untuk kita mengunyah makanan.

Dapat dikatakan bahwa sakit gigi itu dapat diartikan kondisi dimana rasa nyeri muncul pada gigi atau area di sekitar gigi dan gusi. Nyeri ini akan menjadi penanda dimana kondisi sedang mengalami sakit gigi. Keadaan paling parah yaitu nyeri akan terasa secara terus menerus dan berulang-ulang.

Read More

 

Biasanya yang memperburuk rasa nyeri ketika seseorang mengalami sakit gigi yaitu ketika penderita makan atau pun minum makanan atau minuman yang memiliki suhu yang terlau panas ataupun terlalu dingin hingga menyebabkan ngilu. Dan juga rasa sakit pada gigi akan semakin terasa ketika penderita berbaring pada waktu malam hari menjelang atau pun saat tidur. Sakit gigi juga dapat diiringi dengan sakit pada bagian rahang.

Selain itu juga tak jarang sesorang yang mengalami sakit gigi juga merasakan pusing, bengkak pada bagian sekitar gigi yang terasa sakit, rasa dan bau tidak sedap pada bagian gigi yang sakit, dan parahnya mengalami gejala demam. Asal datangnya rasa sakit pada gigi yaitu dimana pada pulpa gigi yang merupakan bagian terdalam pada struktur lapisan gigi yang terdiri dari saraf yang sangat sensitif dan juga pembuluh darah mengalamai peradangan atau pun terinfeksi.

 

Nah banyak hal yang akan mengakibatkan gigi mengalami peradangan dan akhirnya mengalami kondisi yang namanya sakit gigi. Penyebabnya seperti kondisi dimana permukaan gigi berlubang dan akan terjadi pembusukan pada gigi, lalu infeksi bakteri, proses penyusutan pada gusi, gigi retak, dan juga apa bila pernah menambalkan gigi lalu tambalan tersebut rusak. Namun keadaan tersebut sebaiknya tidak kalian anggap remeh karena jika tidak langsung obati maka sakit gigi bukan tidak mungkin akan menjalar kebagian lain atau akan semakin parah.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menghilangkan sakit gigi secara alami dan cepat. Berikut ini ada cara alami untuk menghilangkan rasa sakit sebelum kalian harus menemui dokter gigi untuk menyembuhkan rasa sakit dengan mudah. Berikut ulasannya.

  1. Berkumurlah menggunakan air garam

Ketika kalian mengalami sakit gigi pada situasi yang darurat hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yaitu berkumur menggunakan air garam. Tak perlu susah-susah untuk pergi ke laut untuk mengambil air garam, kalian cukup mencampurkan segelas air hangat dengan setengah sendok teh garam dapur yang ada di rumah. Setelah garam larut dengan air maka gunakan untuk berkumur maka beberapa menit kemudian rasa sakit gigi kalian akan terus berkurang.

Hal ini dikarenakan garam yang bersifat menjadi disinfektan alami. Selain itu ketika kita berkumur maka air garam akan membantu pelepasan sisa-sisa makanan yang tertempel pada gigi. Air garam hangat juga akan membantu penyembuhan luka dan peradangan pada gigi yang sakit.

  1. Menggunakan minyak cengkeh

Cara alami selanjutnya yaitu memanfaatkan kebaikan dari minyak cengkeh. Kalian dapat mendapatkan minyak cengkeh di apotek terdekat. Minyak cengekeh akan membantu meredakan nyeri pada gigi yang sakit pada sementara waktu. Minyak cengkeh juga akan membantu menyembuhkan peradangan pada gigi yang terinfeksi.

 

Kenapa minyak cengkeh dapat membantu meredakan sakit gigi? Hal ini dikarenakan kandungan eugenol yang bersifat sebagai antiseptik alami dan juga dapat bekerja sebagai seektitif benzocaine yang meredakan rasa sakit. Cara menggunakan minyak cengkeh yaitu dengan merendam kapas pada minyak cengkeh lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara rutin beberapa kali sehari sesuai anjuran

 

  1. Kompres menggunakan air dingin atau es

Seperti yang telah dibahas di awal tadi biasanya sakit gigi diiringi dengan bengkak pada area sekitar gigi yang sakit. Bahkan tidak hanya gusi yang bengkak, jika pada kondisi parah bagian wajah pun dapat ikut bengkak. Untuk mengatasinya kalian bisa mengompres pipi yang bengkak menggunakan air dingin atau pun es.

Suhu dingin akan membantu untuk memgecilkan aliran darah pada daerah yang sakit maka rasa sakit pun akan berkurang. Selain itu rasa dingin akan membangtu mengempeskan bengkak dan membantu menyembuhkan radang.

Caranya yaitu air dingin dapat dimasukan pada botol plastik atau es dapat dibungkus dengan handuk lalu tempelkan selama 20 menit.

  1. Oleskan dan minum olahan jahe

Kalian pasti tak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Jahe memiliki berbagai macam manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat untuk mengobati rasa sakit pada gigi.

Olahan jahe yang dapat kalian gunakan untuk mengobati rasa sakit gigi kalian yaitu air rebusan jahe, jahe yang diparut, atau yang paling praktis kalian dapat mengkonsumsi serbuk jahe yang dapat kalian beli di apotek. Kalian juga dapat menggunakan minyak jahe yang dapat kalian teteskan pada area gigi yang sakit.

  1. Kumur menggunakan rebusan daun jambu biji

Pastinya kalian sudah tahu jika daun jambu biji biasanya digunakan untuk mengobati diare. Namun sebenarnya daun jambu biji juga dapat menyembuhkan sakit pada gigi yang terinfeksi. Hal ini karena daun dari jambu biji berguna sebagai antibakteri yang dapat menjaga dan melindungi kesehatan mulut kita. Selain sebagai antibakteri daun jambu biji juga mengandung antiflamasi dan analgesi yang kuat.

 

Cara menggunakannya sangat mudah jika kalian menyukai buahnya bagian buahnya juga dapat mengobati sakit gigi, dan pada bagian daunnya kalian cukup rebus, lalu berkumurlah menggunakan air rebusannya

  1. Kumur dengan air lemon

Lemon yang memiliki berbagai maanfaat untuk kesehatan dapat kalian gunakan sebagai obat sakit gigi. Rasa asam pada lemon membantu untuk menyeimbangkan  pH pada mulut karena berfungsi sebagai alkali alami. Selain sebagai alkali, kandungan pada air lemon juga sabagai antibakteri yang akan membunuh bakteri yang menginfeksi gigi.

 

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan air perasan 1 buah lemon dengan segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur 3 kali sehari setelah kalian sikat gigi, jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin.

 

Nah itu semua merupakan cara alami bagi kalian yang ingin menghilakan rasa sakit pada gigi. Jika beberapa cara tersebut berhasil menyebuhkan rasa sakit pada gigi maka setalah itu jangan malas untuk selalu merawat kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Namun lebih baik setelah menggunakan beberapa cara tersebut kalian tetap memeriksakannya pada dokter gigi untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi kalian. Karena bukan tidak mungkin walaupun rasa sakit kalian hilang namun gigi kalian tetap memerlukan perawatan yang lebih lanjut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts