Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita Dan Pria Agar Cepat Hamil

  • Whatsapp
cara menghitung masa subur

Masa subur mungkin merupakan hal yang belum diketahui banyak orang. Dimana di masa ini tubuh manusia memiliki produktifitas yang meningkat terutama pada sistem reproduksi. Masa subur sangat penting untuk kamus yang menginginkan atau sedang menjalani program untuk memiliki anak. Karena ada sebagian orang yang memerlukan program khusus untuk mendapat momongan maka masa subur adalah hal penting untuk perhatikan dan untuk dipahami. Dimasa ini juga kemungkinan untuk mendapat momongan akan meningkat.

 

Read More

Masa subur sendiri bukan hanya isapan jempol semata, tetapi dimasa ini kemungkinan mendapatkan anak sangat besar dikarenakan kondisi ovum atau sel telur dan spērma yang berada pada puncaknya atau bisa dikatakan sedang matang-matangnya.

 

Maka dalam waktu ini keduanya sudah siap untuk mengalami proses pembuahan. Jadi akan sangat dianjurkan untuk melakukan program kehamilan dalam masa ini. Sekarang ini sudah banyak cara untuk mengetahui masa subur. Nah berikut ini kami akan mengulas mengenai cara menghitung masa subur yang mudah untuk dipahami.

Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita

Yang pertama yang akan kita bahas adalah masa subur pada wanita. Dimana ketika kita membahas mengenai masa subur itu sendiri yang dapat menghitungnya dengan banyak cara. Berikut ini beberapa cara untuk menghitung masa subur wanita.

  1. Berdasarkan kalender

Nah cara menghitung masa subur yang satu ini mungkin banyak disarankan karena berdasarkan waktu setiap bulanya dan dapat dihitung secara aktual. Dengan menghitung melalui cara yang satu ini kamu dapat mengetahui masa pra subur dan juga masa subur yang akan kalian lalui.

Ada beberapa penelitian yang di ungkapkan oleh US Department of Health and Human Services dari hss.gov , bahwa salah satu penyebab tidak suburnya kandugan disebabkan oleh Ovulasi atau biasa di sebut ketidak normalan dalam atau tidak lengkap berdasarkan masa periode haid.

Kalian dapat mengetahui masa subur (hari terakhir dengan rumus ini)

Masa subur = menstruasi + 13 hari

Dan juga dapat mengetahui masa pra subur dengan rumus ini

Masa pra subur = masa subur + 3 dan masa subur – 3

  1. Berdasarkan waktu setelah haid

Banyak cara untuk menghitung masa subur itu sendiri salah satunya dengan masa menstruasi yang pastinya dilalui setiap wanita. Nah hal ini dapat dirasa menjadi cara yang spesifik untuk setiap wanita karena banyak wanita yang mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda. dan kamu bisa membaca dari artikel lainnya tentang cara menghitung Siklus Menstruasi dihalaman lainnya.

Pada cara penghitungan ini akan terbagi menjadi 2 yaitu siklus haid teratur dan siklus haid tidak teratur. Untuk kalian yang memiliki siklus haid teratur cara menghitungnya yaitu jadikan waktu haid pertama menjadi hari ke 1. Setelah itu akan mendapatkan masa subur pada hari ke 12 hingga 16 jadi rata-rata masa subur berlangsung selama 4 hari. Untuk contohnya ketika kamu yang mengalami menstruasi hari pertama pada tanggal 10 Juli maka kalian akan mendapatkan masa subur 21 Juli hingga 25 Juli.

Kemudian untuk kamu yang sering mengalami siklus haid tidak teratur pastinya tidak akan memiliki waktu awal menstruasi yang stabil. Bagi yang mengalami siklus tersebut perlu mencatat jumlah hari masa menstruasi selama 6 bulan. Nah setelah  mencatatnya dapat menghitung masa subur dari mengenghitung masa haid dari jumlah yang terpendek dari 6 kali masa menstruasi tersebut kemudian cukup kali kurangi 18.

 

  1. Berdasarkan suhu tubuh

Cara selanjutnya tentunya sangat mudah untuk dilakukan dan kamu hanya perlu menyiapkan pengukur suhu tubuh. Dimana kamu perlu mengamati perubahan suhu tubuh. Suhu yang ukur adalah suhu ketika pagi hari. Rata-rata wanita akan memiliki suhu tubuh antara 35,5 sampai 36,5 derajat Celcius. Nah ketika memiliki suhu yang lebih tinggi 1 hingga 2 derajat di atas suhu rata-rata tersebut maka kamu sedang mengalami masa ovulasi 1 hingga 2 hari terakhir.

Nah untuk mendukung faktor suhu tersebut dapat mengamati faktor pendukung lain. Biasanya wanita yang sedang mengalami masa ovulasi sering mengalami nyeri pada perut dan juga punggung. Selain itu wanita akan lebih bergairah untuk melakukan hubungan suami istri dan juga lebih bersemangat untuk bersosialisasi dengan yang lain.

  1. Berdasarkan Test Pack

Nah tentunya pada cara yang satu ini perlu memiliki test pack terlebih dahulu. Berdasarkan cara menghitung masa subur yang satu ini dapat mengetahuinya secara akurat. Nah untuk wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur akan lebih disarankan untuk menggunakan cara yang satu ini. Kamu tak perlu ragu untuk menggunakan test pack untuk menghitung masa subur karena dengan cara ini kamu akan mendapat hasil 95% akurat.

Kamu hanya perlu memasukan air seni ana dalam wadah kecil kemudian  masukan ujung test pack, tunggu setelah 5 menit jika hasilnya (+) maka kalian sedang berada masa subur. Dan jika (–) maka berada dalam masa yang kurang subur.

Cara Menghitung Massa Subur PadaPria

Nah selanjutnya kita akan mengulas cara mengetahui masa subur pada pria. Mungkin banyak dari yang kurang tahu jika pria juga memiliki masa subur seperti yang dialami wanita juga. Tetapi masa subur pada pria perlu diketahui dimana kualitas spërma dalam kondisi baik dan dalam jumlah yang cukup. Jadi berdasarkan hal tersebut kita akan mengetahui masa subur pria berdasarkan kuantitas spërma itu sendiri. Berikut ulasannya.

  1. Berdasarkan kuantitas spërma

Ketika para pria mengalami satu kali ejakulasi maka jumlahnya akan sangat mempengaruhi program kehamilan yang sedang dilakukan. Dalam kondisi normal atau ideal spërma pria berjumlah 15 juta sel setiap mililiternya. Nah jika jumlahnya tidak terbilang cukup maka bukan tidak mungkin kemungkinan pembuahan yang terjadi pada wanita akan ikut menurun.

  1. Berdasarkan struktur spërma

Kamu mungkin sudah tahu jika bentuk dari spërma itu sendiri adalah dari obal dan dengan ekor panjang. Nah sebenarnya struktur tersebut bukan tanpa manfaat, tetapi struktur spērma sendiri akan membantu memudahkan gerakan dari spērma agar dapat menuju ke sel telur pada dalam tubuh wanita. Maka dari itu bentuk dari spērma itu sendiri akan sangat berpengaruh dalam menyukseskan program kehamilan.

  1. Berdasarkan gerakan spērma

Bagaimana pergerakan dari spērma itu sendiri dapat menjadi syarat apakah kalian dalam masa subur atau tidak. Karena spērma yang baik akan memiliki struktur yang sempurna dan dapat membantu pergerakan spērma ke sel telur. Setelah terjadinya ej4kulasi spērma sendiri akan terus hidup dan berenang melalui leher rahim, rahim, kemudian ke saluran tuba. Untuk pembuahan yang berhasil maka sel spērma harus mempunyai pergerakan yang baik sebanyak 40 persen dari total ej4kulasi.

Nah tentunya bukan hal yang mudah untuk mengetahui masa subur pada pria karena mengharuskan kita menganalisis spērma yang tentunya tidak dapat kita lakuakan tanpa alat. Tetapi untuk kalian para pria yang ingin memiliki masa subur bukan tidak mungkin untuk mengusahakannya. Banyak faktor yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas spērma seperti olahraga, gaya hidup, dan juga suhu badan yang akan mendukung kualitas dan kuantitas spērma itu sendiri.

 

Related posts