Cara Mengurangi Minyak Yang Berlebih Di Wajah Agar terlihat Cerah

  • Whatsapp
cara mengurangi wajah bermiinyak

Memiliki wajah berminyak memang sangat tidak menyenangkan. Karena bila ceroboh jarang membersihkan muka bisa dipastikan jerawat mudah sekali datang. Belum lagi faktor lain sebagai pemicunya.

Wajah berminyak cenderung mengeluarkan keringat. Apalagi jika melakukan aktifitas di luar ruangan, terkena terik matahari, debu dan asap juga kotoran makin memperparah keadaan. Selain itu kulit juga cepat lengket.

Cara Mengurangi Minyak Yang Berlebih Di Wajah

Mengurangi minyak di wajah, syaratnya hanya satu hindari faktor pencetus terjadinya kulit berminyak. Kemudian cari solusi tepat dalam mengatasinya. Adapun hal yang perlu diperhatikan demi dapat mengurangi minyak di wajah yaitu :

  • Teratur Membersihkan Wajah

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, membersihkan wajah memang harus dilakukan. Namun intensitasnya juga perlu diperhatikan. Tidak boleh terlalu sering dan jangan pula menggosok kulit wajah saat dibersihkan. Idealnya pagi dan sore serta malam menjelang tidur. Kulit yang sering terkena cairan atau bahan pembersih itu tidak baik. Lama-lama bisa kering, dan memicu produksi sebum dalam jumlah besar pemicu terjadinya jerawat.

  • Memakai Produk Pembersih Yang Tepat

Kulit berminyak memerlukan produk pembersih yang tepat, sebab jika salah pemakaian kulit menjadi kering atau lebih fatal lagi memimbulkan iritasi.

  • Bersihkan Wajah Usai Memakai Make Up

Baik sebelum atau setelah memakai make up, wajah harus selalu dibersihkan. Jangan sampai meninggalkan bekas atau sisa yang pernah dipakai sebelumnya. Tujuannya supaya kulit tetap sehat serta tidak memancing bakteri datang bersarang.

  • Selalu Menggunakan Air Hangat

Air hangat membuka pori-pori kulit menjadi lebar, sehingga akan membersihkannya dari minyak, akibatnya minyak tersebut berkurang secara signifikan. Namun pastikan untuk membasuhnya kembali dengan air dingin setelahnya, supaya kondisi kulit menjadi normal kembali.

  • Selektif Memilih Produk Kosmetik

Ini untuk urusan : Pelembap, bedak, dan sebagainya. Pemilihan kosmetik yang tidak sesuai akan menimbulkan dampak kurang baik di kulit. Jangan tergiur produk mahal pasti memiliki kualitas yang sama bagus. Tapi pilih yang cocok dan membuat nyaman di kulit saat dikenakan.

  • Pakai Tabir Surya Dan Payung

Bila beraktifitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya di wajah. Pemakaiannya usai memoles pelembap. Serta bawalah selalu payung untuk melindungi muka dari sengatan matahari. Sebab sinar ultraviolet berpontensi besar merusak kulit wajah.

  • Hindari Ruangan Berpendingin

Ruangan berpendingin sebenarnya tidak cocok untuk tipe kulit apapun. Tapi jika profesi Anda memang berada di ruangan demikian, dapat diantisipasi dengan mengoleskan pelembab setiap hari, supaya kulit tidak menjadi kering.

  • Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti : Aneka kacang-kacangan, santan kelapa, gorengan seharusnya kalau bisa harus dihindari. Karena camilan itu pemicu terjadinya produksi minyak secara berlebih di kulit, sehingga menjadikan wajah berminyak.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih terbukti mampu mendetoksifikasi racun yang ada di tubuh secara alami, begitu pula yang terjadi pada tubuh yang cenderung berminyak. Di samping itu dapat membuat cerah kulit, tidak mudah kusam dan selalu sehat.

  • Rajin Olahraga

Olahraga juga terbukti dapat menjaga kebugaran tubuh dan mencerahkan kulit sekitar wajah. Lakukan rutin untuk mendapatkan wajah sehat dan terawat.

  • Hindari Stres

Stres sangat berpengaruh besar pada kesehatan, terutama pada wajah seseorang. Menjadi kusam tidak bercahaya, serta memicu terjadinya minyak berlebih pada kulit.

Related posts