Cara Merawat Bekas Jerawat Di Wajah Agar Cepat Hilang

  • Whatsapp
cara merawat bekas jerawat

Jerawat adalah bisul kecil yang terdapat wajah dan menyumbat pori-pori. Pada tahap ringan hanya berisi lemak jika dipencet. Berbahaya jika menimbulkan kantung nanah dan peradangan. Tergolong penyakit kulit, berpotensi merusak penampilan seseorang, sebab bekas yang ditimbulkan pada umumnya berwarna hitam.

Jerawat sendiri terbagi menjadi 3 tipe yaitu : jerawat batu, jerawat biasa dan juga komedo. Ada banyak faktor penyebab terjadinya jerawat, salah satu di antaranya kurang menjaga kebersihan kulit wajah dan ceroboh dalam mengonsumi makanan. Banyak mengadung lemak sebaiknya harus dihindari.

Read More

 

Bekas jerawat biasanya membentuk semacam flek yang berwarna hitam. Sebenarnya ada banyak cara merawat luka bekas jerawat. Terbagi dalam tiga cara. Anda dapat memilihnya, dan berikut uraiannya.

1. Merawat Dengan Cara Alami

Cara ini banyak dipilih oleh sebagian orang, sebab tergolong alami dan tidak menimbulkan efek samping. Bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan ramuan herbal, misalnya :

  • Madu dan telur

Madu memiliki zat dapat melembutkan kulit, sedang telur diperkaya dengan vitamin. Untuk telur sebenarnya semua berguna baik kuning maupun putihnya. Namun khusus merawat jerawat bagian putih yang diambil, sebab kuningnya bersifat melembabkan, sedang kulit yang berjerawat cenderung sudah lembab. Cara menggunakan : Dicampur menjadi satu dan dijadikan masker di wajah. Ditempelkan pada waktu malam hari menjelang tidur, keesokan harinya baru dibersihkan. Dilakukan secara rutin dan terus menerus sampai flek hitam hilang.

  • Jel lidah buaya

Tananam lidah buaya atau aloevera dipercaya juga dapat membantu mengilangkan bekas jerawat, di samping dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Caranya : Ambil bagian jel, kemudian digosokkan ke bagian yang pernah terluka. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari dan secara rutin hingga sembuh.

 

  • Air jeruk nipis

Selain dapat dimanfaatkan untuk kuliner dan obat herbal, jeruk nipis ternyata diyakini juga ampuh dapat menyembuhkan bekas jerawat. Caranya : Potong buah jeruk nipis gosokkan ke wajah hingga keluar air jeruknya. Pijat dengan halus lalu diamkan selama sekitar duapuluh menit, kemudian dibilas dengan air bersih. Memang sedikit menimbulkan rasa perih di kulit akibat air jeruk tadi. Tapi bila teratur memakai bekas jerawat nanti lama-lama akan hilang.

 

  • Bawang putih

Di samping digunakan untuk bumbu dapur, bawang putih juga bisa menyembuhkan luka bekas jerawat meski sedikit berbau. Caranya : Haluskan dua atau tiga siung bawang putih, lalu dioleskan ke wajah. Kerjakan secara konsisten.

  • Tomat

Caranya : Ambil dua buah tomat yang masih matang mengkal diblender tanpa air, lalu oleskan ke wajah, diamkan selama duapuluh menit kemudian bilas dengan air bersih.

  • Es batu

Caranya : Cucilah wajah terlebih dahulu, kemudian tempelkan sebongkah es batu. Lakukan gerakan memutar pada bekas jerawat selama duapuluh menit, sehari 2 sampai 4 kali hingga sembuh.

 

2. Menggunakan Lotion Jerawat

Tentunya lotion ini dijual di pasaran secara bebas. Namun berhati-hatilah saat membeli. Obat tersebut dipakai pada wajah yang sudah dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu sebelum pemakaian sebaiknya wajah memang harus benar-benar bersih.

 

3. Ke dokter kecantikan kulit

Bila dua cara di atas masih belum sanggup mengobati, Anda dapat pergi ke dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut. Pilihlah yang berkompeten, jangan asal konsultasi. Perawatan ini terbilang cukup mahal tapi terjamin.

Nah, penjelasan di atas tentang cara merawat bekas jerawat agar cepat hilang dan tidak berbekas dan tidak menjadikan flek di sekitar wajah yang bisa anda coba di terapkan dirumah dengan menggunakan bahan yang alami yang bisa dilakukan dirumah dengan mudah.

Related posts