Ciri-Ciri Orang Hamil Yang Wajib Perempuan Dan Pria Ketahui

  • Whatsapp
ciri ciri orang hamil

Ciri ciri orang hamil – Bagi seluruh pasangan yang ada di dunia ini tak akan  diragukan lagi pasti menginginkan sosok buah hati sebagai pelengkap keluarga. Sebelum kelahiran seorang anak pastinya sang ibu akan mengalami proses kehamilan yang membutuhkan waktu yang cukup panjang dan juga bertaruh dengan nyawa.

Dalam bahasa sains kehamilan dapat diartikan dengan dimana seorang wanita membawa embrio atau juga disebut feyus di dalam rahimnya. Dan kehamilan juga dapat diartikan sebagai suatu massa dimana dengan dimulainya pembuahan antara sperma dari laki-laki dan sel telur dari perempuan dan nantinya akan berakhir dengan permulaan persalinan.

Read More

Lamanya seorang ibu mengandung rata-rata berkisar selama 9 bulan 10 hari. Selama mengandung pun banyak mengalami berbagai perubahan fisik dan juga mental. Kehamilan biasanya terjadi selama kurang lebih satu bulan lebih sepuluh hari dari antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran atau terhitung tiga puluh delapan minggu dari jarak pembuahan.

Medis menyebut wanita hamil dengan sebutan gravida. Sedangkan manusia yang terbentuk di dalamnya dengan sebutan embrio pada massa awal kehamilan dan janin ketikan sampai kelahiran. Pada umunya kehamilan dikenal terbagi menjadi tiga periode triwulan atau masing-masing periode selama 3 bulan oleh masyarakat luas. Hal tersebut dimanfaatkan sebagai cara memudahkan tahap pembeda dari perkembangan sang janin. Hal tersebut karena setiap periode memiliki resiko yang berbeda-beda.

Namun untuk meminimalisir semua resiko tersebut pastinya kita diharuskan mengetahui tanda-tanda kehamilan agar kita tahu apakah orang tersebut telah hamil atau pun tidak. Berikut ini akan kita ulas mengenai ciri-ciri orang hamil yang mungkin beberapa diantaranya belum kamu ketahui sebelumnya.

Ciri Ciri Orang Hamil Yang Wajib Diketahui

  1. Gejala mual dan muntah

Nah pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan satu gejala ini. Bahkan jika kamu sering melihat drama ataupun sinetron pada telivisi pastinya yang pertama tokoh akan berakting mual-mual lalu muntah. Dan gejala ini bukan di adegan sinetron saja. Biasanya orang yang mengalami kehamilan akan merasakan mual yang sering lalu akan muntah.

Terjadinya mual dan muntah dikarenakan perubahan pada kadar esterogen yang semakin menurun pada tubuh wanita yang mulai hamil dan dari hal tersebut akan mengganggu proses pencernaan. Lalu akibatnya lagi otot-otot yang bekerja pada bagian pencernaan akan melemah dan setelah itu efeknya lagi akan meningkatkan kadar asam lambung.

Biasanya wanita yang merasakan mual dan muntah akan langsung mengetes kondisinya melalui testpack atau pun langsung kepada dokter yang ahli. Namun tidak selalu mual dan muntah terjadi karena wanita sedang mengalami kehamilan. Hal tersebut juga dapat disebabkan karena tubuh yang kurang sehat dan juga masalah pencernaan khususnya pada organ lambung.

Pada wanita hamil biasanya mual dan muntah akan dialami ketika pagi hari dan sering disebut dengan morning sickness pada waktu minggu keempat hingga minggu kedua belas massa kehamilan. Untuk mengurangi rasa mual dan muntah dengan aman ibu hamil dapat mengurangi porsi makan namun lebih sering. Selain itu juga perhatikan makanan yang dikonsumsi, dan juga biasakan untuk duduk terlebih dahulu ketika bangun tidur.

  1. Sakit pada bagian perut

Kemudian gejala selanjutnya yaitu wanita hamil akan mengalami perih atau nyeri pada perut. Hal ini dikarenakan gangguan pada bagian pencernaan dan juga gas dalam lambung yang terus meningkat dan menekan bagian perut.

Hal ini dapat terjadi karena bagian rahim yang terus mengembang dan terus mendesak otot abdomen dan juga menekan organ lambung. Lebih baik jika gejala yang satu ini terus berlanjut maka langsung periksakan pada dokter atau pun bidan. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi sebelum sang ibu hamil akan terganggu kesehatannya.

  1. Heartburn atau rasa terbakar pada dada

Wanita hamil akan merasakan seperti sensasi terbakar pada bagian dada dan juga pada bagian kerongkongan, hal tersebut sering dikenal dengan istilah heartburn. Hal ini terjadi juga disebabkan karena  menurunnya kadar esterogen pada tubuh ibu hamil.  Lalu hal tersebut mengakibatkan katuo yang menjadi sekat antara kerongkongan dan juga lambung menjadi terbuka. Karena hal tersebut asam yang diproduksi dalam lambung untuk mencerna makanan akan mengalir sampai ke kerongkongan dan mengakibatkan seperti rasa terbakar.

Hal tersebut pastinya akan kurang nyaman bagi ibu hamil. Untuk mengurangi gejala tersebut ibu hamil dianjurkan untuk mengurangi porsi makan namun makanan yang dikonsumsi harus tetap bergizi. Dan juga hindari makan pada waktu sebelum tidur.

Bagi ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang memiliki rasa pedas, asam, dan mengandung banyak minyak karena zat yang ada di dalamnya akan memicu lambung memproduksi asam semakin banyak. Namun lebih baik jika gejala heatburn ini terus berlanjut maka konsultasikan pada dokter atau pun bidan Anda.

Ingin mendapatkan anak perempuan, laki-laki hingga anak kembar ? ikuti tips cara membuat anak pada link tersebut .

  4.  Biasa mengalami kontipasi

kontipasi ibu hamil

Gejala ini yaitu dimana keadaan pencernaan tidak berjalan normal dan feses atau kotoran menjadi keras sehingga akan mengalami susah buang air besar. Hal itulah yang dinamakan konstipasi. Gejala ini terjadi karena hormone yang ada pada masa kehamilan yang menjadi penyebab organ pada bagian usus besar mengalami gangguan dan akan memperlambat proses pencernaan yaitu pengeluaran feses dalam tubuh.

Jika gejala yang satu ini dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan tubuh akan menimbun hemoroid atau sebuah penyakit yang sering dikenal dengan nama wasir yaitu gejalanya ditandai dengan buang air besar yang bercampur dengan darah.

Untuk menghindarinya lebih baik untuk ibu hamil mengkonsumsi buah dan juga sayur yang mengandung banyak serat yang baik untuk memperlancar buang air besar. Lalu perbanyak juga minum cairan khususnya air putih dan juga jus.

Namun penting bagi ibu hamil ketika mengalami sulilt buang air besar untuk menghindari obat pemicu buang air besar karena ada beberapa produk yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk ketentuan lebih lanjut dapat Anda konsultasikan dengan dokter atau pun bidan Anda.

 5. Sering mengalami diare

Nah gejala yang berikutnya berbanding terbalik dengan gejala sebelumnya. Tak hanya susah buang air besar diare juga dapat menjadi ciri bagi wanita yang sedang hamil. Biasanya penderita diare pada umumnya mengalami kondisi dimana tubuh akan mengeluarkan zat sisa berupa fases yang berwujud cair (berbeda dari biasanya) dan kondisi ini disebabkan karena masuknya bakteri dalam sistem pencernaan di dalam tubuh.

Lihat Juga : Ciri-ciri hamil anak perempuan dan Laki-laki

Namun keadaan tersebut berbeda dengan diare yang dialami wanita yang sedang hamil. Diare yang menjadi ciri wanita hamil disebabkan karena adanya otot saluran penceraan yang ada dalam bagian usus besar mengalami kehilangan fungsinya untuk menyerap cairan yang juga disebabkan oleh perubahan hormon seperti gejala-gejala sebelumnya.

Parahnya jika kondisi ini terus menerus dibiarkan maka akan menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh yang akan berdampak sangat bahaya bagi ibu hamil dan juga sang janin tentunya. Maka jika diketahui sang ibu hamil mengalami kondisi ini maka lebih baik untuk langsung ditangani untuk meredakan diare.

Beberapa cara untuk memperingan diare yaitu dengan banyak mengkonsumsi air untuk menggantikan cairan yang hilang dan juga perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat. Jika keadaan tidak kunjung membaik maka langsung bawa sang ibu hamil ke dokter atau pun bidan terdekat.

  1. Mudah sekali tersinggung

Seperti yang sudah kita sebutkan pada pembukaan tadi. Perubahan ciri pada sang ibu hamil tak hanya terjadi pada fisik saja namun juga dapat terjadi pada mental seorang ibu hamil. Dapat diketahui jika sang ibu hamil akan mudah tersinggung selama proses kehamilan dibandingkan sebelum kehamilan. Hal ini juga dikarenakan pengaruh perubahan hormone yang juga berdampak pada ciri-ciri yang lain tadi.

Kadar hormone progesterone di dalam tubuh yang tidak stabil dan terus naik turun akan menjadi pemicu otak untuk menghasilkan senyawa kimia yang akan mengakibatkan seseorang mengalami stress. Ciri yang satu ini sangat mirip dengan gejala ketika seorang wanita mengalami stress ketika masa menstruasi. Yang dimana wanita akan cenderung lebih sensitif dan dangat mudah tersinggung dengan perkataan orang lain. Berbagai survey juga telah menjelaskan bahwa sebagian besar wanita hamil akan mengalami kondisi stress dan juga depresi.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi ciri yang satu ini yaitu dengan mengkonsultasikannya ke dokter karena kondisi stress dan depresi yang berkepanjangan akan berdampak buruk bagi sang janin nantinya.

  1. Mulut akan menjadi sering asam

Wanita yang sedang mengalami proses kehamilan akan merasakan mulutnya terasa lebih asam dari sebelum-sebelumnya. Hal ini dikarenakan hormon esterogen tubuh yang terus menurun dan akan berdampak mengurangi fungsi kepekaan dari indra pengecap yaitu lidah. Bahkan ketika makan sekali pun cita rasa yang dirasakan ibu hamil akan berbeda dengan keadaan normal. Hal ini juga yang akan menurunkan nafsu makan pada ibu hamil.

Karena kondisi ini juga wanita akan cenderung ingin memakan makanan asam dan juga manis yang dapat berupa buah-buahan muda, hal inilah yang disebut dengan ngidam oleh masyarakat luas. Cara mengatasi hal ini sangatlah enak dan mudah, bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air yang banyak dan juga buah yang mengandung banyak kandungan air di dalamnya seperti semangka dan juga melon.

  1. Buang gas dan bersendawa terlalu sering

Seperti yang sudah banyak dijelaskan sebelumnya, ketika seorang wanita telah mengalami masa kehamilannya pastinya banyak terjadi perubahan keseimbangan pada tubuhnya.

Salah satunya kadar hormon yang akan memperngaruhi proses pencernaan, dan akibatnya fungsi pada beberapa organ tidak akan berjalan lancar. Seperti lambung yang merupakan salah satu organ penting pda proses pencernaan yang akhirnya dapat memproduksi gas yang berlebih. Dan hal tersebut akan menimbulkan rasa begah bahkan hingga sakit pada lambung.

Gas tersebut sebagai bentuk hasil sisa proses pencernaan yang biasanya secara normal akan keluar melalui mulut dan juga anus secara berkala. Namun pada wanita hamil hal tersebut akan terjadi dengan intensif waktu yang terlalu sering hal tersebut dapat dijadikan ciri dari wanita yang sedang hamil. Namun tentunya wanita yang tidak hamil pun dapat mengalami kondisi ini jika gas dalam tubuh terlalu berlebih, namun ciri ini dapat menjadi faktor pendukung dari ciri yang lain yang telah nampak pada ibu hamil. Untuk meredakannya lebih baik untuk ditangani secara langsung oleh dokter atau pun bidan karena salah mengobati akan berakibat fatal bagi kehamilannya.

  1. Otot mengalami pegal-pegal dalam kurun waktu yang lama

Dalam masa kehamilan ibu hamil akan mengalami kondisi yang dinamakan pegal pada otot. Hal ini disebabkan adanya hormone progesteron yang dihasilkan tubuh dengan kadar tinggi selama masa kehamilan. Ketika tubuh memiliki kadar hormone progesterone yang tinggi maka dampaknya proses metabolisme pada tubuh akan melambat dan juga akan mengurangi nilai asupan energi. Hal tersebut akan mengakibatkan tingginya kadar asam laktat pada tubuh yang berefek rasa pegal pada tubuh.

  1. Perut yang membuncit

Pastinya ciri yang satu ini menjadi bagian yang sangat penting bagi ciri wanita yang sedang mengalami masa kehamilan. Namun taukah kalia jika perut buncit pada wanita hamil sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh berkembangnya embrio pada rahim saja.

Gas sisa pencernaan yang terkumpu dan juga menumpuk dalam perut wanita yang mengandung akan semakin memperbesar ukuran perut. Serta karena hal ini juga wanita yangsedang mengalami masa kehamilan akan sering mengeluarkan suara perut keroncongan seperti orang yang lapar. Ciri ini pastinya sangat tidak nyaman bagi ibu hamil karena perut akan terasa tertekan karena seluruh gas yang berkumpul pada bagian perut khususnya organ pencernaan.

Untuk mengatasi ciri yang satu ini sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang memicu produksi gas pada lambung seperti sayur kubis, minuman soda, dan juga produk makanan dan juga minuman yang mengandung kadar kafein di dalamnya.

Nah itu adalah 10 ciri yang dapat kamu identifikasi dan temukan pada wanita hamil. Semua ciri tersebut adalah ciri normal dan umum untuk diketahui. Namun juga tak semua wanita hamil memiliki kesepuluh ciri tersebut. Pastinya sebagian besar dari gejala tersebut sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari namun untuk meminimalisirnya dapat lakukan dengan mengatur pola makan yang cukup dan juga bergizi tinggi, rutin berolahraga ringan bagi ibu hamil, dan juga istirahat yang cukup.

Dan juga sebaiknya kalian tidak meremehkan gejala-gejala tersebut karena jika tidak segera ditangani hal tersebut akan menjadi serius dan akan berdampak pada ibu yang hamil dan juga sang bayi pada rahim. Namun lebih baik jika semua gejala tersebut rutin Anda konsultasikan dengan dokter dan juga bidan yang ahli. Dengan menjaga kesehatan kehamilan dari awal pastinya akan berdampak besar bagi masa kehamilan selanjutnya. Karena semakin dini untuk menjaga dan merawat maka akan semakin baik. Semua hal tersebut dilakukan agar pada akhirnya sang janin lahir di dunia ini dengan kondisi yang sehat.

Pastinya itu adalah harapan semua pasangan yang ingin memiliki momongan. Maka dari itu penting untuk kalian terus memantau kesehatan dan juga gaya hidup selama proses kehamilan. Hal tersebut juga tidak hanya berdampak bagi sang janin saja, kesehatan sang ibu hamil juga harus dijadikan prioritas kesehatan kehamilan. Yang terpenting yaitu untuk selalui ikuti prosedur kesehatan kehamilan yang terpercaya dan juga konsultasi pada dokter dan bidan secara rutin.

 11. Sering Buang Air kecil

Ciri ciri orang hamil biasanya akan membuatnya merasa selalu ingin buang air atau Anyang anyangan ibu hamil seperti yang di ungkap oleh american pregnancy Associaty   Urinary Tract Infection During Pregnancy, padahal hal ketika melakukan buang air keluarnya sedikit.

Kandungan yang terdapat pada ibu hamil akan menekan bagian kantung kemih, dengan mengekannya kandungan tersebut pada kantung kemih, maka hal tersebut akan membuat seseorang ingin melakukan buang air.

Namun, perlu untuk diperhatikan ketika ibur hamil sering buang air kecil karena kondisi tersebut, maka sebaiknya cukupi kebutuhan air secukupnya, agar terhindar dari dehidrasi karenanya.

Nah, itulah beberapa ciri ciri orang hamil yang penting wanita ketahui. Dan penting bagi ibu hamil untuk peka terhadap perubahan dan juga kejanggalan yang ada selama proses kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui ciri kehamilan seseorang. Dan jangan lupa untuk tetap sehat.

Related posts