Dear Habib Rizieq, bentuk tim khusus purnawirawan TNI dan jaga narasi sikap!

  • Whatsapp

Berbagai upaya yang dinilai mengganggu eksistensi Habib Rizieq Syihab terus terjadi. Mulai dari rencana kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam itu sampai terkini soal penurunan baliho yang dilakukan unsur purnawirawan TNI. Nah soal ini, pengamat politik berpandangan narasi dan sikap Habib Rizieq perlu dijaga, perlu juga bentuk tim khusus Habib Rizieq salah satunya dari unsur TNI.

Atas berbagaiserangan itu, pendukung Habib Rizieq lakukan perlawanan, pasang baliho di gang-gang kecil supaya tak bisa diakses armada TNI. Mereka melawan dengan bahasa copot satu pasang seribu.

Berkaitan dengan manuver menyerang Habib Rizieq, perlu dipertimbangkan pula penataan gerakan dan konsolidasi gerakan tokoh sentral FPI tersebut. Apa saja ya?

Narasi dan sikap HRS mesti dijaga

Habib Rizieq Syihab sapa pendukungnya di Petamburan III
Habib Rizieq Syihab sapa pendukungnya di Petamburan III. Foto Antara/Livia Kristianti

Dengan peta dan perkembangan politik terkini, Pengamat politik, Tony Rosyid berpandangan narasi dan sikap Habib Rizieq mesti dijaga. Lho kenapa?

Tony mengatakan orang-orang di sekeliling Imam Besar FPI itu mesti cermat menjaga kharisma dan ketokohan Habib Rizieq yang nyata sudah diperhitungkan dalam pentas nasional. Juru bicara HRS termasuk yang perlu dijaga.

“Jika ini terukur, HRS akan bisa jadi magnet besar bagi hadirnya para pendukung baru. Terutama kelas menengah atas,” kata Tony menganalisis dikutip Hops.id, MInggu 22 November 2020.

Tim Khusus purnawirawan TNI

Panglima TNI Hadi Tjahjanto sidak pasukan komando khusus
Panglima TNI Hadi Tjahjanto sidak pasukan komando khusus. Foto Instagram @puspentni

Selain perlu memperhatikan sikap dan narasi, Tony mengatakan, Habib Rizieq mesti punya tim khusus yang mampu mengonsolidasikan massa untuk mengubah kerumunan jadi kekuatan

Untuk kebutuhan ini, perlu keterlibatan ulama atau tokoh berkelas. Siapa mereka? Tony menyebutkan berbagai figur yang bisa masuk dalam tim khusus ini.

“Seperti Ustaz Bachtiar Nasir (massa), pengusaha (logistik), purnawirawan TNI (ahli strategi), akademisi (data) dan media,” ujarnya.

Jika narasi, sikap dan konsolidasi Habib Rizieq bisa dikelola dengan baik, Tony meyakini gerakan Habib Rizieq bisa terus bergelora dan tidak mereda. Termasuk soal perlawanan pada penurunan baliho oleh unsur TNI maupun Satpol PP.

“Baliho-baliho itu kemungkinan akan terpasang kembali, bahkan jumlahnya akan bertambah banyak. Dicopot satu akan terpasang seribu. Umat akan memasangnya sebagai bentuk protes kepada pemerintah, dan dukungan kepada Habib Rizieq,” kata dia.

Lalu, untuk apa baliho-baliho itu dipasang kembali? Nanti, Tony mengatakan, Anda akan tahu sendiri dampak sosial dan politiknya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops