gejala demam berdarah

Gejala Demam Berdarah Yang Penting Untuk Diketahui

5 views

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang disebabkan oleh serangga ini. DBD atau yang kepanjangannya Demam Berdarah Dengue ini merupakan sebuah penyakit yang bersifat menular. Karena perkembang biakan nyamuk berasal dari tempat lembab maka penyakit ini akan jauh melonjak ketika sedang musim penghujan. Penyakit ini disebarkan oleh virus yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Virus yang disebarkan nyamuk terebut terdapat 4 jenis dan semuanya berasal dari keluarga flaviviridae.

Pada awalnya gejala demam berdarah ditandai dengan rendahnya trombosit atau keeping darah dalam tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan virus yang tersebar akan langsung menyerang sumsum tulang belakang dan menurunkan produksi keping darah dalam tubuh.

Akibat dari rendahnya trombosit darah yaitu akan membuat kekentalan darah menjadi tidak stabil bahkan darah tersebut dapat keluar dari pori-pori bersama keringat maka hal tersebutlah yang sangat berbahaya.

Karena Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi hal tersebut menjadi pendukung sebagai perkembang biakan nyamuk yang satu ini. Maka dari itu Indonesia memiliki resiko terjangkit demam berdarah yang cukup tinggi.

Parahnya penyakit DBD di Indonesia biasanya dikarenakan keterlambatan penanganan kepada pasien. Selain itu kondisi lingkungan yang kurang bersih juga dapat memberikan resiko tinggi kepada masyarakat untuk terjangkit demam berdarah.

Gejala Demam Berdarah Yang Penting Untuk Diketahui

Nah untuk menangani keterlambatan penanganan pastinya kalian harus mengetahui gejala gejala apa saja yang tampak untuk penderita demam berdarah. Hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan langkah cepat agar penderita demam berdarah tidak mengalami kondisi yang lebih kritis. Berikut ini merupakan gejala yang dapat kalian temukan pada penderita demam berdarah.

  1. Sakit kepala berlebih

Untuk penderita demam berdarah kebanyakan akan mengalami rasa sakit pada kepala yang sangat hebat. Rasa sakit pada kepala ini merupakan salah satu tanda yang disebabkan virus yang telah menyerang atau menginfeksi pada bagian kepala. Sebenarnya tak hanya kepala, virus yang disebarkan nyamuk Aedes Aegepty ini menyerang ke seluruh bagian tubuh.

Maka dari itu imun atau daya tahan tubuh akan ikut menurun dan secara otomatis tubuh kita mengambil tindakan untuk memproduksi interferon dan zat-zat pelindung lainnya yang akan memicu terjadinya sakit pada saraf pusat yang ada di kepala.

  1. Mual dan muntah

Ternyata mual dan muntah tak hanya dialami oleh ibu hamil ataupun kalian yang sedang masuk angina. Mual dan juga muntah dapat menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit demam berdarah.

Mual sendiri terjadi ketika virus dengue menyerang seluruh bagian tubuh termasuk dalam organ pencernaan yaitu lambung yang nantinya akan memproduksi asam secara berlebih dan akan menyebabkan rasa mual lalu muntah.

Sebenarnya produksi asam lambung tersebut merupakan respon alami dari tubuh ketika terserang virus ataupun penyakit. Maka dari itu ketika asam lambung meningkat drastis maka kita akan merasakan mual dan setelah itu muntah walaupun kita tidak makan sesuatu yang memicu mual sekalipun. Untuk mengimbanginya sebaiknya kalian tetap mengkonsumsi makanan dan juga minum yang cukup untuk mengganti makanan dan cairan yang telah keluar.

  1. Demam dengan suhu yang sangat tinggi

Pastinya demam berdarah akan ditandai dengan gejala demam. Sebenarnya demam sendiri bukan suatu penyakit tetapi merupakan sebuah gejala respon tubuh ketika terinfeksi virus atau penyakit. Karena demam berdarah sendiri berasal dari virus maka wajar jika gejalanya ditandai dengan demam. Namun demam dengan suhu yang tinggi ini merupakan sebuah kinerja tubuh untuk membunuh bakteri di dalamnya.

Untuk penderita demam berdarah sendiri terdapat beberapa fase ataupun tingkatan demam. Fase-fase tersebut akan membantu memperjelas dimana kondisi pasien saat ini. Penderita demam berdarah sendiri memiliki 3 fase yang akan dilalui.

Fase yang pertama biasanya terjadi 3 hari setelah masa inkubasi berlangsung. Dimana pada mase tersebut pasuen akan mengalami demam dengan suhu sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat Celcius. Kemudian fase kedua dimana demam yang tinggi tersebut mulai menurun. Tetapi hal tersebut bukan tanda fase demam telah tak berbahaya lagi. Sebaliknya fase ini lebih kritis dibandingkan fase sebelumnya.

Pada fase inilah banyak masyarakat luas salah kaprah dan menyebabkan keterlambatan penanganan dan kemungkinan terburuk akan menyebabkan kematian. Dan fase yang terakhir yaitu dimana pasien demam berdarah kembali mengalami demam dengan suhu tinggi seperti fase pertama.

Namun jangan khawatir pada masa inilah trombosi yang tadinya berjumlah sedikit akan meningkat dan kondisi ini juga dapat dikatakan sebagai fase penyembuhan.

  1. Nyeri dan pegal pada otot

Nyeri pada otot ini dapat dikatakan mirip dengan gejala yang terjadi pada penderita malaria. Dimana virus dengue menginfeksi tubuh maka secara otomatis tubuh juga akan melakukan serangkaian cara dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menghasilkan zat-zat seperti histamine, protein, cytokine, dan yang lainnya.

Segala zat tersebut dihasilkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel sel tubuh yang telah terinfeksi virus. Nah akibatnya protein yang dihasilkan terlalu tinggi akan mengakibatkan rasa nyeri dan pegal pada otot yang membentuk tubuh kita.

  1. Bercak dan ruam kemerahan

Pastinya sudah tidak asing lagi jika para penderita demam berdarah akan mengalami bercak dan juga ruam kemerahan di seluruh bagian tubuh. Gejala ini juga merupakan salah satu gejala utama dari penderita demam berdarah setelah demam tinggi dan juga sakit kepala.

Biasanya bercak kemerahan dan juga ruam ini akan kalian lihat ketika pasien melalui fase pertama demam berdarah. Maka dari itu jika kalian menemuka gejala ini sebaiknya kalian cepat tangani untuk mencegah keterlambatan penanganan. Pada awalnya ruam merah dan juga bercak akan muncul pada bagian dada dan juga leher. Kemudian akan menyebar mulai wajah lalu ke seluruh bagian tubuh yang terinfeksi.

  1. Gusi yang berdarah

Gusi berdarah terjadi dikarenakan virus dengue sendiri akan menyerang kesumsum tulang tubuh. Pastinya sangat jauh bukan tetapi hal tersebut yang akan menyebabkan trombosit darah tidak stabil dan dapat menyebabkan pendarahan ke seluruh bagian tubuh termasuk bagian gusi sekalipun. Dimana darah akan menjadi rentan dikeluarkan dan pembuluh darah sekalipun akan rentan mengalami kebocoran ataupun pecah.

Maka dari itu jika pasien demam berdarah tidak ditangani secara cepat dan menyebabkan pendarahan berlebih maka hal tersebut akan sangat berbahaya untuk keselamatan pasien.

Nah itu semua merupakan beberapa gejala yang dapat dengan mudah kalian temukan pada penderita demam berdarah. Jika kalian temukan gejala-gejala tersebut maka sebaiknya cepat bawa ke dokter atau klinik terdekat untuk mencegah kondisi yang lebih serius.

Sebelum terinfeksi ada baiknya mencegah penyakit demam berdarah ini dengan berbagai cara untuk menekan perkembangbiakan nyamuk di sekitar kalian. Karena lingkungan yang bersih juga akan melindungi kalian dari penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamu Aedes Aegepty ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *