Hal–hal Yang Harus Dihindari Saat Perawatan Wajah

  • Whatsapp
perawatan wajah yang salah

Rutin merawat wajah agar kulit selalu sehat dan cantik itu bagus, apalagi jika memiliki kulit berminyak yang cenderung menjadi penyebab terjadinya jerawat, merawat wajah itu harus. Beberapa orang memilih dengan caranya sendiri dalam merawat kulit wajah. Sebagian lagi mengindari hal pemicu, terjadinya masalah kulit di samping juga merawat secara intensif.

Idealnya merawat wajah, juga berusaha menghilangkan faktor pencetusnya, agar hasil yang didapat maksimal. Di bawah adalah larangan yang sebaiknya Anda diperhatikan selama melakukan perawatan wajah.

1.  Malas Membersihkan Wajah

Sudah dibahas berulang kali pada artikel sebelumnya, bahwa wajah yang kusam dan kotor rentan dihinggapi jerawat. Oleh karena itu sering-seringlah membersihkannya pada pagi dan sore hari, juga malam menjelang tidur. Termasuk bila melakukan aktifitas berat di luar ruangan, harus makin rajin lagi.

Baca Juga : cara membuat pembersih muka Secara alami

2. Sabun Wajah Yang Tidak Sesuai

Menggunakan wajah yang tidak sesuai juga harus dihindari. Misalnya sabun untuk badan tapi dipakai untuk wajah, kadar PH dalam sabun itulah yang menyebabkan kulit terkadang bisa bermasalah. Pilihlah yang terasa lembut, ringan dan nyaman saat digunakan.

3. Memakai Pelembab Yang Salah

Pelembab bertujuan menjaga elastisitas kulit juga melindungi dari sinar ultraviolet matahari di waktu siang hari. Penerapannya jangan sampai salah. Untuk kulit berat dan berminyak gunakan pelembab yang banyak menggunakan bahan cair seperti lotion, hindari yang berbentuk krem sebab itu terkesan berat dan menyumbat pori-pori wajah. Dan jika pori-pori sudah tersumbat maka jerawat juga mudah menghampiri.

4. Sering Berganti-ganti Merk Kosmetik

Sering berganti-ganti make-up kosmetik, tergiur dengan merk baru langsung dibeli dan memakai, sebab merasa merk yang dimiliki selama ini kurang efektif merawat wajah. Menurut para pakar kecantikan, mengganti diperbolehkan selama itu memang dibutuhkan.

Namun menjadi larangan ketika sudah menemukan jenis yang sudah sesuai dengan kulit, tapi tiba-tiba masih merasa kurang. Bermaksud menggantinya pada yang lebih baik lagi, tanpa melalui mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kecantikan yang tepat, termasuk juga dalam hal ini adalah ibu yang sedang hamil yang ingin menggunakan kosmetik.

5. Jarang Memakai Masker

Masker berguna melindungi wajah dari debu dan kotoran saat berada di luar ruangan. Pelembab dan sunblock / tabir surya tidak cukup, jika perlindungan semacam itu tidak juga digunakan. Termasuk juga payung, yang mencegah sengatan sinar matahari secara langsung, mengenai muka dan kulit.

6. Menyentuh Wajah Dengan Tangan Kotor

Tangan kotor yang tidak dicuci berpotensi memunculkan bakteri dan kuman penyakit. Begitu juga bila menyentuh wajah, yang pada dasarnya sudah berjerawat bisa semakin parah. Merasa gatal, langsung dipencet menggunakan tangan yang kurang hiegenis.

7. Suka Makan Junkfood Dan Makanan Gorengan

Junkfood, gorengan berlemak, makanan instan termasuk juga minuman beralkohol dan begadang. Bila bisa sebaiknya dihindari, agar wajah selamat dari pemicu terjadinya jerawat. Itu semua jenis-jenis makanan yang di samping tidak baik untuk wajah, juga kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Lebih baik memperbanyak minum air putih, makan sayuran hijau dan buah-buahan segar.

8. Jarang Keramas

Rambut kotor dengan tetesan keringat dari kulit kepala yang jatuh ke wajah, juga kurang bagus. Jika wajah sendiri juga awalnya sudah berjerawat, bisa tambah parah. Seringlah keramas seperti juga rajin membersihkan muka, terutama sehabis beraktifitas di luar rumah.

Nah, cara di atas bisa kamu coba untuk membuaat kecantikan dan kesehatan wajah menjadi lebih baik kembali dan terhindar dari berbagai macam hal yang tidak di inginkan.

Related posts