Berbagai Jenis Jerawat Dan Cara Menghilangkannya Agar Tidak Muncul Kembali

  • Whatsapp
jenis jenis jerawat

Jerawat merupakan salah satu dari sekian jenis penyakit kulit, yang kelihatannya remeh namun cukup membuat hati cemas bagi yang mengalami. Ada banyak sekali pemicu terjadinya jerawat. Di mana salah satunya dari kondisi kulit sendiri, yang memang berpotensi menimbulkan jerawat, seperti memiliki kulit berminyak.

Jerawat bila ditilik dari faktor penyebabnya bisa pula bermacam-macam. Parah dan tidaknya tentu tergantung pada keadaan jerawat yang dimuncul di permukaan kulit wajah. Dan berikut jenis-jenis jerawat itu :

 

  • Jerawat Biasa

Jerawat tipe ini hampir pernah dialami semua orang. Mudah dikenali dari bentuk yang kecil dan berwarna putih kemerahan. Timbul diakibatkan tersumbatnya pori-pori wajah yang terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Hidup di daerah tempat produksi asam lemak yang berada pada kantung kelenjar. Tersembunyi di bawah permukaan kulit atau sebaceous.

Cara mengobati : Oleskan pasta gigi yang banyak mengandung fluoride. Zat ini terbukti mampu mengikis jerawat secara cepat. Sangat efektif mengatasi.

  • Jerawat Batu

Jerawat batu atau Cystic Acne mempunyai ukuran lebih besar dari jerawat biasa, berwarna merah dan meradang. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan bekas luka yang sulit disembuhkan. Disebabkan kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi dan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat dengan kategori parah dan berat.

Cara mengobati : Termasuk jerawat yang sangat sulit di tangani. Sebaiknya pergi ke dokter dan konsultasi, supaya diberikan obat dan penanganan yang tepat.

  • Komedo

Komedo timbul sebab adanya sel-sel mati atau sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo sendiri terbagi atas dua macam yaitu : komedo tertutup dan komedo terbuka. Yang tertutup seperti tonjolan putih sedang yang terbuka besar dan menghitam.

Cara merawat : Dapat diatasi dengan putih telur. Oleskan putih telur secukupnya pada kapas kemudian tempelkan ke wajah beberapa saat, lalu angkat hingga komedo terangkat. Bilas muka dengan air bersih.

  • Jerawat Juvenill

Jerawat Juvenil biasanya timbul pada masa pubertas antara usai 14 sampai 20 tahun. Penyebabnya keadaan hormonal yang belum stabil terbentuk pada tubuh yang membentuk sebum.

Cara mengatasi : Gunakan sabun khusus untuk merawat wajah yang memiliki kadar PH seimbang, atau sabun bayi yang banyak mengandung transcluent.

  • Jerawat Vulgaris

Jerawat ini boleh dibilang termasuk dalam kategori semacam kelainan yang terjadi pada kulit. Ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti kulit kemerahan serta bersisik. Bisa timbul di usia remaja dan berlanjut hingga dewasa. Disebabkan kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik, serta kulit mati yang tidak dapat lepas secara semestinya.

Cara merawatnya : Mengendalikan minyak berlebih pada wajah, dan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini tidak menular, dan dapat disembuhkan melalui penanganan medis bila sudah parah.

  • Jerawat Rosacea

Jerawat Rosacea pada umunya menyerang wanita yang sudah berusia matang yaitu sekitar 30 sampai 50 tahun. Awalnya jerawat terlihat kemerahan dan menimbukan peradangan, sehingga tampak seperti sisik pada lipatan hidung.

Cara merawatnya : Membutuhkan dokter kulit untuk mengobatinya. Biasaya disinar infra merah, penguapan dan juga kompres air panas.

  • Jerawat Nitrosica

Jerawat Nitrosica terbilang harus diwaspadai, sebab dapat menyebabkan lubang pada kulit. Jika terasa sakit tidak lekas diobati.

Cara mengobati : Dengan tehnologi dokter kecantikan kulit.

Nah, berikut adalah beberapa jenis jerawat yang dapat membuat wajah seseorang menjadi tidak sehat . diantara dari beberapa jerawat yang ada, ada juga jenis jerawat lainnya, seperti yang biasa di sebut jerawat pasir daan lain sebagainya.

 

Related posts