Jerawat Makin Parah ? Hindari Kebiasaan Buruk Ini Yang Mungkin Pernah Anda Lakukan

  • Whatsapp
jerawat makin parah

Memiliki wajah mulus dan bersih pasti dambaan semua orang. Tak terkecuali pria ataupun wanita. Maka ketika seseorang terserang jerawat, sudah pasti berusaha untuk sembuh, sebab sangat mengganggu penampilan.

Akan tetapi apa lacur, jika merasa telah berbuat banyak untuk mengatasi, tapi jerawat tak juga kunjung mereda, justru yang ada semakin parah. Jangan marah dan kesal dulu. Bisa jadi terjadi  kesalahan, saat masih dalam tahap perawatan pada masa pemulihan. Hal berikut ini akan menjelaskan apa saja kekeliruan, yang barangkali pernah atau saat ini masih Anda lakukan.

Read More

1. Terlalu Sering Membersihkan Muka

Wajah yang jarang dibersihkan itu tidak baik bagi kulit wajah itu sendiri, sebab bisa memparah terjadinya jerawat. Namun terlalu sering dibersihkan juga lebih tidak bagus lagi, sebab berpotensi menghilangkan minyak pada wajah, akibat terlalu sering terkena sabun. Akibatnya kulit cenderung memproduksi minyak dalam jumlah besar, sehingga memicu terjadinya jerawat timbul, seakan tak pernah mati.

2. Sering Ganti Kosmetik

Yang dimaksud di sini adalah tentang obat jerawat yang digunakan untuk membasmi jerawat. Tidak sabar menunggu hasil, asal ada yang menawarkan produk yang dianggap lebih bagus, langsung dibeli dan dipakai. Bukannya pergi ke dokter spesialis kulit, justru yang ada tetap pada pendirian tapi salah dalam penerapan. Tidak sembuh, justru kulit semakin merah serta meradang tidak tentu jadinya.

3. Salah Makan

Salah makan juga punya andil kuat jerawat semakin bertambah sakit. Tidak mengatur pola makan yang baik, misalnya mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung alkohol, terlalu manis, berlemak serta berminyak, kurang makan sayur dan buah. Semua itu berakibat fatal jerawat semakin berkembang lebih besar lagi.

4. Jarang Mencuci Rambut

Seperti muka yang harus rutin dibersihkan, akan halnya rambutpun sama. Keringat yang jatuh ke wajah, bila sama-sama kulit kepala juga cenderung berminyak, ditengarai dapat memicu terjadinya jerawat lebih parah lagi menyerang. Apalagi bila usai berkegiatan di luar rumah, dan malas mencuci rambut, bisa dipastikan kulit wajah meradang semua.

5. Tidak Mau Memakai Masker

Sering melakukan aktifitas di luar ruangan, meski telah memakai pelembab dan krem wajah anti ultra violet, bukan berarti Anda bebas membiarkan wajah terbuka bebas. Debu dan kotoran mudah sekali menempel pada wajah lengket dan berminyak. Karenanya biasakan memakai saat hendak pergi keluar ruangan dan berkegiatan.

6. Sering Memencet Jerawat Dengan Tangan Kotor

Apakah Anda gemar memencet jerawat dengan menggunakan tangan kotor? Bila melihat jerawat yang sudah berwarna putih kekuningan, langsung penasaran ingin segera mengeluarkani isinya. Memang menggemaskan, sudah mengganggu penampilan, kehadirannya yang sudah matang juga menggoda iman untuk segera dipencet sampai habis tak bersisa.Tapi tunggu dulu! Selain tangan yang tidak dicuci, memencet jerawat yang belum terlihat matang benar, juga tidak baik. Sebab menyebabkan peradangan kulit lebih parah. Jadi bukannya sembuh, tapi yang ada jerawat semakin bertambah sakit di kulit.

7. Stres

Pengaruh beban dan tekanan hidup yang berkepanjangan tanpa adanya penyelesaian, bisa memicu terjadinya stres atau gangguan pikiran. Dan ini sangat berdampak sekali pada penampilan seseorang terutama pada wajah. Menjadi kusam serta tidak bercahaya, atau dapat memicu terjadinya proses kelenjar minyak dari dalam kulit, mengakibatkan jerawat tidak sembuh-sembuh dan justru melebar banyak.

Mungkin sebagian dari pembaca pernah melakukan hal-hal di atas yang menyebabkan kulit berjerawat anda makin parah. dimana pertumbuhan jerawat semakin banyak dan memperluas bekas jerawat akan banyak lagi tentunya.

Related posts