8 Sumber Makanan Untuk Kesehatan Rambut


Vemala
16 May 2018

Masalah rambut rontok atau kusam selalu dialami setiap orang. Wanita maupun pria mengalami hal yang

Masalah rambut rontok atau kusam selalu dialami setiap orang. Wanita maupun pria mengalami hal yang sama. Ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan, kekurangan zat gizi, ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kehamilan, obat, stres dan sirkulasi darah yang tidak memadai di kulit kepala.

Sumber Makanan untuk Menyehatkan Rambut

Untuk dapat mengurangi rambut rontok, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Namun lebih dulu untuk tahu jenis makanan apa yang dapat menunjang kesehatan rambut Anda. Tentunya Anda membutuhkan sumber pangan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik. Adapun sumbernya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi sumber makanan yang perlu Anda konsumsi. Di dalamnya terkandung protein dan vitamin D yang bermanfaat menyehatkan rambut Anda. Ikan salmon adalah sumber protein, vitamin D dan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini sangat berguna menjaga kulit kepala dan rambut Anda agar terhidrasi dengan baik.

  1. Tiram

Tiram kaya akan mineral yang disebut zinc. Jika tubuh Anda kekurangan zinc, Anda akan mengalami rambut rontok. Anda juga bisa mendapatkan zinc dari daging sapi, kepiting, lobster, dan sereal yang difortifikasi.

  1. Udang

Udang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat merawat kulit kepala dan mengatasi rambut kusam. Udang mengandung vitamin B12, zat besi dan seng yang berguna mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut.

  1. Telur

Telur mengandung biotin dan vitamin B. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan dan perawatan rambut Anda. Biotin adalah elemen yang dapat membantu menjaga rambut agar berkilau. Jika ditambahkan dalam sampo dan kondisioner, rambut Anda akan terawat lebih baik lagi.

  1. Wortel

Wortel bukan hanya membantu mempertajam mata, melainkan juga menjaga kesehatan rambut karena adanya vitamin A. Vitamin A dapat membantu pembentukan minyak sebum di kulit kepala. Sebum adalah unsur yang sangat penting untuk membantu menjaga kulit kepala dan melembabkan rambut.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli dan selada adalah sumber makanan yang sangat baik untuk merawat rambut. Vitamin A dan vitamin C yang ada pada sayuran hijau dapat membantu dalam pembentukan sebum, yang berperan sebagai kondisioner rambut alami. Karenanya, kulit kepala dan rambut menjadi lembab.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah makanan yang seimbang yang baik untuk kesehatan rambut. Diperkaya dengan semua jenis mineral dan vitamin seperti seng, besi dan vitamin B yangmana dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

  1. Kelapa

Air kelapa adalah pembantu hidrasi alami dan mengandung kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu perpindahan nutrisi di sel tubuh Anda. Selain itu, minyak kelapa kaya akan lemak sehat, vitamin E, vitamin K dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tidak kering.



Leave a Reply