Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Kualitas Terbaik


Vemala
10 May 2018

Protein merupakan makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan kulit,

Protein merupakan makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan juga untuk pembentukan otot. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda yang di pengaruhi oleh usia salah satunya. Bagi seseorang yang memiliki umur 17 sampai 60 tahun maka kebutuhan 62sampai 66 gram perhari sesuai dengan Angka kecukupan gizi. Dari sumber makanan yang tinggi protein juga biasanya memiliki kandungan kalori dan juga jenis yang lainnya.

Berbicara tentang kebutuhan protein setiap harinya, maka ada beberapa akibat yang timbul untuk kesehatan tubuh jika kekurangan asupan protein ke tubuh, seperti :

  1. Dapat menganggu pertumbuhan
  2. Kesehatan rambut terganggu. seperti terjadinya kerontokan
  3. Jika kekurangan protein secara terus menerus dapat mengakibatkan kematian
  4. Diare
  5. Mental terganggu
  6. Kesehatan kulit terganggu

Manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tentunya banyak sekali.dan beberapa di antaranya :

  1. Membantu dalam memperbaiki sel tubuh
  2. Sebagai asupan sumber energy
  3. Mengatur keseimbangan kadar asam
  4. Untuk menjadikannya cadangan energy

Dari bebagai kebutuhan, protein sering dikonsumsi untuk membantu dalam membangun massa otot, dan kandungan lainnya dari protein, seperti asam amino untuk menyusun jaringan otot yang rusak. Maka dari itu banyak produk whey protein beredar di pasaran.

Jenis-jenis Makanan Yang Memiliki Kandungan Protein Tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan protein perharinya, maka penting sekali mengetahui jenis-jenis yang ada dan juga sumber makanan yang akan di pilih, karena memiliki kinerja yang berbeda, seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Protein Hewani

Protein hewani merupakan jenis protein yang di dapat dari jenis makanan hewan, seperti yang terdapat dari daging sapi, daging, ayam, ikan, telur dan sejenisnya.

  1. Protein Nabati

Sumber protein nabati bisa kita dapatkan dari asupan makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti susu kedelai, tempe,tahu, kacang-kacangan.

Banyak jenis makanan yang memiliki sumber protein nabati, seperti pada penjelasan artikel lainnya terkait, sayuran tinggi protein dan bagi seseorang yang tidak mengkonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan protein penting sekali untuk diketahui.

  1. Protein Isolate

Protein juga sering banyak orang konsumsi untuk membantu dalam pembakaran lemak tubuh dan juga membantu pembentukan massa otot, dan tak heran jenis protein isolate ini dari kalangan fitness mania sering dikonsumsi untuk membentuk otot bebas lemak. Isolate memiliki karakter yang cepat di cerna oleh tubuh, sehingga karakteristik tersebut menjadi hal yang di sukai para fitness mania.

  1. Protein casein

Protein casein memiliki karakteriistik yang sebaliknya dari protein isolate. Dimana ketika di konsumsi maka protein casein akan lambat untuk di cerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu dalam menahan rasa lapar lebih lama, dan cocok di konsumsi untuk diet dan juga berpuasa.

Berbagai Macam Sumber Makanan Tinggi Protein

  1. Telur

Putih telur lebih di recomendasikan untuk di konsumsi, karena memiliki kandungan protein yang murni tanpa lemak. Namun , dari kandungan telur memiliki kandungan mineral, lemak baik, antioksidan dan vitamin untuk menjaga kesehatan otak dan juga mata. Kandungan dari 1 buah butih telur memiliki kalori 78 dan protein sebanyak 6 gram.

  1. Dada Ayam

Dada ayam tanpa kulit memiliki kandungan protein yang tinggi sebanyak 53 gam dan kandungan kalori 284 . namun, dengan catatan cara memasaknya sebaiknya tidak di goreng bagi anda yang ingin menghindari asupan lemak.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna jenis ikan memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah dan tinggi akan protein dengan 157 kalori dan 30 gram protein dalam 1 ons dan juga terdapat Omega 3.

  1. Daging sapi

Daging sapi menjadi pilihan yang enak di konsumsi untuk memenuhhi kebutuhan asupan protein. Dalam 85 ons terdapat 184  kalori dan 22 gram dan 22 gram protein.

  1. Susu

Susu memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, dengan berbagai macam kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, seperti kalsium  ,Vitamin B2, fosfor. Namun sayangnnya, dengan memiliki manfaat yang banyak, orang dewasa jarang mengkonsumsinya di banding mengkonsumsi kopi. Dan jumlah kalori dalam segelah susu terdapat 103 kalori dan 8 gram protein.

  1. Keju

Dalam jumlah 100 gram keju memiliki kandungan kalsium sebanyak 200 miligram dan juga 21 gram protein. Akan tetapi setiap kandungan gisi berbeda-beda, yang di pengaruhi oleh jenis sumber susu yang digunakan dan campuran lainnya, seperti penggunanan rasa dan lain sebagainya.

Setiap makanan ada beberapa yang memiliki kandungan protein, akan tetapi memiliki jumlah protein yang berbeda-beda, maka dari itu makanan tertentu sebaiknya anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya.

 

 



Leave a Reply