Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut Lebih Sehat


Vemala
5 May 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai bawang merah yang sangat terkenal sebagai bumbu pada masakan

Artikel kali ini akan membahas mengenai bawang merah yang sangat terkenal sebagai bumbu pada masakan Indonesia. Hanya saja artikel ini akan membahas manfaat bawang merah untuk rambut. Sebelumnya, artikel ini akan menjelaskan bahwa tanaman itu memiliki nama dalam Bahasa Latin yaitu Allium ascalonicum L.

Tanaman ini merupakan tumbuhan dalam family Alliaceae yang mana memiliki umbi yang sering kita gunakan sebagai bumbu untuk memasak. Umbi tersebut mengandung berbagai zat yang sangat berguna bagi tubuh, tidak terkecuali rambut. Zat tersebut adalah flavonglikosida, protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin B1, dan C.

Khasiat Bawang Merah Untuk Rambut

Anda pasti penasaran, apa sajakah manfaat dari umbi tersebut bukan. Bawang merah ini dapat bermanfaat untuk mengatasi ketombe, gatal – gatal pada kepala, menjaga kesehatan kulit kepala, menjaga kekuatan rambut, mencegah kerontokan rambut, dan memperkuat akar rambut.

  1. Mengatasi Ketombe

Pada iklan sampo yang terdapat di televisi, Anda akan sering melihat banyak sekali produk anti ketombe. Produk – produk seperti itu bermunculan, karena ketombe memang sangat mengganggu penampilan orang dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jika Anda juga memiliki masalah seperti ini, tenang saja Anda dapat menghilangkan ketombe dengan menggunakan jus bawang merah.

2. Mengatasi Gatal pada Kepala

Gatal – gatal pada kepala juga merupakan masalah yang lumrah terjadi pada banyak orang. Hal ini disebabkan oleh keringat yang mucul pada bagian kulit kepala, sehingga memicu pengumpulan bakteri di daerah tersebut. Alhasil, kepala seringkali terasa gatal. Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan jus umbi tersebut selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga : Cara Memanjangkan Rambut

  4. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala merupakan bagian kulit yang terbilang sensitif, sehingga rentan terserang berbagai penyakit seperti ketombe, rambut yang rapuh, dan rontok pada rambut. Namun, hal itu semua dapat diatasi dengan secara rutin menggunakan jus dari umbi ini. Protein yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

      5. Mencegah Rambut Rapuh

Semakin berusia seseorang, maka rambut akan menjadi lebih rapuh. Walaupun demikian, kerapuhan pada rambut dapat dicegah dengan manfaat bawang merah untuk rambut. Dengan menggunakan jus dari bawang ini setiap sebelum keramas dapat menstimulasi kekuatan rambut, sehingga rambut menjadi lebih tidak mudah patah.

Caranya membuat jus dari bahan alami tersebut sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan dengan menggunakan juicer yang ditambahkan sedikit air. Kemudian, oleskan pada bagian rambut dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan bersih dan lakukan hanya saat sedang akan keramas, sehingga tidak ada baunya yang tertinggal pada rambut.

      6. Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Kalsium yang terkandung di dalam umbi tersebut, dapat digunakan untuk menjaga susunan sel – sel jaringan pada kulit kepala agar menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Tak hanya kalsium, melainkan juga kandungan sulfur di dalamnya dapat membantu akar rambut menjadi kuat, sehingga rambut tidak mudah rontok dan Anda dapat merasakan manfaat bawang merah untuk rambut dalam jangka panjang.



Leave a Reply