Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita Haid Menjadi Lancar


Vemala
28 May 2018

Salah satu hal yang membuat para wanita khawatir dan takut akan masa haid atau menstruasi

Salah satu hal yang membuat para wanita khawatir dan takut akan masa haid atau menstruasi adalah ketidaklancara daripada masa haid atau menstruasi yang dialami oleh seorang wanita itu sendiri. Normalnya, masa haid atau menstruasi ini dapat dikatakan berjalan normal jika terjadi minimal 30 hingga 35 hari sekali. Namun, bilamana siklus haid atau menstruasi Anda kurang atau bahkan lebih lama dari masa haid atau menstruasi normal ini, maka Anda perlu untuk mencari tahu pada dokter spesialis untuk mengetahui beberapa faktor faktor penyebab mengapa siklus haid atau menstruasi yang Anda alami ini mengalami ketidaklancaran.

Nah, beberapa orang khususnya kaum wanita percaya bahwa terdapat beberapa bahan alami yang memiliki khasiat untuk melancarkan siklus haid atau menstruasi ini. Salah satunya adalah daun sirih. Ya, daun sirih ini memang kita kenal sebagai salah satu tanaman TOGA (Tumbuhan Obat Keluarga) yang wajib kita tanam dan kita rawat karena daun sirih ini berkhasiat untuk menyembuhkan segala macam dan jenis penyakit termasuk berkhasiat untuk melancarkan siklus haid atau menstruasi yang sedang dialami oleh kaum perempuan.

Baca Juga :

Mengapa daun sirih ini berkhasiat untuk melancarkan siklus haid atau menstruasi pada kaum perempuan ? Ya, sebab dalam kandungan daun sirih sendiri terdapat beberapa zat zat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah zat polifenol, euganol, alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, karvanol, polevonolad, kaibetol, dan zat zat lainnya yang bagus untuk tubuh. Nah, beberapa zat zat yang terkandung di dalam daun sirih tersebut memang sangat berkhasiat untuk memperlancar siklus haid atau menstruasi seorang wanita. Namun, tak hanya itu saja, daun sirih ternyata juga berkhasiat untuk menanggulangi rasa kram dan nyeri ketika seorang wanita memasuki masa haid atau menstruasi.

Manfaat Daun Sirih Untuk Melancarkan Haid

Berbicara tentang manfaat daun sirih ini, ternyata daun sirih ini juga memiliki manfaat yang cukup banyak khususnya bagi para kaum perempuan. Sebab, daun sirih ini juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal pada bagian intim kaum perempuan, mengontrol banyaknya lendir (keputihan), menghilangkan bau tidak sedap pada bagian intim, hingga mengesatkan bagian intim para kamu perempuan. Jadi, daun sirih ini tidak hanya berkhasiat untuk memperlancar siklus haid atau menstruasi saja, namun juga berfungsi untuk merawat organ intim dari para kaum perempuan.

Kini kita beralih ke cara membuat ramuan tradisional untuk memperlancar siklus haid atau menstruasi dengan menggunakan daun siri. Terdapat beberapa langkah langkah yang perlu Anda ketahui untuk membuat ramuan tradisional yang berbahan dasar daun sirih ini. Diantarnya adalah :

  1. Siapkan 5 hingga 6 lembar daun sirih yang telah dicuci dan dibersihkan dengan menggunakan air bersih
  2. Siapkan 2 gelas air matang
  3. Siapkan peralatan memasak seperti panci
  4. Setelah beberapa bahan untuk membuat ramuan tradisional ini telah siap, maka langkah pertama adalah isi panci dengan 2 gelas air matang.
  5. Lalu, panaskan air hingga mendidih.
  6. Kemudian masukkan 5 hingga 6 lembar daun sirih dan masak hingga air rebusan tinggal setengahnya.
  7. Jika air telah mendidih dan tersisa setengahnya, maka angkat panci dan tuangkan air rebusan daun sirih kedalam gelas.
  8. Diamkan sejenak hingga tidak terlalu panas dan kemudian minumlah air rebusan daun sirih tersebut.
  9. Minumlah air rebusan daun sirih secara rutin minimal 2 kali sehari agar siklus haid Anda dapat kembali normal.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirih untuk para kaum perempuan dan juga langkah langkah membuat ramuan tradisional berbahan dasar daun sirih.



Leave a Reply