Manfaat Konsumsi Protein Untuk Kesehatan Rambut


Vemala
3 May 2018

Protein tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Zat ini juga berperan penting dalam

Protein tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Zat ini juga berperan penting dalam menyehatkan rambut Anda. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi bisa membantu memperbaiki dan merawat tekstur rambut. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan rambut dari masalah kerusakan lain.

Manfaat Protein untuk Rambut

Protein sangat diperlukan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan salmon, daging, telur dan kacang-kacangan. Protein adalah fondasi tubuh karena membantu dalam pembentukan dan perbaikan sel. Di sisi lain, protein juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan kelestarian rambut Anda seperti berikut ini:

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh semua orang, pria dan wanita. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pemakaian kosmetik rambut yang kurang cocok, obat-obatan tertentu, penanganan perawatan yang salah, kekurangan vitamin dan kekurangan asupan protein.

Rambut manusia terdiri dari protein, jadi tentu saja mengkonsumsi makanan yang mengandung protein bisa membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Karena perannya yang bisa memperbaiki sel rambut, konsumsi protein sangat diperlukan agar terhindar dari rambut rontok, yang bisa menyebabkan kebotakan dini.

  1. Memperkuat Batang Rambut

Protein merupakan elemen yang sangat penting untuk memperkuat batang rambut. Jika Anda menggunakan produk yang mengandung protein atau rutin mengkonsumsi sumber makanan tersebut, secara alami akan membentuk lapisan pelindung rambut. Protein juga  bisa mengembalikan kekuatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca Juga  : Cara Mengatasi Rambut Rontok

Hal demikian sangat bermanfaat untuk Anda yang suka ataupun biasa menggunakan alat styling rambut, sebab lapisan pelindung protein mampu mengurangi risiko kerusakan pada rambut Anda.

  1. Menjaga Kelembaban Rambut

Pada dasarnya, rambut terdiri dari 91% protein dan rangkaian rantai panjang asam amino. Oleh sebab itu, kekurangan protein dan asam amino dalam tubuh bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kering, kasar dan mudah patah.

Dengan kata lain, mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung protein dapat membantu menjaga kelembaban rambut secara efektif. Lakukan perawatan rambut menggunakan masker atau kondisioner untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Mengatasi Rambut Bercabang

Selain bertindak sebagai pencegah munculnya rambut bercabang, protein juga mampu memperbaiki masalah serupa. Menggunakan kondisioner yang kaya protein pada ujung rambut dapat mengatasi rambut bercabang.

Akan tetapi, Anda tetap harus lebih dahulu memangkas bagian ujung rambut dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein untuk terhindar dari masalah tersebut.

Jika Anda mengalami kekurangan protein dan telah berkembang menjadi lebih parah, maka diperlukan suplemen protein. Kekurangan protein bukan hanya berpengaruh pada kesehatan rambut, melainkan juga seluruh tubuh. Dengan mengetahui manfaat protein untuk rambut, sudah tentu bagi Anda untuk segera memenuhi kebutuhan asupan protein agar terhindar dari masalah kerusakan rambut.



Leave a Reply