Tips Cara Mengetahui Menstruasi Normal Dan Tidak Normal


Vemala
25 May 2018

Setiap bulannya, para perempuan akan kedatangan “tamu bulanan” yang tentunya akan terjadi pada semua para

Setiap bulannya, para perempuan akan kedatangan “tamu bulanan” yang tentunya akan terjadi pada semua para perempuan. Siklus menstruasi ini menandakan bahwa seorang perempuan tersebut telah beranjak dari usia anak anak ke jenjang usia yang dapat dikategorikan sebagai orang dewasa. Namun tidak semua wanita mengerti dan memahami beberapa tanda tanda santara iklus menstruasi normal dan juga siklus menstruasi yang tidak berjalan secara normal.

Nah, untuk itu, kali ini kami akan membahas tentang beberapa tanda tanda atau gejala gejala mengenai siklus menstruasi yang berjalan secara normal. Tujuannya adalah agar para wanita dapat memahami betul apakah dirinya ini mengalami fase menstruasi secara normal ataukah tidak normal sehingga bilamana ia mendapati bahwa siklus menstruasinya menunjukkan gejala yang tidak normal, maka ia dapat langsung berkonsultas dengan dokter spesialis ataupun dokter ahli.

Maka dari itu, inilah beberapa tanda tanda atau gejala gejala yang menunjukkan bahwa masa menstruasi yang Anda jalani tersebut berjalan berjalan normal. Diantaranya adalah :

  1. Lamanya masa menstruasi ini biasanya terjadi setiap 21 hari hingga 35 hari sekali.
  2. Lamanya Anda menjalani menstruasi ini sekitar empat hingga tujuh hari. Tergantung pada banyaknya darah yang dikeluarkan melalui organ vital Anda
  3. Jikalau darah menstruasi yang dikeluarkan melalui organ vital ini berwarna merah terang, maka masa menstruasi yang sedang Anda jalani ini berlangsung dalam keadaan normal.
  4. Pada saat hari pertama, Anda akan mengalami sakit kepala, pusing, nyeri otot atau kram pada perut sehingga Anda akan merasa lemas hingga mood yang berubah ubah. Hal tersebut masih dalam kategori normal dan akan berangsur angsur pulih pada hari selanjutnya.
  5. Saat Anda memasuki fase menstruasi di hari pertama, maka darah yang keluar pada organ vital Anda adalah berupa gumpalan gumpalan darah. Namun, yang perlu Anda waspadai adalah gumpalan darah tersebut berukuran cukup besar sehingga Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis atau dokter ahli ketika Anda menemukan gumpalan dara yang berukuran cukup besar
  6. Anda akan merasakan perut kembung, sakit pada bagian payurada, mood mudah berubah, mudah cemas, hingga merasakan nyeri otot dan juga kram pada beberapa bagian tubu. Hal tersebut juga masih terbilang normal dan wajar karena beberapa hal tersebut merupakan gejala gejala yang ditimbulkan ketika Anda tengah memasuki fase menstruasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh ketidak seimbangnya kadar hormon estrogen, testoterin, progesterone, dan juga hormon kortisol yang ada di dalam tubuh. Namun, hal hal tersebut dapat pulih dengan sendirinya seiring dengan berakhirnya masa menstruasi yang tengah Anda alami.

Nah, itulah beberapa siklus siklus menstruasi yang termasuk dalam siklus menstruasi normal. Anda wajib berkonsultasi dengan para dokter spesiali ataupun dokter ahli bilamana Anda mengalami gejala gejala dari fase menstruasi yang tidak normal ini.

Nah, guna mencapai fase menstruasi yang masuk dalam kategori menstruasi normal, maka sebaiknya Anda perlu menjaga kondisi tubuh Anda agar tidak stress, tidak mudah capek, menerapkan pola hidup sehat, tidak mengkonsumsi minuman beralkhohol ataupun minuman yang mengandung kafein serta perbanyak melakukan kegiatan olahraga. Ya, beberapa faktor penyebab daripada fase menstruasi tidak normal ini disebabkan oleh beberapa faktor tersebut sehingga Anda sangat disarankan untuk menerapkan pola hidur sehat dan juga perbanyak mengkonsumsi air putih, sayur sayuran dan buah buahan.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tanda tanda bahwa Anda sedang memasuki fase menstruasi normal.



Leave a Reply