Tips Supaya Saat Haid Menjadi Nyaman Saat Beraktifitas


Vemala
24 May 2018

Menstruasi atau haid merupakan sebuah masa dimana seorang wanita mengalami perubahan siklus tubuhnya sehingga keluarlah

Menstruasi atau haid merupakan sebuah masa dimana seorang wanita mengalami perubahan siklus tubuhnya sehingga keluarlah darah kotor pada dalam diri seorang wanita yang mengalami masa menstruasi atau haid ini melalui organ vitalnya. Nah, ketika masa menstruasi atau haid ini pastinya para wanita akan mengalami rasa sakit yang luar biasa akibat efek dari masa menstruasi atau haid ini diantaranya adalah perut kembung, rasa nyeri pada bagian perut hingga pinggul, kram, hingga mood yang sering kali naik turun.

Maka dari itu, kali ini kami akan membahas tentang beberapa tips – tips agar saat menstruasi menjadi nyaman untuk Anda lalui. Ya, Anda perlu mengerti, menyimak, hingga mempraktekkan beberapa tips – tips agar masa menstruasi dapat Anda lalui dengan nyaman sehingga beberapa efek dari masa menstruasi atau haid dapat Anda lalui dengan nyaman dan senang.

Nah, ketika Anda memasuki masa menstruasi atau haid sebaiknya Anda melakukan beberapa hal sebagai berikut ini. Diantaranya adalah :

  1. Konsumsi Obat Anti Kram

Langkah pertama adalah mengkonsumsi beberapa jenis obat penghilang rasa kram. Ya, ketika Anda merasakan kram pada bagian perut hingga pinggul, maka cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa kramnya adalah mengkonsumsi obat anti kram ini seperti ibuprofen atau natrium naproxen. Namun, bilamana Anda mengalami kontraksi yang cukup hebat dan penggunaan obat anti kram tersebut belum berhasil menghilangkan rasa kram, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut.

2. Menggunakan Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rasa Kram

Selain mengkonsumsi obat, maka sebaiknya Anda juga melakukan beberapa cara untuk menghilangkan rasa kram dengan menggunakan bahan alami. Terdapat beberapa cara menghilangkan kram dengan menggunakan bahan alami. Cara pertama menggunakan air panas yang dapat dikompreskan pada perut Anda. Yang kedua Anda dapat menggunakan kaus kaki yang diisi dengan beras ataupun kacang serta tambahkan minyak asiri secukupnya. Kemudian Anda jahit dan masukkan kedalam oven selama 30 detik. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh Anda yang terasa nyeri.

3. Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Lemak dan Omega 3

Salah satu tips agar saat menstruasi menjadi nyaman adalam perbanyak mengkonsumsi makan makanan yang mengandung asam lemak dan omega 3. Asam lemak ini terdapat pada beberapa jenis sayur sayuran atau kacang kacangan. Sedangkan omega 3 ini banyak terdapat pada beberapa jenis ikan laut.

4. Menggunakan Pakaian Longgar

Meskipun Anda sedang memasuki masa menstruasi atau haid ini tidak menghentikan aktifitas sehari hari Anda. Anda tetap dapat melakukan aktifitas sehari hari seperti berolahraga maupun hangout dengan teman. Namun, Anda wajib menggunakan pakaian yang tampak lebih longgar sehingga menghindarkan rasa kram pada perut maupun pinggul Anda karena menggunakan pakaian yang cukup ketat dan kurang nyaman ketika digunakan oleh wanita yang sedang memasuki masa menstruasi atau haid.

5. Pilih Snack yang Menyehatkan

Wanita memang tidak bisa dijauhkan dengan makanan camilan atau snack. Ya, ketika memasuki masa menstruasi atau haid ini, maka sebaiknya pilihlah camilan atau snack yang berkhasiat untuk menyehatkan badan Anda seperti susu kedelai yang berkhasiat untuk mengurangi rasa kram dan juga perbanyak makan makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kacang almond, bayam, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa tips – tips agar saat menstruasi menjadi nyaman dan tentunya juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

images : pixabay



Leave a Reply