Penyebab Badan Lemas Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya


Vemala
30 May 2018

Ketika Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan, sering kali kita merasakan gejala yang

Ketika Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan, sering kali kita merasakan gejala yang umum untuk dirasakan pada saat masa haid seperti badan lemas, mood yang mudah berubah, hingga malas untuk melakukan beragam kegiatan. Ya, efek tersebut merupakan suatu efek normal yang kerap kali dirasakan oleh para wanita yang sedang memasuki masa datang bulan ini karena masa haid atau menstruasi ini mempengaruhi psikologis dan juga pemikiran Anda agar Anda bermalas malasan, mudah tersulut emosi, serta badan terasa pegal dan capek.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab badan lemas saat datang bulan yang juga dapat menyebabkan badan Anda menjadi lemas, mudah marah, hingga lebih senang untuk bermalas malasan. Untuk itu, inilah beberapa faktor penyebab badan lemas saat Anda memasuki masa haid atau datang bulan. Diantaranya adalah :

  1. Dehidrasi

Disaat Anda memasuki siklus menstruasi atau datang bulan ini maka Anda juga akan mengalami perubahan pada kadar estrogen serta progesterone yang tentunya dapat mempengaruhi kadar jumlah air di dalam tubuh Anda. Hal ini juga ditambah dengan banyaknya darah haid atau datang bulan yang keluar melalui organ vital dalam jumlah banyak sehingga cukup wajar bilamana badan Anda tampak lemas ketika memasuki masa haid ini. Maka dari itu, untuk menanggulangi dehidrasi agar badan Anda tidak lemas, sebaiknya Anda minum banyak air agar badan Anda tidak terlalu lemas. Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi air putih maka juga berkhasiat untuk meredakan kram perut yang juga menjadi efek ketika Anda memasuki masa haid ini.

Baca Juga :

 

  1. Hormon

Penyebab badan lemas ketika memasuki masa haid yang kedua adalah perubahan hormon. Ya, ketika Anda memasuki masa haid  ini maka hormon estrogen dan juga hormon progesterone ini memiliki kadar yang cukup sedikit sehingga dapat menyebabkan beberapa keluhan yang sering kali dialami oleh kaum perempuan yang sedang memasuki masa haid atau datang bulan seperti mood yang berubah ubah, kram perut, pusing, mual, serta badan terasa lemas. Maka dari itu, sangat disarankan ketika Anda sedang memasuki masa haid  sebaiknya kurangilah aktifitas aktifitas yang terlalu berat sehingga dapat menyebabkan tubuh Anda semakin lemas. Selain itu, untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, maka sebaiknya Anda melakukan kegiatan berolahraga dengan intensitas yang tidak terlalu berat.

  1. Anemia

Nah, penyebab badan lemas ketika memasuki masa haid atau datang bulan selanjutnya adalah karena kekurangan darah atau anemia akibat terlalu banyaknya darah yang keluar dari organ vital kaum perempuan. Ya, memang benar ketika seorang perempuan yang mulai memasuki masa datang bulan ini akan mengeluarkan banyak darah melalui organ vitalnya sehingga banyaknya darah yang keluar ini tidak sebanding dengan kemampuan tubuh kita untuk mengganti darah yang hilang tersebut. Maka dari itu, ketika badan Anda terasa lemas, maka penyebabnya adalah karena Anda terlalu banyak kehilangan darah ketika mulai memasuki masa datang bulan ini. Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi obat penambah darah yang dapat Anda beli di apotek.

Nah, itulah beberapa faktor faktor penyebab badan lemas ketika memasuki masa haid atau datang bulan.



Leave a Reply