Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya


Vemala
26 May 2018

Ketidaklancaran siklus haid atau datang bulan ini memang menjadi salah satu kekhawatiran atau ketakutan sendiri

Ketidaklancaran siklus haid atau datang bulan ini memang menjadi salah satu kekhawatiran atau ketakutan sendiri bagi seorang kaum perempuan. Sebab, ketidaklancaran siklus haid atau datang bulan tentunya dapat menimbulkan gejala atau penyebab tertentu seperti gejala kehamilan. Namun, terdapat beberapa penyebab haid atau datang bulan tidak lancar yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Agar, Anda dapat mengerti dan mengatasi beberapa penyebab dari siklus haid atau datang bulan yang tidak lancar ini.

Untuk itu, kali ini kami akan membahas beberapa penyebab haid atau datang bulan menjadi tidak lancar. Diantaranya adalah :

  1. Stress

Salah satu faktor penyebab haid tidak lancar yang pertama adalah stress. Ya, stress ini menjadi salah satu faktor utama mengapa kaum perempuan seringkali terlambat memasuki masa haid atau datang bulan. Mengapa ? Sebab, stress ini ternyata mampu mempengaruhi pola pikir sekaligus pola psikologis seseorang yang mengalami stress tersebut sehingga orang tersebut akan sulit mengendalikan dirinya sendiri. Tak berhenti sampai disitu saja, stress ternyata juga mampu menggoyahkan kestabilan kerja otak sehingga Anda yang mengalami stress akan mudah lelah pada pikirannya sehingga mampu memperlambat seseorang untuk memasuki masa haid atau datang bulan. Untuk menghindari keterlambatan siklus haid atau datang bulan, sebaiknya Anda perlu waktu istirahat yang cukup agar terhindar dari stress yang berlebihan.

Baca Juga :

  1. Terlalu Capek

Khususnya bagi Anda para kaum wanita karir agar tidak terlalu banyak memforsir tenaga Anda karena salah satu penyebab haid atau datang bulan tidak lancar adalah terlalu capek dan lelah karena melakukan aktifitas berlebihan seperti bekerja. Ya, terlal capek dan lelah ini tentu akan mengganggu stabilitas proses pelebaran pada dinding rahim Anda sehingga proses peluruhan sel telur tidak berjalan normal. Oleh karena itu, terlalu capek dan lelah menjadi salah satu faktor mengapa wanita sering kali terlambat memasuki masa haid atau datang bulan ini. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak terlalu memforsir tenaga Anda ketika sedang bekerja.

  1. Pola Hidur Yang Kurang Sehat

Anda harus berintropeksi diri Anda sendiri mengapa masa haid atau datang bulan sering kali tidak lancar padahal Anda tidak sedang mengalami stress dan juga tidak mengalam kecapekan atau kelelahan yang berlebih. Mungkin, salah satu penyebab mengapa siklus haid atau datang bulan ini menjadi tidak lancar karena pola hidup yang Anda jalani kurang sehat. Ya, ternyata pola hidur yang kuran sehat ini mampu mempengaruhi ketidaknormalan proses peluruhan sel telur pada dinding rahim sehingga siklus haid atau datang bulan ini sering kali terlambat. Oleh karena itu, ubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang sehat.

  1. Kehamilan

Nah, sering kali kita beranggapan bahwa keterlambatan seorang wanita memasuki siklus haid atau datang bulan karena wanita tersebut sedang hamil. Memang benar bahwa salah satu penyebab keterlambatan memasuki siklus haid atau datang bulan karena sel telur yang berada di dalam dinding ramih ini tidak luruh seluruhnya karena terdapat salah satu sel telur yang berhasil dibuahi dengan sperma. Maka dari itu, seorang yang memasuki masa kehamilan ini akan mengalami keterlambatan untuk memasuki siklus haid atau datang bulan ini. Nah, untuk lebih jelasnya, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

 

Nah itulah beberapa faktor faktor penyebab ketidaklancaran siklus haid atau datang bulan yang sering dirasakan oleh kaum perempuan.

images : pixabay



Leave a Reply