Penyebab Hidung Tersumbat Dan Cara Mengobatinya Dengan Mudah


Vemala
27 June 2018

Adakah salah satu jenis penyakit yang tentu sangat mengganggu kenyamanan selama beraktifitas sehari hari ? 

Adakah salah satu jenis penyakit yang tentu sangat mengganggu kenyamanan selama beraktifitas sehari hari ?  Atau adakah penyakit yang sangat menjengkelkan Anda ketika Anda bernafas ? Ya, penyakit hidung tersumbat ini tentunya sangat menyiksa Anda dalam kenyamanan beraktifitas dan kenyamanan bernafas sehingga Anda akan mudah marah serta mudah bersin yang mengeluarkan ingus. Untuk itu, ketahuilah beberapa hal tentang hidung tersumbat ini mulai dari gejala hidung tersumbat, penyebab hidung tersumbat, hingga beberapa cara cara atau langkah langkah untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang tengah Anda alami ini.

Gejala Yang Timbul Dari Jika Hidung Tersumbat

Baik, kita bahas satu persatu tentang masalah hidung tersumbat ini. Pertama adalah mengenai gejala gejala yang timbul bilamana Anda sedang mengalami masalah hidung tersumbat. Berikut ini adalah gejala gejala awal ketika Anda mulai merasakan mengidap penyakit hidung tersumbat. Diantaranya adalah :

  1. Merasa Sulit Bernafas

Gejala awal dari hidung tersumbat adalah Anda akan merasakan kesulitan untuk bernafas. Ya, Salah satu lubang hidung Anda akan merasa seperti tersumbat sesuatu sehingga pasokan oksigen akan berkurang. Lalu bagaimana cara alternatif ketika hidung Anda tersumbat ? Anda dapat bernafas dengan menggunakan mulut. Namun, cara ini cukup beresiko karena bias saja mulut Anda akan kemasukan sesuatu maupun bakteri dan kuman.

 

  1. Mulai Keluarnya Ingus

Ingus merupakan sebuah lender yang keluar akibat dari terinfeksinya Anda dengan virus pilek. Ya, virus tersebut menyebabkan bertambah banyaknya lendir di dalam hidung sehingga menyebabkan hidung Anda tersumbat dan lendir tersebut akan sukar dikeluarkan dengan sendirinya. Jadi, Anda butuh dorongan ketika Anda ingin mengeluarkan ingus dari dalam hidung.

 

  1. Bersin bersin

Nah, salah satu gejala yang paling mencolok ketika Anda tengah mengalami masalah hidung tersumbat adalah seringnya Anda bersin bersin dengan dibarengi dengan keluarnya ingus atau lendir dari dalam hidung. Ya, gejala ini disebabkan oleh virus influenza yang cukup membuat Anda jengkel dan tidak nyaman karena Anda akan selalu bersin di setiap saat serta dibarengi dengan rasa hidung tersumbat yang dapat menyebabkan hidung Anda tampak memerah.

Nah, itulah beberapa gejala gejala yang akan Anda rasakan ketika Anda tengah mengalami masalah hidung tersumbat yang tentunya sangat menyiksa.

Lalu, kita beralih membahas perihal penyebab penyebab dari penyakit hidung tersumbat ini. Meskipun dapat digolongkan sebagai penyakit “ringan”. Namun,, tetap saja penyakit hidung tersumbat ini sangat menyiksa kenyamanan Anda selama melakukan kegiatan sehari hari. Maka dari itu, Anda juga wajib mengetahui beberapa penyebab penyebab dari pada masalah hidung tersumbat ini agar kelak Anda tidak mengalami hidung tersumbat dengan penyebab yang sama.

Baca Juga :

Oleh karena itu, inilah beberapa penyebab penyebab dari pada masalah hidung tersumbat. Diantaranya adalah :

Penyebab Hidung Tersumbat Dan Cara Mengobatinya

  1. Alergi

Nah, bagi sebagian orang, alergi terhadap bau bau menyengat ini juga dapat dikaitkan dengan penyebab dari penyakit hidung tersumbat. Ya, beberapa orang yang mengalami alergi seperti alergi serbuk sari, alergi bau wangi, dan alergi lainnya ini pun juga dapat menyebabkan hidung Anda tersumbat.

 

  1. Paparan Zat Kimia

Paparan zat kimia ini juga menjadi salah satu penyebab dari masalah hidung tersumbat. Ya, terdapat beberapa zat zat kimia yang dapat membuat Anda merasa tersiksa karena Anda akan merasakan kesulitan bernafas akibat dari tersumbatnya hidung Anda yang berawal dari reaksi zat kimia tersebut. Untuk itu, gunakanlah masker guna mencegah masuknya zat zat kimia melalui hidung Anda.

 

  1. Iritasi Hidung Akibat Debu dan Kotoran

Ketika Anda keluar rumah tanpa menggunakan masker, maka disitulah hidung Anda akan dengan mudah terserang berbagai virus serta debu dan juga kotoran. Akibatnya, hidung Anda akan tersumbat dengan adanya virus, kotoran, hingga debu yang kemudian menempel dan menumpuk di dalam hidung Anda sehingga hal tersebut akan menyumbat hidung Anda.

 

  1. Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis ini merupakan suatu infeksi yang menyebabkan banyaknya lendir atau cairan di dalam hidung Anda. Sinusitis yang telah kronis ini dapat menyebabkan hidung Anda tersumbat dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

  1. Tumor Jinak

Tumor jinak ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu penyebab hidung Anda tersumbat. Sebab, benjolan tumor yang terdapat pada hidung ini acap kali menganggu Anda dalam kenyamanan bernafas.

 

  1. Adanya Benda Asing Yang Masuk Ke Dalam Hidung

Bagi Anda para orang tua, Anda wajib mengawasi putra putri Anda ketika tengah asik bermain. Sebab, secara alamia mereka akan mencoba memasukkan benda apapun ke hidungnya sehingga hal ini sangat lah berbahaya dan dapat menyebabkan kesulitan untuk bernafas. Oleh karena itu, hindarkan anak Anda dari berbagai bentuk permainan yang memiliki ukuran kecil seperti kelereng.

Nah, itulah dia beberapa penyebab penyebab dari pada masalah hidung tersumbat yang perlu untuk Anda ketahui.

Kini, kita beralih ke beberapa cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah :

 

  1. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara pertama adalah memperbanyak mengkonsumsi makan makanan yang berbau pedas. Ya, cabai ini dipercaya dapat meluruhkan lendir yang terdapat pada hidung ehingga secara tidak langsung hidung Anda dapat kembali normal. Tak heran jika orang yang sedang mengalami masalah hidung tersumbat ketika mengkonsumsi makan makanan pedas maka di area hidung akan tampak kemerahan dan lendir yang dikeluarkan pun juga cukup banyak.

 

  1. Menggunakan Balsem Hingga Minyak Kayu Putih

Selain dengan cara mengkonsumsi makan makanan pedas, Anda juga dapat menggunakan balsam ataupun minyak kayu putih. Sebab, keduanya mengandung zat yang mampu menstimulus agar lendir di dalam hidung Anda menjadi encer dan cair. Bagaimana caranya ? Terdapat dua cara yang dapat Anda gunakan. Pertama, Anda dapat menghirup aroma dari balsam atau minyak kayu putih. Dan yang kedua adalah Anda dapat mengoleskan balsam atau minyak kayu putih ke bagian hidung dan kemudia pijat perlahan.

 

  1. Menghirup dan Mengompres Dengan Air Hangat

Cara yang ketika adalah dengan memanfaatkan air panas atau hangat. Ya, Anda dapat menghirup uang air panas yang telah Anda sediakan sebelumnya dan setelah itu, Anda dapat mengompres hidung Anda dengan menggunakan air hangat. Cara ini terbukti efektif karena dapat membuat lendir di dalam hidung mulai luruh dan kemudian mencair dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa cara cara atau langkah langkah untuk mengatasi sekaligus mengobati masalah hidung tersumbat yang tengah Anda alami. Anda dapat memilih menggunakan salah satu cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang tentunya sangat menyiksa Anda dalam hal melakukan kegiatan sehari hari.

Demikianlah pembahasan kami kali ini mengenai beberapa gejala gejala, penyebab penyebab, hingga cara mengatasi masalah hidung tersumbat



Leave a Reply