Penyebab Keputihan Pada Wanita Yang Penting Untuk Diketahui


Vemala
15 June 2018

Bagi Anda para kaum perempuan yang tengah berusia remaja ataupun tengah berusia dewasa awal, tentunya

Bagi Anda para kaum perempuan yang tengah berusia remaja ataupun tengah berusia dewasa awal, tentunya Anda telah memasuki masa “matang” dan tahu akan istilah menstruasi sekaligus keputihan bukan. Ya, sebab dua fase tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu keputihan, maka kami akan membahas tentang apa itu keputihan, penyebab keputihan, dan cara mengatasi keputihan secara alami.

Pertama, kami akan membahas terlebih dahulu apa itu keputihan. Keputihan merupakan salah satu siklus yang mana area kewanitaan akan mengeluarkan cairan berwarna putih pekat yang disertai dengan timbulnya rasa gatal serta perih di area kewanitaan serta di daerah pangkal paha. Mengapa bisa demikian ? Sebab, cairan keputihan ini dibarengi dengan luruhnya sel sel mati yang terdapat di dalam leher dinding rahim yang mengandung kuman, virus, bakteri, hingga parasit yang membuat Anda sering merasakan gatal, perih, dan timbul bercak merah di sekitar vagina hingga pangkal paha.

Maka dari itu, tak heran jika ketika Anda tengah memasuki fase keputihan ini Anda akan merasa tidak nyaman serta merasa tersiksa akibat dari efek keputihan. Oleh karena itu, pastinya Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi penyebab keputihan yang sangat menyiksa ini.

Namun, sebelum itu, mari kita sama sama membahas tentang beberapa penyebab keputihan pada wanita yang perlu untuk Anda ketahui bersama. Diantaranya adalah :

Penyebab Keputihan Pada Wanita

  • Akan dan Mulainya Fase Menstruasi

Ketika Anda akan memasuki sebelum dan sesudah fase menstruasi, maka Anda akan terlebih daulu mengalami masa keputihan. Ya, cairan keputihan ini ditandai dengan keluarnya lendir berwarna puith pekat melalui area kewanitaan. Lendir ini lah yang mengandung sel sel mati dari dalam vagina yang tentunya dibarengi dengan adanya bakteri, kuman, virus dan parasit yang menyebabkan area kewanitaan teraasa gatal, panas, dan muncul bercak merah. Fase keputihan ini tentunya menandakan bahwa sel sel telur pada dinding rahim ini telah luruh dan Anda tengah siap untuk memasuki masa menstruasi ini guna menyuburkan kandungan rahim Anda.

  • Mulai Tertarik Dengan Lawan Jenis

Bagi para wanita yang tengah mengalami fase keputihan ini biasanya diakibatkan oleh mulai timbulnya rasa tertarik kepada para lawan jenisnya. Ya, ketika Anda para kaum perempuan yang tengah mengalami daya rangsan dan tertarik dengan lawan jenis, maka secara tidak langsung Anda akan mengalami masa keputihan dan ini merupakan salahsatu penyebab keputihan yang normal dan hampir semua kaum wanita yang tengah tertarik dengan lawan jenis pasti juga akan mengalami fase keputihan ini.

  • Tengah Menyusui

Bagi para ibu hamil dan menyusui, pastinya juga akan mengalami dan memasuki fase keputihan ini. Sebab, ketika Anda tengah menyusui atau hamil maka Anda akan juga akan memasuki fase keputihan karena sel sel mati yang terdapat pada leher dinding rahim ini juga akan keluar bersamaan dengan cairan pekat yang dinamakan keputihan ini.

Nah, itulah beberapa penyebab utama ketika Anda selaku kaum perempuan yang berusia antara remaja hingga orang dewasa. Hampir semua kaum perempuan pastinya akan memasuki fase keputihan yang dianggap oleh beberapa orang fase ini cukup menyiksa karena akan sangat mengganggu ragam aktifitas sehari hari yang sedang Anda jalankan. Maka dari itu, kali ini kami akan beralih membahas tentang beberapa cara cara ataupun langkah langkah untuk mengatasi rasa gatal, perih, hingga bercak kemerahan akibat dari datangnya fase keputihan ini dengan menggunakan beberapa bahan alami.

Mengapa harus menggunakan bahan alami ? Sebab, dengan menggunakan bahan alami ini lah yang tentunya mampu dan sanggup mengatasi masalah keputihan tanpa adanya resiko yang sangat berbahaya. Selain itu, harga belinya pun juga murah dan juga mudah untuk di dapatkan karena tersedia di beberapa supermarket maupun di pasar tradisional. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengatasi masalah keputihan ini dengan menggunakan berbagai pilihan bahan bahan alami yang terbukti akan khasiatnya yang sangat ampuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahan bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat mujarab dan ampuh untuk mengatasi masalah keputihan yang dialami oleh kaum perempuan. Diantaranya adalah :

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

  • Kayu Rapet

Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat mujarab dan ampuh dalam hal mengatasi masalah keputihan yang dialami oleh para kaum perempuan ini adalah dengan menggunakan kayu rapet. Sekilas, kita masih awam perihal kayu rapet ini sebab tanaman ini memang bukan tanaman endemic khas Indonesia. Ya, tanaman yang berasal dari China ini memang kerap dijadikan sebagai tumbuhan obat keluarga. Nah, kayu rapet ini memang dikenal mampu mengatasi masalah pada organ kewanitaan sehingga kayu rapet ini juga dikenal ampuh mengatasi masalah keputihan. Lalu, bagaimana cmembuat ramuan herbal yang terbuat dari kayu rapet ini ? Caranya meman sangat mudah. Anda hanya cukup sediakan 1 kayu rapet seukuran jari, kemudian siapkan bahan lainnya seperti kayu meyosi, manjakani setengah butir, cengkeh 2 buah, jahe sukun, jinten putih 5 butir. Kemudian siapan air dan kemudian rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, maka selanjutnya adalah masukkan kesemua bahan tersebut ke dalam panci yang berisi air mendidih. Setelah itu, siapkan gelas dan kemudian saring antara bahan bahan tersebut dengan air rebusan. Diamkan selama beberapa menit hingga air rebusan menjadi hangat. Kemudian minumlah secara teratur minimal 1 kali sehari agar masalah keputihan yang Anda alami dapat segera terselesaikan.

 

  • Daun Sirih

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwasannya daun sirih ini dapat dijadikan sebagai ramuan tradisional  yang berkhasiat untuk mengatasi masalah keputihan. Ya, daun sirih ini memang mengandung berbagai zat seperti betlephenol, eugenol, dan chavicol yang sangat membantu mengurangi kadar lender keputihan berlebih. Serta daun sirih ini juga memiliki sifat anti jamur serta anti radang yang mampu menanggulangimasalah keputihan abnormal. Yang perlu Anda ketahui adalah terdapat dua jenis daun sirih yang sama sama memiliki khasiat mujarab dalam mengatasi masalah keputihan yakni daun sirih merah serta daun sirih hijau.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan tradisional dari daun sirih ? Caranya juga cukup mudah. Siapkan daun sirih yang telah Anda cuci hingga bersih. Kemudian isi panci dengan dua gelas air dan kemudian panaskan hingga setengah mendidih. Setelah itu, masukkan daun sirih ke dalam air rebusan tersebut. Setelah air rebusan tampak tingga satu gelas maka tiriskan dan saring antara daun sirih dengan air rebusan daun sirih. Minumlah selagi hangat dan juga lakukanlah kegiatan ini secara rutin minimal sekali dalam sehari.

Nah, itulah pengertian, penyebab, hingga cara menanggulangi masalah keputihan yang sering kali dialami oleh para kaum perempuan.

 

 

 

 



Leave a Reply