penyebab munculnya jerawat

Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya

5 views

Adalah jerawat, si jenis penyakit kulit, menyerang wajah manusia dan bisa mengenai siapa saja ini memang sangat merusak penampilan. Meskipun bila diperhatikan sepintas tampak sepele, namun bila dibiarkan bisa menjadi masalah serius. Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit yang terletak di wajah.

Awalnya ini pori-pori tersumbat lalu timbulah kantung berisi nanah, lemak dan juga kotoran. Akhirnya kulit menjadi meradang dengan ditandai timbulnya bintik-bintik merah. Dalam skala kecil orang bahkan sering menyebutnya sebagai bisul. Beberapa ada yang bisa terlihat pada bagian tubuh lain seperti wajah, leher, dada dan punggung.

Ada banyak faktor yang memicu terjadinya jerawat di wajah ini. Dapat dari faktor luar maupun dari dalam tubuh itu sendiri. Berikut ulasan lengkapnya :

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Wajah

Wajah kotor pemicu timbulnya jerawat. Jarang membersihkan wajah terutama setelah melakukan aktifitas berat seharian, yang merangsang keluarnya banyak keringat. Belum lagi bila ada rambut atau keringat yang mengenai wajah yang sudah berjerawat, dapat memperparah keadaan. Jerawat makin sulit teratasi. Cucilah wajah secara teratur, khususnya pada malam hari menjelang tidur.

  1. Penggunaan Kosmetik Yang Salah

Penggunaan kosmetik yang salah ditengarai pula sangat berpengaruh. Sering berganti-ganti merk kosmetik, tanpa memberi jeda kulit untuk bernapas. Mengolesnya dengan merk berbeda setiap waktu, ini juga salah. Berpotensi kulit iritasi dan jerawat bisa muncul sewaktu-waktu.

Baca juga : cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

  1. Faktor Jenis Kulit

Jenis kulit berlemak dan banyak mengandung minyak menjadi faktor utama pencetus terjadinya jerawat, begitu pula untuk kulit tipe sensitif, di tambah kulit pori-pori  yang lebar sangat berpenegaruh sekali. Tips cara membersihkan wajah seperti itu, rajin membersihkan wajah setiap hari jangan malas. Gunakan dan pilih jenis sabun wajah khusus untuk menangani kulit berminyak.

  1. Faktor Hormon

Faktor hormonal seseorang juga turut andil serta berpengaruh. Misalkan pada wanita menjelang menstruasi, obat-obatan jenis tertentu yang berpotensi menimbulkan efek samping seperti jerawat tersebut. Solusinya cuma satu! Rajin membersihkan wajah dan hindari hal-hal yang memicu terjadinya jerawat bertambah parah.

  1. Faktor Makanan

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan, telur, keju dan mentega, juga bisa memicu timbunya jerawat. Maka kurangi atau kalau bisa dihindari, untuk tidak menyentuh makanan itu secara berlebihan.

  1. Faktor Genetika Atau Keturunan

Perhatikanlah orang-orang sekitar dalam keluarga, apakah ada yang menderita penyakit jerawat atau tidak. Jika ada yang menderita dan sama persis dengan Anda, berarti Anda tidak sendiri. Ini membuktikan bahwa Anda memiliki keturunan atau genetik untuk terserang jerawat.

  1. Pola Hidup Yang Salah

Pola atau gaya hidup yang salah juga berpengaruh. Seperti banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau yang serba diawetkan misalnya, makanan junkfood atau makanan dan minuman instan lainnya. Selain itu merokok dan minuman beralkohol, dan kurangnya meminum air putih.

  1. Pengaruh Stres

Stres atau gangguan pikiran juga memicu terjadinya jerawat. Oleh karena itu berusahalah hidup dengan rileks. Jalani kehidupan seperti air mengalir. Tidak perlu ngoyo mengarang memiliki sesuatu yang tidak ada pada diri sendiri.

  1. Pengaruh Lingkungan Yang Kotor

Asap dan debu juga berpengaruh, kulit wajah sering kotor. Apalagi jika kebetulan tempat tinggal berada dekat dengan jalan raya, atau banyak melakukan kegiatan di luar rumah. Rajin-rajinlah merawat muka agar jerawat tidak timbul.

Jika sebagian dari kita pernah melakukan seperti pada pada penjelasan di atas, maka sebaiknya hindari kebiasaan tersebut sehingga wajah cerah anda kembali anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *