Penyebab Nyeri Otot Saat Menstruasi & Cara Mengatasinya


Vemala
29 May 2018

Pernahkah Anda merasakan nyeri otot pada saat Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan

Pernahkah Anda merasakan nyeri otot pada saat Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan ? Ya, rasa nyeri otot pada saat Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan ini merupakan salah satu gejala yang cukup normal dan merupakan salah satu dari efek siklus haid atau datang bulan yang sedang dirasakan oleh kaum wanita.

Namun, yang perlu Anda waspadai adalah ketika Anda merasakan kontraksi nyeri otot yang cukup hebat dan juga berlangsung lebih lama dari masa haid atau datang bulan ini lah yang perlu Anda konsultasikan pada dokter karena bisa jadi itu adalah salah satu gejala dari suatu penyakit tertentu.

Apa penyebab rasa nyeri otot ketika Anda sedang memasuki masa haid atau datang bulan ini ? Memang, nyeri otot ini disebabkan oleh salah satu efek dari datangnya masa haid atau datang bulan ini. Namun, lebih jelaskan adalah karena terjadi kontraksi kecil antara otot dengan dinding rahim. Ya, kontraksi ini terjadi akibat dari peluruhan sel sel telur pada dinding rahim sehingga otot dinding rahim ini tampak mengencang serta juga minimnya suplai oksigen yang menyebabkan beberapa jaringan rahim ini mulai mengeluarkan cairan kimia yakni prostaglandin yang menciptakan rasa nyeri otot yang cukup sakit. Prostagnaldin ini akan semakin banyak keluar karena adanya kontraksi otot dinding rahim yang juga terjadi secara terus menerus.

Tak hanya itu saja, prostagnaldin ini juga dapat menyebabkan gejala haid atau datang bulan lainnya seperti mual, diare, badan menjadi lemas, hingga sakit kepala. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak banyak mengeluarkan energy agar kontraksi dinding rahim ini tidak terjadi terlalu lama dan juga cairan prosrtagnaldin ini tidak banyak keluar di dalam tubuh Anda.

Baca Juga :

Selain itu, berikut ini juga merupakan salah satu penyebab daripada nyeri otot yang dirasakan oleh para kaum perempuan yang sedang memasuki masa haid atau datang bulan. Diantaranya adalah :

  1. Meningkatnya volume haid
  2. Mengalami masa haid atau datang bulan yang pertama kalinya di usia yang kurang dari 11 tahun
  3. Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas
  4. Belum pernah memasuki masa hamil
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, kafein, dan juga terlalu banyak merokok

Nah, itulah beberapa penyebab penyebab terjadinya nyeri otot yang cukup menyiksa kaum perempuan yang sedang memasuki masa haid atau datang bulan. Tentunya Anda pasti tersiksa karena rasa nyeri otot yang tidak tertahankan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan langkah langkah untuk mengurangi rasa nyeri otot yang tak tertahankan akibat dari efek haid atau datang bulan ini. Diantaranya adalah :

  1. Mengkonsumsi obat obatan yang berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri otot
  2. Mandi dengan menggunakan air hangat
  3. Meminum minuman yang terbuat dari ramuan tradisional
  4. Berbaring dengan cara kaki diangkat ke atas
  5. Serta menempelkan koyo pada bagian tubuh yang terasa nyeri
  6. Perbanyak mengkonsumsi makan makanan yang mengadung berbagai zat seperti vitamin E, asam lemak, omega 3, vitamin B1, vitamin B6, hingga magnesium seperti sayur sayuran dan juga aneka macam buah buahan
  7. Jangan terlalu capek dan lelah
  8. kurangi stress

Nah, itulah beberapa faktor faktor penyebab serta cara menangulangi dari rasa nyeri otot ketika Anda mulai memasuki masa haid atau datang bulan.

images : pixabay



Leave a Reply