Penyebab Terjadinya Kegemukan Atau Obesitas Yang Mengundang Penyakit


Vemala
21 November 2016

Vemala.com – Makanan disebut-sebut salah satu hal yang dapat membuat terjadinya obesitas atau kegemukan yang

Vemala.com – Makanan disebut-sebut salah satu hal yang dapat membuat terjadinya obesitas atau kegemukan yang paling banyak orang ketahui. namun, selain makanan yang memiliki pengaruh terjadinya obesitas,ada hal lain lagi yang memiliki pengaruh seperti pada penjelasan di bawah ini.
Pada dasarnya kegemukan yang terjadi dalam tubuh manusia dengan sedikitnya kalori yang bakar dalam tubuh, sedangkan kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang di bakar dan kalori yang tidak di bakar dalam tubuh tersebut akan di timbun dalam tubuh dan dijadikan cadangan sumber energy.
 
Penyebab Terjadinya Obesitas
Makanan memang mamiliki faktor yang besar terjadinya kegemukan bagi manusia, seperti mengkonsumsi banyak makanan berkarbohidrat dengan kandungan kalori yang tinggi dan jumlah karbohidrat dan kalori yang di konsumsi tersebut lebih sedikit di banding dengan jumlah kalori yang masuk, seperti tidak melakukan aktifitas olahraga dan lain sebagainya.
Nah, sekarang sudah tau kan beberapa penyebab terjadinya kegemukan ?
Hanya dari kurang gerak atau tidak berolahraga juga bisa menyebabkan kegemukan.
 
1. Gaya Hidup Dan Pengaruh teknologi
 
Melakukan banyak aktifitas yang di pengaruhi oleh teknologi seperti duduk lama di depan komputer dan lain sebagainya, sehingga memiliki aktifitas gerak yang sedikit dan di tambah dengan mengkonsumsi camilan yang tinggi akan kalori. Sehingga kegiatan tersebut membuat tubuh menjadi cepat melar atau gemuk.
2. Diet yang Ektreme
Bebeberapa orang ada yang melakukan diet ektreme untuk menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar dalam waktu yang tergolong cepat. Entah apa alasan mereka melakukan cara tersebut, bisa di pengaruhi keputus asaan dalam mendapatkan tubuh ideal , karena sebelumnya pernah melakukan diet atau alasan lainnya.
Padahal untuk melakukan penurunan berat badan ada batasannya, setidaknya 1 kilo gram dalam seminggu, ketika berat badan menurun secara drastis, maka tubuh akan kekurangan nutrisi penting yang di butuhkan setiap harinya, dan cara diet ektreme ini tidak akan melatih tubuh dalam membakar makanan yang di konsumsi dalam jangka panjang, dan akhirnya penambahan berat badan akan cepat terjadi, karena makanan yang di konsumsi tidak semuanya di cerna dalam tubuh dengan baik.
3. Stress
 
Ketika stress, tubuh akan cenderung akan merasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan yang ada. Karena ketika merasa stress, maka tubuh akan mengeluarkan hormor karsitol yang menjadi pemicu mudahnya rasa lapar timbul .
 
4. Kurang Tidur
Kurang tidur memiliki pengaruh terjadinya kegemukan, karena di saat tubuh kekurangan istirahat maka kecenderungan-kecenderungan yang timbul dapat memicu seseorang untuk melakukan hal yang dapat mengakibatkan kegemukan, seperti :
  • Kurang tidur dapat membuat seseorang mengkonsumsi makanan yang kurang baik, seperti gorengan dan tidak memilih makanan dari buah-buahan
  • Tidur terlalu malam dapat mendorong seseorang untuk mengkonsumsi camilan di malam hari dan menjadi timbunan kalori dalam tubuh
  • Kurang tidur juga dapat memicu rasa lapar, karena memicu hormon dalam tubuh meningkat

 

5. Berhenti Merookok
 
Jangan salah, ketika seseorang berhenti meroko dapat menambah berat badan seseorang. Karena ketika seseorang meroko dapat membakar kalori lebih banyak 10 sampai 20 lipat, karena jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah. Dan ketika seseorang berhenti merokok dapat menigkatkan nafsu makan untuk beberapa minggu. Namun , sebaiknya menghindari untuk merokok, karena berhenti merokok lebih baik untuk menjaga kesehatan jangka panjang.
6. Mengidap penyakit Tertentu
Penyakit tertentu merupakan hal yang dapat menambah berat badan seseorang lebih cepat, seperti mengidap penyakit tertentu:
  • Sindrom Cushing : adalah salah satu penyakit yang dapat memicu tubuh mengeluarkan hormon stress atau karsitol atau seseorang mengkonsumsi streroid untuk menyembuhkan penyakit, seperti penyakit artritis , asma dan penyakit lupus. Penambahan berat badan tersebut akan nampang perubahannya di bagian leher, wajah,pinggang dan punggung bagian atas.
  • Hipotiroidisme : merupakan , dimana tubuh tidak mengeluarkan hormon tiroid yang cukup. Hal ini mempengaruhi fungsi tubuh dalam menjaga metabolisme .
  • Sindrome Ovarium Polikistik : merupakan sindrom yang biasanya terjadi pada seorang perempuan yang memiliki kista kecil di organ reproduksinya . perempuan yang memiliki kondisi tersebut memiliki resistensi terhadap hormon yang menjaga kadar gula atau insulin tubuh yang dapat membuat penambahan berat badan di bagian perut.

 

7. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu
Sebagian dari kita mungkin pernah melihat, seseorang yang sakit dan menjalani berobat. Namun setelahnya berat badan seseorang tersebut menjadi cepat bertambah di banding waktu dulu sebelum sakit. Ya, ada beberapa obat-obatan yang dapat membuat berat badan seseorang tersebut dapat bertambah, seperti :
  • Antidepresan
Seseorang yang mengalami depresi cenderung berdiam diri di rumah dan tidak melakukan banyak aktifitas. Dan ada beberapa orang mengkonsumsi obat untuk penderita depresi, namun sayangnnya obat tersebut dapat membuat berat badan akan bertambah.
  • Obat-Obatan Umum
Obat-obatan umum yang di maksud adalah jenis obat-obatan yang mungkin mudah untuk anda temukan, seperti obat tekanan darah tinggi, kejang-kejang, diabetes dan migran .
Berikut adalah beberapa hal yang dapat mengundang atau penyebab penyakit obesitas yang sebaiknya untuk menghindarinya dan melakukan pola hidup yang lebih sehat.


Leave a Reply