Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya


Vemala
21 May 2018

Sebagian besar kaum perempuan yang sedang memasuki masa haid atau datang bulan, pastinya merasakan rasa

Sebagian besar kaum perempuan yang sedang memasuki masa haid atau datang bulan, pastinya merasakan rasa sakit kepala yang cukup menyiksa dan berlangsung cukup lama. Normalnya, rasa sakit kepala berlangsung sekitar satu hingga dua hari ataupun juga terjadi antara 3 hari setelah masa haid telah usai.

Tentu, rasa sakit kepala yang tak tertahankan ini sangat menyiksa kaum perempuan yang sedang mengalami siklus haid atau datang bulan karena beberapa faktor salah satunya adalah karena terjadi terdapat perubahan beberapa hormon seperti hormon estrogen dan juga hormon progesterone. Ya, kedua hormon ini memiliki peran pada proses kehamilan seorang wanita dan juga pada masa haid ataupun datang bulan.

Jadi, kedua hormon baik hormon estrogen dan juga hormone progesterone ini dapat menyebabkan sakit kepala yang cukup berat karena kedua hormon ini berada pada level yang cukup rendah ketika seorang wanita tersebut akan memasuki masa haid atau datang bulan ini. Maka dari itu, penyebab sakit kepala ini dikarenakan menurunnya kadar hormon estrogen dan juga hormon progesterone.

Nah, setelah membahas tentang faktor penyebab sakit kepala saat memasuki masa haid atau datang bulan ini, maka kali ini kami juga akan membahas tentang beberapa cara cara menghilangkan sakit kepala di saat Anda akan memasuki masa haid atau datang bulan ini. Perlu Anda ketahui beberapa langkah langkah yang dapat Anda lakukan guna menghilangkan ataupun mengurangi rasa sakit kepala yang Anda alami ketika akan memasuki masa haid atau datang bulan ini. Diantaranya adalah :

Baca Juga :

Mengkompres Dengan Menggunakan Es Batu :

  1. Siapkan es batu secukupnya.
  2. Siakan handuk bersih
  3. Lalu, bungkus es batu dengan menggunakan handuk yang telah Anda sediakan.
  4. Kemudian, kompres pada bagian kepala ataupun leher Anda.

Nah, itulah salah satu cara mudah untuk menghilangkan sekaligus mengurangi rasa sakit kepala ketika Anda memasuki masa haid atau datang bulan ini. Namun juga Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang wajib untuk tidak Anda konsumsi. Diantaranya adalah :

  1. Mengurangi mengkonsumsi minuman beralkohol
  2. Mengurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi
  3. Mengurangi makan makanan yang mengandung MSG
  4. Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung tyramine yang berkadar tinggi seperti buah alpukat, pisang, ikan asap, buah buahan kering, coklat, dan lain sebagainya.

Selain itu, juga terdapat beberapa hal hal yang patut juga Anda hidari seperti jangan terlalu sering atau banyak menghirup aroma yang tidak biasa dan juga menyengat seperti parfum,asap knalpot, cairan bensin, bahan kimia, dan aroma lainnya.

Bilamana rasa sakit kepala yang Anda rasakan ini terjadi lebih dari 2 hingga 3 hari, maka beberapa langkah langkah ini dapat Anda lakukan. Diantaranya adalah :

  1. Mengkonsumsi obat obatan seperti ibuprofen, naproxen, atau asam mefenamat.
  2. Mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium
  3. Jika sakit kepala masih berkelanjutan walaupun telah mengkonsumsi obat tersebut, maka sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter ahli ataupun spesialis.

Nah, itulah beberapa penyebab dan juga cara cara meredakan sakit kepala akibat dari masuknya masa haid atau datang bulan yang sedang dialami oleh kaum perempuan. Sebaiknya, Anda melakukan kegiatan olahraga dengan instensitas ringan agar tubuh Anda tetap terjaga dari berbagai efek yang ditimbulkan oleh siklus menstrusi atau datang bulan termasuk sakit kepala ini.

images : pixabay



Leave a Reply