9 Sayuran Tinggi Protein Pengganti Asupan Daging & Ikan


Vemala
10 May 2018

Protein merupakan asupan penting untuk di cukupi setipa harinya untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga aktifitas

Protein merupakan asupan penting untuk di cukupi setipa harinya untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga aktifitas harian bisa berjalan dengan baik. Ketika bicara tentang protein, maka kebanyakan orang akan teringat tentang daging untutuk mendapatkannya di banding sayuran atau buah-buahan.

Berbicara tentang sayur-sayuran, banyak orang akan teringat tentang kandungan serat dan vitamin di banding dengan kandungan proteinnya. Namun , taukah kamu ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan protein yang tinggi di bandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

Siapapun anda, entah itu seorang vegetarian atau bukan, asupan protein sangat di butuhkan tubuh setiap harinya, terutama bagi seorang dewasa yang memiliki umur 17 sampai 60 tahun membutuhkan asupan protein 62 gram hingga 66 gram untuk wanita dan untuk pria 62 sampai 66 gram protein perhari. Namun, bagi seseorang yang Vegetarian tentunya akan memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan protein dii banding seseorang yang tidak vegetarian yang bisa mengkonsumsi sumber makanan dari ikan atau daging.

Jenis-Jenis Sayuran Tinggi Akan protein

Apapun tujuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan protein, entah itu hanya untuk memenuhi kebutuhan harian atau program lainnya, seperti membantu pembentukan otot atau juga untuk diet, penting untuk diketahui bahwa protein memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, memperbaiki sel tubuh dan yang lainnya.

  1. Protein Dari Kacang Polong

Kacang polong, memiliki banyak kandungan penting untuk kesehatan tubuh, terutama kandungan protein 9 gram dari secangkir. Namun , kacang polong memiliki kandungan lainnya seperti zat Besi, Vitmain C , Vitamin B,Folat da vitamin A. Nah, kacang polong menjadi hal yang baik untuk di konsumsi dengan kaya akan nutirsi dalam satu jenis makanan yang dikonsumsi.

  1. Protein Dari Jagung

Jangung manis memiliki kandungan protein 4,68 berikut dengan bonggolnya. Akan tetapi jika tidak dengan bonggolnya memiliki kanduungan prtein 3,3 gram.

  1. Protein Dari kacang Kedelai

Dalam satu cangkir kacang kedelai yang sudah di masak dengan cara merebusnya, memiliki kandungan protein 28 gram dan juga dilengkapi dengan 5 gram lemakdan juga dan 17 gram kalori.

  1. Edamame

Jenis kacang-kacangan ini mungkin bagi sebagian dari anda sudah tidak asing lagi. Kacang ini biasa di sebut juga degan kacang jepang. Namun, dari kandungan proteinnya tidak ragukan lagi, yang memiliki kandungan protein sebanyak 22 gram dalam satu cangkir yang sudha dimasak.

  1. Protein dari Brokoli

Selaiin protein, brokololi memiliki kandungan Vitamin K dan Vitamin C dan juga bagus untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker. Dalam satu cangkir memiliki kandungan protein 2,8 gram protein.

  1. Protein Dari Lentil

Lentil memiliki kaya akan nutrisi, terutama memiliki kandungan protein yang besar sebanyak 18 gram dalam satu cangkir. Selain itu memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya dari kandungan lain di dalamnya, seperti Folat , Fosfor , thiamin, Zat Besi serat, dan juga 230 kalori.

  1. Protein dari Kacang Lima

Kandungan serat,Zat Besi dan kalium menjadi nilai lebih dari kacang lima ini, selain terdapatnya kandungan protein sebanyak 9 gram dalam satu cangkir.

  1. Asparagus

Vitamin K , Kalium dan juga antioksidan juga dimiliki dari sayuran asparagus ini dan tentunya dilengkapi 2,4 gram protein dalam 100 gram asparagus.

  1. Kentang

Siapa sih yang tidak pernah konsumsi kentang ? rasanya bayak orang yang tidak asing dengan jenis sayuran ini. Jika bagi anda sudah terbiasa dengan mengkonsumsi makanan ini maka penting untuk diketahui, bahwa kebiasaan anda tersebut memiliki Gizi yang terkandung didalamnya , seperti Vitamin B 6, Vitamin C dan juga protein sebanyak 5 gram dalam ukuran sedang, lengkap dengan kulit kentangnya.

 

Ilustrasi image : bodybuilding



Leave a Reply