Stress Jerawat Banyak ? Hati-hati Stress Justrsu Makin Memperparah Jerawat

  • Whatsapp
stress jerawat banyak

Stres yaitu kondisi tubuh tegang secara mental dan emosional, akibat keadaan buruk yang menimpa seseorang. Perasaan tidak nyaman, bisa berupa : Kemarahan, kekecewaan, kesedihan dan lain sebagainya. Tanda disadari tubuh menanggung beban psikologis karenanya.

Pada beberapa kasus, di negara-negara tertentu sering dilaporkan banyak penderita beban mental tersebut. Lalu ada kaitan apa dengan parahnya jerawat di wajah. Berikut penjelasannya!

1. Antara Jerawat, Stres Saling Berkaitan

Stres bermula dari otak. Hypothalamus yang merupakan hormon akan memproduksi dan mengeluarkan yang bernama corticoropin. Di mana akan merangsang kelenjar pituitary, dari sini akan keluar ke hormon adrenocorticotropic. Hormon inilah yang akan merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi cortisol.

 

Sedang yang dimaksud dengan hormon cortisol adalah hormon utama stres. Itulah mengapa menurut para pakar penelitian kesehatan menyebutkan bahwa variasi adrenalin yang memproduksi hormon cortisol tersebut akan menyebabkan gula darah, denyut nadi, serta tekanan darah meningkat. Hormon dikeluarkan jika ada tindakan memberontak. Dan jika tak digunakan terakumulasi di badan, hingga menyebabkan masalah kesehatan baik fisik dan psikis secara serius.

2. Dampak Stres Terhadap Kondisi Fisik Dan Jerawat

Pada saat sedang mengalami stres, detak jantung akan meningkat cepat, otot menjadi tegang, dan deru napas cepat pula cepat. Hormon kortisol juga menyebabkan tekanan darah meningkat dan kadar gula dalam darah naik. Dan jika kadar gula dalam darah naik, akan memicu produksi insulin dalam tubuh.

Sebenarnya insulin tersebut berguna menetralisir kadar gula yang tinggi. Namun kadar insulin yang tinggi juga menimbulkan efek samping berupa jerawat. Di samping itu, hormon stres ikut menekan daya imun tubuh, menstimulasi peradangan dan inflamasi dalam tubuh.

 

Daya imun yang menurun membuat tubuh mudah terserang bakteri penyebab jerawat. Kekebalan tubuh yang menurun secara signifikan juga menghambat proses penyembuhan jerawat. Memicu timbulnya jerawat baru, membuat jerawat meninggalkan noda hitam bekas jerawat. Kemudian SSP atau System Syaraf Pusat mengeluarkan peradangan yaitu neuropeptide, membuat jerawat semakin meradang.

Stres juga menambah pasokan hormon adrenalin, menyerap nutrisi dalam darah dan memengaruhi organ terbesar tubuh yakni kulit. Mengganggu pencernaan, proses pembuangan racun dari dalam tubuh terganggu. Racun yang terakumulasi menyebabkan komedo dan jerawat. Efek lainnya peradangan atau inflamasi pada tubuh.

3. Stres Memicu Kelenjar Minyak Penyebab Jerawat

Dibuktikan dengan hormon stres yang memiliki reseptor dengan kelenjar yang memproduksi minyak pada kulit. Cortisol atau hormon utama stres juga terlibat pembentukan sel-sel kulit. Merangsang lipid berminyak dari kelenjar khusus, memproduksi minyak pada kulit yaitu kelenjar sebaceous atau sebasea, di mana kelenjar tersebut memproduksi minyak berlebihan.

Minyak yang bercampur dengan kotoran lainnya akan menyebabkan jerawat. Minyak akan menjebak bakteri dan kotoran dalam pori-pori yang menyebabkan peradangan jerawat. Ketika mengalami stres, kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak.

4. Stres, Pola Hidup Dan Jerawat

Stres dipicu pula pola hidup salah seperti :

  • Stres mengganggu siklus tidur

Proses regenerasi kulit terganggu, memicu munculnya komedo, jerawat, kulit kusam.

  • Merokok atau mengonsumi alkohol

Merokok dapat menyumbat pori-pori sebab racun yang dihasilkan. Insomnia bagi peminum alkohol.

  • Malas Berolahraga

Olahraga membantu membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

  • Malas Makan

Stres memicu rasa putus asa, malas makan atau sekalinya makan ceroboh tidak memerhatikan nila gizi yang bermanfaat.

Nah, skarang sudah taukan sekarang bahwa stress dapat membuat jerawat makin parah yang sebaiknya anda hindarinya . dari pada stress karena jerawat tak kunjung hilang, maka sebaiknya lakukan perawatan wajah dengan merubah pola hidup yang lebih sehat.

Related posts