Susah Buang Air Besar ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
penyebab susah buang air besar

Kalian yang sering mengalami susah buang air besar pastinya merasa sangat terganggu. Dimana rasa perut kalian begah dan juga mengganjal. Hal tersebut jujga akan mengganggu kenyamanan kalian ketika akan melakukan aktivitas. Selain itu kalian yang sering mengalami susah buang air besar perlu berhati-hati karena tak hanya tidak nyaman dampaknya juga dapat mengganggu kesehatan kita. Bahkan susah BAB juga dapat mengakibatkan ganggunan ginjal menurut beberapa penelitian.

Penyebab Susah Buang Air Besar Atau BAB

Ada banyak hal yang ikut andil menjadi penyebab susah buang air besar tanpa kalian sadari. Nah berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kalian menjadi susah buang air besar.

  1. Kurang minum air putih

Walaupun mungkin banyak orang menganggap minum air putih merupakan kegiatan sepele tetapi sebenarnya kegiatan tersebut berdampak besar bagi tubuh. Dimana air putih merupakan salah satu penyetor cairan tubuh terbesar di dalam tubuh.

 

Air putih juga dapat membantu memaksimalkan kinerja organ-organ di dalam tubuh. Di dalam air putih juga terkandung berbagai mineral yang dapat memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh manusia. Kalian yang malas minum air putih maka resikonya metabolismenya akan terganggu. Sistem pencernaan pun juga akan ikut terhambat jika asupan cairan kurang.

  1. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat secara berlebih

Pastinya makanan pokok yang kita konsumsi setiap harinya adalah karbohidrat seperti nasi, mi, gandum, roti, sagu, dan sebagainya. Memang karbohidrat penting untuk mengisi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Namun jika kalian mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan maka zat pati atau amilum di dalamnya tidak akan larut dalam air dan menyebabkan feses menjadi padat dan susah dikeluarkan.

  1. Sering menahan rasa mulas

Nah kalian yang sering menahan rasa mulas, seharusnya jangan senang jika rasa mulas tersebut hilang.

Bagi kalian yang sering menahan buang air besar dalam jangka waktu lama harus berhati-hati mulai sekarang. Karena rasa mulas sendiri merupakan gejala alami tubuh agar kita membuang sisa pencernaan yang menumpuk di dalam tubuh. Dimana jika rasa mulas tersebut terus ditahan dan kotoran tidak dikeluarkan maka kotoran tersebut akan mengendap dan mengeras di dalam usus. Bahkan tak hanya itu, usus yang menampung terlalu banyak kotoran dapat melebar dan resiko terburuk yaitu menyebabkan kematian.

  1. Jarang berolahraga

Hayo  yang mengalami susah buang air besar mungkin kalian jarang untuk berolahraga. Orang yang sering melakukan olahraga secara rutin maka tubuhnya akan jarang mengalami gangguan kesehatan. Dimana dalam pencernaan juga melibatkan kerja otot yang membantu pengeluaran sisa pencernaan. Nah dengan olahraga kalian juga dapat menjaga kesehatan otot-otot metabolisme dan melancarkan proses pencernaan termasuk buang air besar.

 

  1. Terlalu lama duduk

Bagi para pelajar maupun pekerja yang setiap harinya bekerja dengan posisi duduk perlu berhati-hati karena kegiatan tersebut dapat menyebabkan susah buang air besar. Dimana dalam posisi duduk sendiri dapat menyebabkan penenkanan dalam salah satu otot yang dinamakan puborectalis. Nah hal tersebut yang mengakibatkan kotoran tertahan dan tersumbat akibatnya fases mengendap dan mengeras.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, sekarang ini ada beberapa cara aman yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi susah buang air besar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. Berikut ini adalah cara mudah yang dapat kalian lakukan untuk membantu memperlancar buang air besar.

  1. Jangan sampai menunda buang air besar

Karena salah satu penyebab buang air besar adalah menunda BAB maka cara mengatasinya yaitu langsung membuangnya. Hal tersebut untuk mencegah fases akan mengendap dan mengeras di dalam usus dan akan menghambat proses pembuangan.  Nah tidak ada salahnya sekali dua kali kalian menahan BAB ketika acara penting namun setelahnya kalian harus langsung melakukan defekasi yaitu dengan duduk di toilet hingga kalian BAB.

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat

Nah karena salah satu penyebab susah buang air besar adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat maka cara menyeimbangkannya yaitu dengan makan makanan yang kaya akan serat. Dimana serat sendiri adalah kandungan zat dalam makanan yang bersifat mengikat air dan tidak mudah dicerna maka hal itu akan membantu melancarkan proses pembuangan nanti.

 

Pastinya jika kalian kekurangan serat kalian akan mengalami sembelit yang terasa sangat menyakitkan. Maka dari itu mengkonsumsi serat yang banyak berasal dari buah dan sayur sangat baik untuk menjaga buang air besar tetap lancar. Serat sangat mudah untuk kita temukan seperti dalam sayur bayam, kangkung, bunga kol, dan juga buah pepaya. Kalian juga dapat memenuhi kebutuhan serat melalui makanan yang berasal dari biji gandum utuh.

  1. Minum air putih sebanyak 8 gelas perhari

Dimana kalian yang menderita susah buang air besar maka solusi termudah yaitu dengan mencukupkan kebutuhan cairan di dalam tubuh melalui minum air putih.

Minum air putih sendiri merupakan kegiatan yang sederhana namun jika kita memenuhinya maka akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Dengan meminum minimal 8 gelas air putih setiap harinya maka kita akan membantu tubuh memaksimalkan proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh setelah itu sistem metabolisme tubuh menjadi lancar maka kalian akan terbebas dari namanya susah buang air besar.

 

Tetapi kalian juga jangan terlalu berlebihan meminum air putih dalam jumlah yang ekstrim karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti disfungsi ekskresi. Karena sesuatu yang berlebihan juga akan mengakibatkan hal yang tidak baik.

  1. Banyak lakukan aktivitas fisik

Sembelit dapat diakibatkan karena orang duduk dalam waktu yang lama. Nah untuk mengatasinya kalian perlu menyeimbanginya dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup dan juga rutin. Hal tersebut untuk mencegah agar fases yang berada di dalam tubuh kalian tertekan dan mengendap dalam waktu lama. Dimana hal tersebut dapat mengakibatkan proses pengeluaran fases menjadi terhambat.

 

Selain itu dengan melakukan banyak kegiatan fisik juga akan membantu memperkuat otot pencernaan yang akan membantu melancarkan pembuangan. Dimana ketika tubuh kalian tidak mencerna makanan dengan sempurna maka hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab buang air besar menjadi tidak lancar.

  1. Kurangi kebiasaan makan yang salah

Kalian yang sangat terbiasa mengkonsumsi makanan fast food dan junk food maka harus mengurangi kebiasaan tersebut jika menginginkan BAB yang lancar. Dimana selain makanan berkarbohidrat, mengkonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan dapat menyebabkan kalian susah buang air besar.

Kenapa lemak dapat menghambat buang air besar? Pada dasarnya lemak merupakam salah satu zat yang tidak larut di dalam air dan lemak tersebut akan mengikuti jalur proses pencernaan dan banyak akhirnya yang tidak diserap tubuh maupun ikut dalam proses pembuangan tetapi banyak yang menempel pada dinding-dinding usus dalam tubuh. Nah pastinya hal tersebut akan mempersempit ruang sisa metabolisme tubuh untuk keluar.

Related posts