Cara Merawat Tanaman Hias Lee Kwan Yew Untuk Mempercantik Dinding

  • Whatsapp
cara menanam tanaman rambat Lee Kwan Yew

Tanaman atau bunga Lee Kwan Yew, merupakan salah satu jenis tumbuhan yang merambat. Pada umumnya banyak dipakai menghiasi dinding, pengisi roof garden ataupun vertical garden. Tumbuhnya menjuntai ke bawah, sangat indah sekali. Oleh sebab itu, banyak orang tertarik memeliharanya.

Bunga Lee Kwan Yew juga populer disebut Verronica elliptica, bisa memberi efek sejuk serta meneduhkan, jika Anda tanam pada rumah. Biasanya cara menanam cukup diletakkan di dalam wadah atau pot. Diatur rapi sedemikian rupa pada pagar, tembok, atap bangunan ataupun jendela. Sehingga semakin tinggi media rambatnya, justru semakin bagus dan terlihat indah.

Read More

Tanaman tersebut terbilang tak rewel dalam perawatan. Tak perlu cemas merusak pagar atau permukaan tembok. Karena akarnya hanya bertumpu pada bagian pangkal saja. Tidak seperti jenis tumbuhan merambat lain, di mana akar tumbuh menyebar di sepanjang ruas batang.

Cara Menanam Tanaman Lee Kwan Yew

Terlebih dahulu persiapkan alat-alatnya, kita akan mengembangbiakkan melalui penyetekan. Adapun perlengkapannya yaitu :

–          Gunting atau pisau taman

–          Pilih beberapa bunga tanaman Lee Kwan Yew yang sudah cukup tua

–          Pot atau wadah

–          Media tanam

Setelah semua lengkap, ikuti langkah penanamannya!

  1. Potong batang bunga yang sudah dipilih secara menyerong
  1. Kemudian kurangi beberapa helai daun, untuk mengurangi penguapan
  1. Rendam ke dalam cairan perangsang akar selama 5-10 menit
  1. Isi wadah dengan media tanam, lalu buat lubang di tengahnya
  1. Tanam stek bunga tersebut di sana, selanjutnya tutup kembali
  1. Beri jarak antar pot, supaya kelaknya menjuntai elok seperti tirai
  1. Sirami secara teratur, guna menjaga kelembapannya
  1. Setelah itu, letakkan pot di area teduh dan sedikit terlindung dari sinar matahari.

Telah ditulis tadi, bahwa tanaman tersebut bukan tergolong manja. Cukup praktis dikerjakan. Hanya perlu penyiraman teratur, serta nutrisi tambahan berupa pupuk NPK jenis daun secara berkala.

Dan berita baiknya, bunga ini tetap cocok tumbuh di tempat panas ataupun teduh. Di lokasi manapun, ia dapat berkembang dengan baik. Namun meski demikian bukan jaminan tanaman tersebut tumbuh secara baik, misalnya masih ditemui kurang tumbuh subur, pertumbuhan daun jarang serta mudah layu.

Nah, supaya tak mengalami hal demikian, berikut cara merawatnya!

  1. Memperhatikan peletakan

Supaya tanaman dapat tumbuh sempurna, seharusnya diletakkan pada bidang tembok atau pagar dengan jarak yang tak begitu jauh. Jika awalnya ditanam pada pot, maka dapat dipindah setelah batangnya mencapai kira-kira 30 cm, dan beri sedikit tanah humus di sekitar area agar cepat merambat.

  1. Memperhatikan jarak tanam

Jarak tanam idealnya teratur dan berjarak. Agar nantinya sulur yang tumbuh juga beraturan dan terlihat rapi. Di samping kelak saling berebut nutrisi pertumbuhan, jika diletakkan secara merapat dan berhimpit.

  1. Memberikan bidang rambat yang sesuai

Karena karateristik rumput tersebut merambat, maka sebaiknya Anda harus pula menyediakan medianya. Pilih bilah bambu ataupun kayu berukuran sekitar 30-40 cm, guna mengarahkan rambatannya ke bidang rambat permanen.

  1. Memberikan cukup nutrisi

Tanaman tersebut pada dasarnya menganut pola hidup bergerombol, jadi Anda harus berkerja keras menambah ekstra energi agar bisa tumbuh subur dan baik. Adapun pupuk yang biasa dipakai adalah jenis NPK jenis daun. Di mana berfungsi merangsang pertumbuhan daun, untuk menjadi lebih menghijau serta sehat.

Bila Anda menjumpai batang atau daun yang sudah mengering, cepatlah dipangkas supaya mengeluarkan tunas baru yang lebih segar. Pemotongan secara beraturan, juga memberi efek keindahan kerapian pada tumbuhan.

Akhirnya, meskipun tanaman tersebut terlihat sepele dan mudah dirawat, nyatanya bukan seperti itu adanya. Tetap sebagai orang yang menanam, harus mau rutin merawat. Memperhatikan nutrisi penting tumbuhan itu, guna tumbuh kembangnya. Jadi perhatian dan perawatan yang baik tetap diperlukan, demi dapat berkembang sempurna.

Demikian tips kali ini, tentang cara menanam dan merawat bunga, atau tumbuhan Lee Kwan Yew untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Related posts