cara ternak lovebird

√ Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula

8 views

Ternak lovebird memiliki prosfek yang cukup menjanjikan untuk jual beli lovebird itu sendiri, karena memiliki harga  yang relative mahal, mulai dari harga 100.000 hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekor lovebird dengan memiliki warna tertentu.

Bukan hanya dilihat dari warnanya saja, kicauan terbaik yang dimiliki oleh burung lovebird itu sendiri menjadikan burung tersebut dapat meningkat nilai jualnya. Seperti lovebird kusumo yang sempat di tawar hingga 2 miliar lebih, namun sayangnya lovebird kusumo yang memiliki warna biola tersebut sudah mati.

Namun , bagi para pemilik burung lovebird yang memiliki suara kicauan ngekek panjang seperti miliknya lovebird kusumo tentunya memiliki prosfek yang dapat meningkatkan harga jualnya, meskipun burung peliharaan kalian tersebut memiliki warna lainnya, misalkan warna josan ( ijo standar ) atau warna lainnya.

Bagi yang memiliki lovebird dengan kualitas kicauan ngekek panjang atau konslet dengan durasi panjang tentunya sudah di pastikan dapat meningkatkan nilai jual itu sendiri, akan tetapi bukan hanya burung itu saja yang harga jual dari anakannya akan meningkat harganya, karena memiliki prosfek yang baik yangbisa menirukan kicauan indukannya tersebut.

Bagi sebagian orang tentunya akan memilih untuk menernakan lovebird yang memiliki kualitas kicauan yang indah, agar dari anakannya tersebut bisa di jual dengan harga yang tinggi atau untuk di ikut lomba kicauan dan menjadi juara seperti indukannya.

Cara Ternak Lovebird Agar cepat Bertelur Untuk Pemula

Dalam melakukan penjodohan burung Lovebird atau biasa di sebut juga burung lakbet tentunya membutuhkan tahapan-tahapan yang rutin, agar nantinya ketika di persiapkan antara pejantan dan betina dalam kandang khusu untuk bertelur bisa berjalan lancar tanpa hambatan, seperti lovebird tidak berjodoh, betinanya tidak mau bertelur hingga tidak mau menetas telurnya.

 Maka dari itu, untuk mengawali dalam beternak lovebird maka hal yang perlu di siapkan untuk menjodohkannya terlebih dahulu.

Cara menjodohkan Lovebird betina dan pejantan

cara menjodohkan lovebird

Dalam menjodohkan lovebird maka bisa dengan memilih lovebird yang sudah dewasa dan sudah siap untuk kawin. Umur yang bisa di jodohkan mulai 1 tahun hinnga lebih dewasa dari itu

  1. Menjodohkan Lovebird

Menjodohkan lovebird, bisa di bilang gampang-gampang sudah, ada yang mudah ketika melakukannya dan ada juga yang merasa kesulitan untuk melakukannya yang di pengaruhi oleh banyak hal, seperti kesiapan burung itu sendiri untuk kawin, perkenalan yang sulit dan factor lainnya yang membuat lovebird sulit untuk berjodoh.

Namun , biasanya lovebird yang dari anakan sudah terbiasa bersama, maka akan mudah untuk berjodoh dibandingkan dengan yang baru mengenal satu sama lain. Akan tetapi banyak kejadian, dimana lovebird tersebut dapat berjodoh namun tidak bertelur dan meskipun bertelur tidak bisa menetas, karena di sebabkan oleh menjodohnya lovebird dalam satu jenis kelamin.

Berjodohnya satu kelamin burung lakbet bisa antara pejantan dan jantan dan juga betina dengan betina. Dan biasanya ketika lovebird betina berjodoh dengan betina lagi, maka lovebird tersebut bisa bertelur, akan tetapi tidak bisa menetas telurnya karena tidak di buahi oleh pejantannya.

Maka dari itu sebelum membeli atau menjodohkannya, maka cek lagi terlebih dahulu kelaminnya, agar tidak sia-sia ketika di ternakan. Untuk membedakan lovebird memang, gampang-gampang susah, nanti saya sampai pada arikel lainnya tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Namun , singkatnya untuk membedakan kelamin lovebird bisa dilihat ketika lovebird jantan dalam keadaan birahi atau gestang maka memiliki kebiasaan yang mengosok-gosokan kelaminnya ke tangkringan sambil menggut-manggut kepala dan badannya , dan untuk betina akan mengepak-ngepakan sayapnya sambil nungging-nungging minta di naikin oleh lovebird pejantan.

Lihat : Download Suara Lovebird ngekek Panjang

  • Pendekatan

Ketika selesai memilih indukan jantan dan betina untuk di ternakan, maka bisa dengan memulainya terlebib dahulu dengan pendekatan satu sama lainnya, karena ketika di satu kandangkan di khawatirkan malah akan membuatnya menjadi berantem di kandang.

Kalian bisa menggunakan dua sangakar untuk betina dan pejantan dengan mendekatnnya satu sama lainnya hingga beberpa minggu atau bisa lebih cepat dari itu. Ciri-ciri lovebird yang sudah menyukai satu sama lainnya, maka bisa dilihat ketika malam hari ketika lovebird tidur, kalau lovebird tersebut saling berdekatan dalam sangkar , maka bisa di satu kandangkan, namun kalau masih belum berjodoh maka bisa memisahkan kandangnya lagi hingga benar-benar berjodoh.

Cara lain untuk pendekatan lovebird agar berjodoh, adalah dengan cara melepaskan salah satu lovebird ke kandang yang lebih besar atau kandang umbaran dan masukan lovebird satunya lagi, namun masih di dalam sangkar untuk menghindari perkelahian.Namun,  admin sarankan simpan lovebird betina yang di dalam sangkar. Jika si betina sudah terlihat nyaman ketika di dekati oleh lovebird jantan ketika di dekati atau mengepal-ngepalkan sayapnya sambil nungging, maka bisa di lepaskan lovebird yang dalam sangkar untuk dilepaskan ke dalam kandang umbaran tersebut.

  1. Hindari dari gangguan

Untuk membuat burung bisa bertelur dengan baik, maka hindari burung menjadi tidak nyaman atau stress, karena dapat mempengaruhi yang buruk pada saat mengeram dan proses kawin.

  1. Pakan Berkualitas

Hal terpenting dalam proses meingkatkan kualitas ternak lovebird adalah dengan meningkatkan birahi lovebird dan juga kualitas telur itu sendiri.

Pakan yang bisa di berikan untuk lovebird antara lain yang memiliki gizi yang seimbang, seperti kandungan protein, kalori, karbohidrat,serat,vitamin dan gizi lainnya. Pakan yang bisa di berikan untuk lovebird pada masa ternak, maka bisa memberikan pakan berupa jagung muda, telur rebus, tauge,biji bunga matahari, kangkung, tulang sotong.

Atau, jika di perlukan maka bisa dengan memberikan suplemen tambahan untuk meningkatkan kualitas telur dan sprema dari indukannya.

  1. Jaga Kualitas Air Minum

Hindari air minum yang ada dalam kandang lovebird menjadi kotor, karena akan berpengaruh pada kualitas kesehatannya dan juga telur burung itu sendiri. Ganti secara berkala ketika air mulai keruh atau kotor dan menggantinya dengan air matang yang bersih.

  1. Menghangantkan Kandang dengan lampu

Agar lovebird bisa hidup dengan baik ketika di dalam kandang , maka bisa dengan mengatur suhu pada kandang itu sendiri supaya hangat.

Untuk menghangatkannya, maka bisa dengan memasang lampu full sprektur, karena cahaya yang di hasilkan dari jenis lampu tersebut memiliki pencahayaan yang hampir mirip dengan cahaya yang di hasilkan oleh matahari.

  1. Glodok

Nah untuk glodok merupakan hal yang wajib tentunya untuk di simpan didalam kandang lovebird untuk menyimpan telur dan bersarang hingga anakannya menetas dan tumbuh hingga dewasa.

Cara Ternak Lovebird Secara Koloni

cara ternak lovebird secara koloni

Jika kalian memiliki banyak pasang lovebird maka bisa menyiapkan kandang yang lebih besar yang di lengkap dengan glodok dan ranting kecil untuk tempatnya bertelur. Dan pastikan lovebird tersebut memiliki pasangan yang cukup dengan memasukan 3 jantan lovebird dan juga 3 lovebird betina, agar menghindari perkelahian karena berebut jodohannya.

Penyebab Lovebird Sulit Bertelur dan telur tidak menetas

Lovebird tidak bertelur memang menjadi masalah klasik, seperti yang telah di sampaikan di atas adalah terlihat berjodohnya lovebird jantan dan pejantan dan bisa juga di sebabkan oleh lovebird yang masih memiliki umur yang terlalu muda, meskipun bertelur, maka telur tersebut tidak bisa menetas.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang bisa di praktekan oleh seorang pemula sekalipun.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Salam kicaumania