Asupan Vitamin Untuk Rambut Lebih Sehat


Vemala
5 May 2018

Ada banyak cara merawat kesehatan rambut, seperti mengenakan masker rambut, perawatan salon dan mengkonsumsi suplemen.

Ada banyak cara merawat kesehatan rambut, seperti mengenakan masker rambut, perawatan salon dan mengkonsumsi suplemen. Namun, mengkonsumsi makanan alami yang bernutrisi efektif menjaga kesehatan rambut Anda. Perawatan rambut tidak hanya datang dari luar, tetapi juga dari dalam.

Vitamin Penting untuk Kesehatan Rambut

Sama halnya dengan anggota tubuh lain, rambut juga perlu vitamin dan nutrisi agar selalu sehat. Asupan nutrisi yang baik dan tepat dapat merawat rambut Anda lebih sehat. Untuk itu penting sekali menjaga kesehatan rambut dengan mencukupi kebutuhan nutrisi rambut Anda. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang diperlukan oleh rambut:

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah sumber antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat. Jika Anda menginginkan rambut tumbuh lebih cepat, maka tingkatkan konsumsi vitamin E. Vitamin E sangat direkomendasikan untuk memperbaiki dan merawat rambut Anda yang kering.

  1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks berperan mengatur sistem saraf dan metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin ini penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Vitamin B kompleks ini terdiri dari B6, asam folat, B12, niasin dan biotin.

Baca Juga :

 

  • Vitamin B6 mengandung magnesium, zinc, beta karoten dan zat-zat yang yang dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. Vitamin ini sangat cocok untuk rambut tipis dan rontok.

 

  • Asam folat dapat membantu pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Vitamin ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat dalam tubuh dapat menghambat kesehatan rambut seperti uban prematur dan rambut rontok.

 

  • Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan DNA dan sel darah merah, yang menyalurkan oksigen ke seluruh organ vital tubuh. Perlu Anda tahu, folikel rambut juga membutuhkan oksigen. Kekurangan vitamin B12 dalam tubuh bisa menyebabkan kerontokan, pertumbuhan lambat dan uban prematur.

 

  • Niasin memiliki efek dilatasi pada pembuluh darah dan kapiler yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Peningkatan ini merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rontok.

 

  • Biotin adalah vitamin yang bisa meningkatkan elastisitas rambut, sehingga dapat mencegah kerusakan permanen. Kekurangan biotin bisa menimbulkan kepala gatal dan bersisik.
  1. Vitamin A

Vitamin A dikenal sebagai sumber antioksidan yang ampuh dalam memperbaiki tekstur dan warna rambut. Vitamin A juga dapat melindungi rambut dari bahaya radikal bebas dan kekeringan. Vitamin ini juga berperan dalam menguatkan akar rambut.Vitamin ini ada pada wortel, tomat dan sebagainya.

  1. Vitamin C

Selain memperlancar sirkulasi darah, vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan subur. Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah rambut rontok. Vitamin C membantu melawan bakteri di kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan rambut bercabang dan kering.

Vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.



Leave a Reply